Penyebab Mesin Brebet pada Mobil

www.mobilku.org - Mobil brebet sering sekali terjadi dan ini cukup mengganggu kita dalam perjalanan, karena biasanya setelah mobil brebet kadang mobil berhenti atau malah menghentak. Brebet pada mobil secara umum disebabkan oleh terganggunya sistem pengapian dan sistem suplai bahan bakar, kita akan coba mengidentifikasi dari
mana asal brebet ini sehingga nantinya bisa mengatasi masalah brebet ini.
Sistem Pengapian
Jika mobil anda brebet maka terlebih dahulu cek sistem pengapian mobil yang mana sistem pengapian ini terkait dengan koil mobil, kabel busi dan busi mobil. Biasanya pengapian mobil kurang sempurna akibat adanya kebocoran api (pengapian) yang mana hal ini bisa kita ketahui dengan cara melakukan cek di malam hari (kondisi gelap), nyalakan mesin dan cari dimana letak kebocoran api tersebut (biasanya terlihat). Jika terjadi kebocoran pengapian otomatis mesin tidak bisa membakar seluruh bahan bakar yang masuk pada mesin (pengapian tidak cukup) sehingga mobil menjadi brebet.
Tanda mobil mengalami kebocoran pengapian adalah jika mobil dijalankan lalu pengemudi melakukan perpindahan gigi dan saat itu gejala brebet muncul, hal ini adalah indikasi bahwa pengapian kurang baik yang tidak mampu membakar seluruh bahan bakar yang masuk ke mesin, akibatnya adalah kelebihan pasokan bahan bakar.
Sistem Bahan Bakar
Cara untuk mengetahui adanya permasalahan pada sistem suplay bahan bakar cukup mudah yakni dengan menginjak pedal gas secara cepat, masukkan persneling ke netral dulu lalu injak gas yang dalam, jika mesin brebet ini artinya penyebab brebet ada pada sistem suplay bahan bakar mobil.
Sistem pasokan bahan bakar mobil ini terkait dengan komponen karburator/ injektor (jika memakai sistem injeksi), fuel pressure, fuel rail, pompa dan filter.
Faktor lain yang menyebabkan mesin mobil brebet adalah ECU, air flow, crank sensor, camshaft sensor.

Tips Otomotif

No comments:

Post a Comment

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org