Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Mobil Murah Honda Brio Satya

www.mobilku.org - Mobil murah dari honda sudah didaftarkan ke pemerintah dengan nama Honda Brio Satya, seperti yang diperkirakan beberapa hari lalu bahwa hampir semua produsen otomotif akan memproduksi mobil murah (LCGC) dalam waktu dekat. Beberapa rekan media elektronik mengatakan bahwa Honda Prospek Motor telah mendaftarkan 5 varian Brio Satya ke pemerintah yakni:
* Brio Satya DD1 1.2 E AT
* Brio Satya DD1 1.2 S AT
* Brio Satya DD1 1.2 E MT
* Brio Satya DD1 1.2 S MT
* Brio Satya DD1 1.2 A MT
Varian tertinggi adalah pada Brio Satya DD1 1.2 E AT sedangkan varian honda brio terendah adalah DD1 1.2 A MT, mesin Brio Satya sendiri berbeda dengan Honda Brio Non LCGC (yang ditemui saat ini) dimana nantinya Honda Brio Satya memakai mesin dengan silinder 1200 cc.
Brio Satya Keluar 2013
Honda Brio 1200 cc ini diperkirakan memiliki performa mesin yang sama dengan brio di negara tetangga (thailand) yakni memakai mesin 4 silinder SOHC 1,2 liter, mampu menghasilkan tenaga 90 Hp dan torsi 110 Nm, sebagai perbandingan brio yang ada sekarang memiliki tenaga 100 Hp. Jika benar Brio Satya memiliki daya 90 Hp tentunya mobil ini bisa diandalkan mengingat saingannya Agya dan Ayla nantinya hanya memiliki tenaga 65 Hp (sangat jauh berbeda), tenaga 90 Hp ini setara dengan tenaga kijang grand extra atau avanza 1200 cc (lumayan bukan), dengan bobot yang ringan akan memberikan tarikan mobil yang cukup baik.
Dari eksterior dikabarkan tidak mengalami perubahan dari honda brio saat ini, akan tetapi menilik segmen pasar yang dibidik dengan platform LCGC kemungkinan besar Brio Satya akan mengurangi fitur-fitur interiornya. Seperti AC, power window, power steering, brake system, sistem Audio maupun safety kemungkinan akan dilakukan penyesuaian.
Sebagai mobil LCGC (mobil murah hemat energi) Honda Brio Satya memang diberi keringanan pajak oleh pemerintah, akan tetapi juga harus memenuhi beberapa syarat antara lain:
1. menggunakan kandungan lokal sampai 80 persen
2. memiliki konsumsi bahan bakar minimal 1:20 atau 1 liter BBM dapat menempuh 20 Km atau lebih
3. Kapasitas silinder paling besar 1200 cc
Sebagai konsumen tentunya kita berharap Honda Brio satya meskipun harus memenuhi ke 3 syarat di atas tetap dapat memberikan kualitas yang baik.
Untuk harga Honda Brio Satya kami masih belum mendapatkan informasi yang pasti (akan diupdate jika harga telah keluar)
Update bulan september 2013

Honda Brio satya sudah dijual dengan harga 106 Juta (varian termurah) dan 117 juta rupiah (varian termahal). Brio Satya memiliki 3 varian yakni Brio Satya A harga 106 juta rupiah, Brio Satya S dijual dengan harga 111 Juta Rupiah dan Brio Satya E seharga 117 Juta Rupiah.
Mesin Brio Satya sama dengan honda brio sebelumnya, hanya perbedaannya brio satya dibuat dengan komponen lokal sebanyak 85 % (masuk dalam mobil LCGC), sedangkan Brio diimpor dari negara tetangga. Untuk masalah tenaga Brio Satya cukup unggul yakni memiliki daya 88 HP, cukup jauh jika dibandingkan dengan Agya dan ayla yang hanya 65 Hp.
Semua varian Brio Satya sendiri telah dibekali dengan airbags, sedangkan pembeda antar varian cenderung pada fitur entertaiment seperti sistem audio. Untuk bodi mobil tidak ada perubahan jika dibandingkan dengan honda brio.
Untuk sistem transmisi Brio satya hanya dibekali transmisi manual untuk semua varian, hal ini karena keterbatasan waktu dalam menyiapkan mobil LCGC dan kondisi tanah di Indonesia yang cenderung naik turun/ berbukit-bukit sehingga membutuhkan mobil yang lebih bertenaga.
Pesaing Honda Brio Satya antara lain:
1. Suzuki Wagon R dan Alto
2. Daihatsu Ayla dan Toyota Agya
Sebagai perbandingan silahkan baca Honda Brio yang telah keluar saat ini