Suzuki Jimny 4x4 Offroad Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

Bagi pecinta Ofroad tentunya sudah tidak asing dengan mobil Suzuki Jimny (kode SJ410), mobil yang dibekali sistem penggerak 4x4 ini pertama kali keluar tahun 1982, sebelumnya adalah Jimny Kotrik kode LJ80V (Jimny Jangkrik) yang keluar tahun 1977 sampai 1981.
Suzuki Jimny SJ410 atau sebut saja Jimny Offroad 4x4 ini merupakan generasi kedua dari Suzuki Jimny yang menggunakan mesin 1000 cc dengan sistem penggerak 4x4, mobil ini keluar sampai tahun 2007 dan diberhentikan produksinya.

Varian SJ410 ini sangat banyak mulai dari Jimny trepes, jimny siera, jimny samurai, sampai jimny katana yang sangat populer tahun 90 an. Dari sekian banyak varian SJ410 suzuki jimny katana yang keluar paling lama yakni mulai tahun 1986 sampai 2007 (sekitar 20 tahun), sedangkan tahun 1982 sampai 1986 keluar sangat banyak varian akan tetapi tidak berlangsung lama (hanya 4 tahun saja) padahal kualitas Jimny terbaik adalah pada tahun-tahun ini (1982-1986) karena menggunakan sistem penggerak 4x4.
Varian SJ410 yang keluar tahun 1987 sampai 2007 yang dikenal dengan Jimny Katana kebanyakan memakai sistem penggerak 2 roda (belakang saja), hanya sedikit dari katanya yang memakai penggerak 4 roda (sebagian berpenggerak 4x4 sekitar tahun 1987 sampai 1992), nah selanjutnya akan kita fokuskan pada Suzuki Jimny Offroad 4x4 karena untuk Jimny jangkrik sudah dibahas pada artikel sebelumnya di sini dan Jimnu Katana juga sudah kita bahas pada artikel sebelumnya di sini.
Varian SJ410 Offroad
Varian suzuki jimny lumayan banyak seperti jimny trepes (bodi kaleng dengan volume kabin yang lebih kecil tapi ground clearance tinggi) bermesin 1000 cc, Jimny Siera dengan kabin yang terbuka (canvas) menggunakan mesin 1000 cc berpenggerak 4x4, Jimny Samurai bermesin 1300 cc berpenggerak 4x4 (akan tetapi mobil ini tergolong langka karena sebenarnya untuk pasar amerika).
jimny trepes
Yang paling banyak populasinya adalah Jimny Trepes, mobil yang menjadi primadona offroad ini harganya lumayan murah jika dibandingkan dengan jimny siera dan jimny samurai. Jika jimny trepes second harga paling murah adalah 40 juta rupiah maka jimny siera sekitar 65 jutaan dan jimny samurai sekitar 90 jutaan. Untuk mesinnya sebenarnya sama saja, akan tetapi masalah selera dan kelangkaan produk menjadikan varian yang satu lebih mahal dari varian lain.
jimny siera
Desain Eskterior dan Interior
Meskipun mobil lama akan tetapi desain Suzuki Jimny seolah tak pernah ketinggalan jaman, selalu tampil menarik jika disandingkan dengan mobil-mobil yang baru sekalipun. Material untuk membagun bodi pada suzuki jimny termasuk sangat bagus jika dibandingkan dengan mobil jaman sekarang, karena pelat yang digunakan dari bahan yang berkualitas sehingga tidak mudah berkarat dan memiliki ketebalan yang baik (tidak tipis seperti mobil jaman sekarang).
Dengan mesin yang diletakkan di depan menjadi pelindung driver saat berkendara, sementara untuk ban serep diletakkan di luar kabin (ditempatkan menempel pada sisi luar pintu belakang yang menambah gagah mobil ini). Suzuki Jimny SJ410 ini memiliki 3 pintu saja yakni 2 di samping depan dan 1 di belakang mobil, kelebihan pintu belakang jimny sangat sebar sehingga sangat mudah memasukkan barang yang berukuran besar :-)

Kabin mobil termasuk besar volumenya jika dibandingkan dengan dimensi mobil ini, bahkan Suzuki Jimny mampu dimuati oleh 6 orang penumpang dewasa. Di dalam kabin terdapat 6 buah kursi dimana dua kursi di baris depan menghadap depan, sedangkan 4 kursi ada di baris belakang berhadap-hadapan (dua menghadap kanan dan 2 menghadap kiri), mobil ini sudah memiliki sistem pengatur udara (AC) dan sistem audio. Jangan berharap suzuki jimny memiliki power window seperti mobil jaman sekarang karena untuk membuka-tutup kaca depan harus dilakukan dengan cara manual (diputar dengan tangan), sedangkan sistem buka tutup pada kaca belakang hanya bisa digeser sedikit keluar agar ada ruang antara kaca dengan bodi mobil sehingga udara bisa masuk ke dalam kabin.
Untuk beban maksimum yang mampu diangkut mobil ini adalah 350 kg ya menurut sumber suzuki (kalau lebih gimana akibatnya juga kurang tahu), jadi pecinta otomotif juga harus berhitung nih berapa orang yang akan dinaikkan dan berapa beban barang :-) oh iya untuk ground clearance standar mobil ini adalah 22,5 cm ya (lumayan) jika ingin memperbesar ground clearance maka pecinta otomotif harus memodifikasinya terutama roda dan sistem suspensi.
Spesifikasi Mesin dan Sistem Penggerak
Suzuki Jimny memakai mesin dengan kode F10A dengan SOHC, memiliki 8 katup dan 4 silinder segaris. Suzuki Jimny 4x4 memiliki tenaga mesin maksimum adalah 52 HP (tenaga kuda) pada putaran mesin 3500 Rpm cukup kecil memang ya tenaganya, akan tetapi menurut pecinta jimny karena gear rasio lah jimny meskipun bertenaga kecil tapi mampu melewati jalan-jalan dengan medan yang sangat berat (resikonya kecepatan maksimum jimny memang hanya mampu sampai 109 km/ jam saja). Torsi suzuki jimny adalah 7,5 Kgm/ 3500 Rpm.
Sistem penggerak mobil jimny ini memakai penggerak 4 roda depan dan belakang dengan 2 gardan yang mendistribusikan tenaga mekanin mesin ke depan dan belakang, untuk sistem transmisi suzuki jimny masih memakai transmisi manual 4 kecepatan (cocok untuk offroad). Sistem pasokan bahan bakar menggunakan karburator dengan bahan bakar yang digunakan adalah bensin (premium)
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan Suzuki Jimny
* Desain yang bagus
* Kemampuan melewati tanjakan yang baik
* Material bodi yang baik
* Banyak penggemar
* Irit bahan bakar
* Harga jual yang termasuk sangat baik, paling murah masih 40 juta rupiah bahkan yang bagus bisa di atas 100 juta rupiah
Kekurangan Suzuki Jimny
* Sparepart yang sudah mulai langka
* Akselerasi dan speed termasuk kurang
* Suspensi cenderung keras
Masukan dong dari pembaca yang pernah menggunakan mobil ini???

3 komentar:

  1. trimakasih ,tlh membantu saya tahu lebih banyak tentang suzuki Katana

    BalasHapus
  2. Mau taya bos untuk Jimny tahun 82 bawaan/aslinya dari pabrik pakai final gear berapa ya? Trims

    BalasHapus