Mobil Murah Hemat BBM Solusi Bensin Naik

Toyota Agya
www.mobilku.org - Jika nanti BBM naik maka mobil murah hemat BBM menjadi solusi masyarakat untuk tetap menggunakan mobil. Kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM dipicu oleh inflasi yang semakin besar sehingga menurunkan nilai tukar rupiah, pelemahan nilai rupiah sampai menyentuh Rp. 10.000 per 1 USD dalam sepekan terakhir membuat harga impor BBM juga semakin tinggi sehingga beban subsidi BBM semakin besar, rupiah menjadi lebih tidak stabil saat pemerintah membutuhkan dolar saat belanja BBM guna memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak dalam negeri.
Suzuki AltoKabar baiknya, aturan tentang mobil murah hemat BBM (LGCG) telah disetujui oleh SBY sehingga hanya menunggu sosialisasi aturan pada pabrikan otomotif yang ada di indonesia, ditekennya aturan LCGC ini membuat pecinta otomotif tidak menunggu terlalu lama lagi keluarnya mobil-mobil murah hemat energi atau biasa disebut LCGC (Low Cost Green Car) beredar di Indonesia. Aturan LCGC ini nantinya akan mengatur pajak penambahan nilai barang mewah (PPNBM) hingga 0 % untuk mobil hemat BBM sehingga harga jual mobil bisa ditekan.
Dalam setahun terakhir sebenarnya pabrikan-pabrikan otomotif di Indonesia sudah mengeluarkan mobil murah seperti Toyota mengeluarkan Agya dengan harga dibawah 100 juta, Daihatsu mengeluarkan Daihatsu Ayla, Mitsubishi mengeluarkan Mirage dan lain-lain. Beberapa produsen yang siap menyambut pengadaan mobil murah ini adalah hampir semua pabrikan mobil Indonesia seperti Suzuki, Datsun, Chevrolet, Honda, Mitsubishi, Tata, dll.
Kebanyakan mobil LCGC ini nantinya akan dijual dengan harga dibawah 100 juta, mobil-mobil murah ini rata-rata memakai mesin 1000 cc atau lebih kecil (aturannya paling besar 1200 cc), kemampuan mesin mobil LCGC rata-rata ini memiliki daya dibawah 70 Hp, sebagai perbandingan jika Honda Jazz saat ini memiliki daya atau tenaga mesin 120 Hp (Horse Power) dan Toyota Avanza memiliki tenaga sekitar 104 HP.
Mitsubishi MirageUntuk konsumsi BBM mobil LCGC ini semuanya sangat irit yakni paling boros adalah 20 km/ 1 liter BBM (1:20) untuk rute kombinasi, ada beberapa mobil yang sudah keluar dengan konsumsi BBM seirit ini antara lain Mitsubishi Mirage (bahkan untuk tes terakhir mencatatkan angka 43 km untuk 1 liter BBM, jalan luar kota dan datar)
Kesimpulan untuk urusan tenaga memang kalah jauh dibanding mobil non LCGC, akan tetapi untuk urusan harga beli dan hemat bahan bakar maka mobil LCGC akan jauh lebih baik, sementara untuk ukuran fitur-fitur memang dikurangi bahkan beberapa mobil murah ini tanpa dibekali AC maupun sistem Audio.(musik mp3, radio, dvd, dll)
Daihatsu Ayla
Berikut beberapa mobil LCGC yang siap keluar:
* Toyota Agya
* Daihatsu Ayla
* Mitsubishi Mirage
* Suzuki Alto
* Honda Brio (LCGC)
* Tata Nano
* Dan lain-lain (akan kami update)

tips-tips seputar otomotif, silahkan baca Tips Otomotif www.Mobilku.Org

hobi

No comments:

Post a Comment

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org