AC Mobil Bau, Ini Solusinya...!!

AC mobil bisa berbau apek atau asam (kecut) atau bau apek atau bau tidak sedap lain, kebanyakan jika AC bau terjadi pada mobil baru adalah kesalahan memilih parfum mobil (disarankan memilih parfum mobil yang netral atau kalau bisa parfum alami).
* Parfum yang berkualitas rendah cenderung sulit dibersihkan ketika masuk dalam evaporator AC (menempel), parfum yang mengendap/ menempel pada evaporator akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Kadar alkohol/ asam pada parfum mobil yang tinggi kerap menjadi penyebab bau kecut pada AC.
* Debu atau kotoran dalam kabin juga bisa mengotori evaporator dan filter AC, debu/kotoran ini bisa bercampur dengan air sehingga menjadi lembab dan menimbulkan jamur. Jamur ini akan menimbulkan bau apek.
Cara mengatasi AC mobil bau:
1. Ganti parfum dengan parfum yang berkualitas (dari merk yang terkenal baik/ memiliki reputasi), gunakan penyerap kelembapan dalam kabin mobil untuk menyerap bau yang ditimbulkan oleh bau parfum yang lama.
2. Bersihkan filter AC dengan cara menyemrot dengan udara atau ketukkan agar debu rontok (pembersihan tidak perlu dicuci dengan air), bersihkan pulo kabin mobil dari debu dan kotoran
3. Pergi ke alam terbuka yang sejuk seperti pegunungan (misalnya puncak), lalu buka semua pintu dan kaca mobil, lalu nyalakan AC dengan maksimal untuk mengganti udara dalam kabin (yang lebih penting mengganti udara dalam sistem AC). Harapannya dengan memakai cara ini udara dalam sistem AC dan kabin mobil berganti menjadi udara bersih, lama penyalaan AC maksimal ini kira-kira 5-10 menit.
Nah setelah melakukan 3 cara di atas mobil kita bisa menjadi lebih segar dan bau AC hilang :-)
tips:
- jangan sering-sering membuka jendela mobil saat di jalan yang berdebu/ panas
- jangan merokok di dalam mobil
- jaga kebersihan mobil dari debu dan kotoran makanan
- hindari rokok dalam mobil
artikel yang berhubungan:
* Mobil yang memakai parfum alami lebih menyehatkan
* Menghilangkan bau apek dalam kabin mobil
* Tanda-tanda AC rusak

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)