Mazda VX1 Fitur Keunggulan Harga

Mazda VX1
Mazda VX-1
www.mobilku.org - 1 bulan ini pasar otomotif kembali dikejutkan dengan kemunculan MPV baru Mazda VX1, setelah kemunculan ertiga matic dan chevrolet spin yang menggoyang dominasi mobil kembar avanza-xenia, kini Mazda VX1 menambah ketatnya persaingan mobil Low MPV. Mazda VX1 memiliki
kemiripan dengan Suzuki Ertiga sehingga dikatakan kembaran Ertiga. Tak heran memang karena memang Mazda Corp bekerja sama dengan Suzuki Corp untuk menciptakan mobil kembar untuk mengambil pasar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Mazda VX1 merupakan MPV Low End akan tetapi memiliki kualitas yang sangat baik.
Mazda VX1
Mazda VX-1 di buat menggunakan basic atau platform Ertiga baik desain eksterior, interior dan mesin sama dengan milik Ertiga, akan tetapi dengan beberapa modifikasi pada interior, sedikit eksterior dengan penambahan yang cukup banyak pada fitur safety dengan digunakannya dual airbags dan ABS EBD Brake. kita akan ulas habis mobil ini.
Eksterior
Mazda VX-1 memiliki desain eksterior yang bisa dikatakan sama dengan suzuki Ertiga, perbedaan hanya pada desain bold bumper depan, desain lampu kabut menggunakan krom, dan tentunya logo mazda yang menempel pada bagian grill depan dan bagian belakang mobil ini
VX1
VX1 memiliki dimensi panjang 4265 mm, lebar 1695 mm, tinggi 1685, memiliki panjang sumbu roda 2740 mm dan radius putar mobil VX-1 ini adalah 5200 mm. Mobil yang memiliki kapasitas penumpang 7 orang ini didesain cukup fungsional pada eksteriornya seperti desain headlamp halogen dengan multi reflektor, foglamp untuk membantu pencahayaan pada cuaca ekstrim, body samping menggunakan lengkung body aerodinamis untuk kestabilan mobil saat bergesekan dengan udara pada kecepatan tinggi, lampu sein pada spion yang menambah kesan segar/ mewah dan penggunaan velg alumunium yang ringan dan stabil pada kecepatan tinggi.
Interior
Mazda VX-1
Mazda VX1 sama dalam segi kenyamanan/ fitur interior dengan ertiga yang khas suzuki, lebih memilih pada ruangan kabin yang lega sehingga menunjang kenyamanan penumpang, Mazda VX-1 juga dilengkapi peredam dengan teknologi NVH yang diklaim bisa senyap terhindar dari kebisingan luar kabin termasuk mesin. Pada bagian dashboard VX1 pengemudi dimanjakan dengan fitur electric power steering (EPS) dan fitur tilt steering sehingga pengemudi lebih ringan dalam mengendalikan mobil dan bisa menyesuaikan tinggi lingkar kemudi untuk memperoleh posisi mengemudi yang ergonomis, pada lingkar kemudi juga dibenamkan switch audio yang memudahkan pengemudi untuk menyalakan audio mobil tanpa memindahkan tangan dari lingkar kemudi.
Selain dilengkapi dengan AC Double Blower Mazda VX1 ini juga dilengkapi pengukur suhu luar kabin
Interior Mazda VX1
Interior Mazda VX1
sehingga penumpang bisa mengetahui suhu di luar sedang panas tanpa harus keluar dari mobil, mobil ini juga telah dilengkapi sinyal peringatan mengengemudi secara efisien sehingga pengemudi bisa mencapai cara mengemudi seefisien mungkin (mirip fitur ECO). Warna dashboard VX1 ini juga cukup cantik dengan paduan 2 warna (two in one) membawa konsep kayu (wood) antara putih dan hitam yang mengesankan seperti dashboard mobil mewah, meskipun sebenarnya VX1 ini tidak dijejali fitur entertaiment mobil mewah seperti telepon dan internet browser dalam mobil.
Mesin / Performa
Mazda VX-1 memakai mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga yakni K14B, Mazda VX1 menggunakan mesin kapasitas silinder 1400 cc 16 katup dengan memakai teknologi DOHC dan VVT. VX1 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 PS pada putaran  mesin 6000 Rpm, memiliki torsi 130 Nm pada putaran mesin 4000 Rpm. Jika dilihat dari kapasitas mesin 1400 cc dan tenaga yang dihasilkan 95 Ps VX1 ini sudah lumayan baik yakni lebih besar dari avanza 1300 cc yang memiliki tenaga 92 Ps serta lebih kecil dari Avanza 1500 cc sebesar 104 Ps, untuk konsumsi bahan bakarnya bisa dikatakan sama dengan avanza yakni berkisar antara 11 sampai 14 kilometer untuk 1 liter BBM dengan rute kombinasi.
Kabin Mazda VX1
Akselerasi Mazda VX1 menurut beberapa tes sangat baik yakni untuk mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 10,27 detik sedangkan untuk avanza 1500 cc membutuhkan waktu sekitar 13 detik sedangkan untuk tanjakan Mazda VX1 ini juga ringan. Ringan dalam tanjakan dan besarnya akselerasi Mazda VX1 ini dikarenakan mobil ini menggunakan penggerak depan berbeda dengan Avanza dan Xenia.
Mobil ini memakai bahan bakar bensin tanpa timbal dengan sistem pasokan bahan bakar sudah memakai multi point injection (fuel injection), untuk sementara mobil VX-1 ini hanya tersedia dalam transmisi manual 5 kecepatan saja. Mesin Mazda VX1 sebenarnya dikembangkan dari mesin suzuki Swift yang memiliki keunggulan lincah, irit dan bertenaga, mobil ini mampu dipacu sampai kecepatan maksimum 150 kilometer per jam.
Safety
Mazda VX1 memiliki fitur safety yang sangat baik dikelasnya, selain dibekali smart seat belt pada semua baris kursi mobil juga dilengkapi dengan dual airbags pada bagian depan (untuk pengemudi dan penumpang bagian depan), pada sistem brake mobil VX1 juga cukup baik karena dibekali dengan sistem ABS dan EBD, untuk teknologi body juga cukup baik karena menggunakan teknologi peredam benturan yang dapat membuang benturan ke bagian body samping mobil, memakai power window, central door lock, immobilizer dan alarm.
Dashboard Mazda VX1
Airbags Mazda VX1
Mobil VX1 ini secara umum dilengkapi dengan fitur yang melimpah bahkan lebih dari Suzuki ertiga terutama pada faktor safety, cuma kekurangan Mazda VX1 adalah pada sistem transmisi yang hanya transmisi manual.
Harga
Mazda VX1 terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan Ertiga sebagai kembarannya, hal ini mungkin disebabkan beberapa hal termasuk penambahan fitur safety mobil. VX1 dijual pada rentang harga antara 178 juta sampai 191 juta, berikut rincian harga Mazda VX1 On the road Jakarta:
* Mazda VX1 R-Grade, Harga Rp. 178.800.000
* Harga Mazda VX-1 V-Grade : 191.000.000 juta rupiah
Desain Mazda VX1

Artikel Terkait Mazda

1 comment:

  1. sepertinya selisih harga dgn ertiga cukup besar. sebenarnya apa perbedaannya dgn ertiga? dengan selisih hrga itu dan kelebihannya kira2 gmn, worth it gak?

    ReplyDelete

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)