Memasang Kaca Film Mobil Berkualitas

www.mobilku.org - Memasang kaca film mobil saat ini telah menjadi kebutuhan pada mobil terutama mobil second yang mana fungsi kaca film sebenarnya cukup banyak antara lain:
1. Pelindung terik sinar matahari
2. Melindungi pandangan dari luar mobil (terkait keamanan mobil)

3. Memperkuat struktur kaca mobil
4. Menyejukkan pandangan pengemudi atau penumpang
5. Mempercantik mobil (apa lagi jika kaca film berkualitas)
6. dan lain-lain
Dengan banyaknya fungsi kaca film tersebut pecinta otomotif harus jeli dalam memasang atau memilih kaca film yang berkualitas sesuai kebutuhan mobil dan budget yang dimiliki, di pasaran kini tersedia banyak sekali jenis kaca film dari yang berkualitas tinggi sampai yang palsu. Pecinta otomotif hendaknya waspada dengan yang palsu ini, karena kaca film palsu tidak akan memberikan perlindungan yang sesuai dengan keinginan pecinta otomotif misalnya suhu tetap panas meskipun sudah dipasang, atau sorot lampu menjadi berpendar, menghalangi pandangan dan lain-lain.
Beberapa cara yang bisa dipakai dalam menghindari kaca film palsu:
* Cek cetakan merk atau logo kaca film, kaca film yang palsu sering tidak rapi dalam mencetak logo atau merk kaca film.
* Perhatikan tinta kaca film, kaca fim yang berkualitas memiliki ketebalan tinta yang merata sama, sehingga jika terkena sorot lampu tidak akan memecahkan cahaya.
* Perubahan warna pada kaca fil mobil, kaca film mobil yang asli akan tetap tidak berubah dalam waktu 3 bulan sedangkan untuk kaca film palsu akan berubah warna (kusam) dalam waktu 3 bulan
* Cek ketebalan kaca film, kaca film yang berkualitas memiliki ketebalan 1,5 sampai 1,7 mikro dan terasa kaku saat disentuh. sementara kaca film yang palsu biasanya memiliki ketebalan yang lebih kecil dan lebih lentur (sangat lentur)
* Kaca film palsu biasanya memiliki harga yang dibawah standart, pecinta otomotif jangan tergoda oleh harga yang ditawarkan. (lihat kualitasnya)
* Meminta kartu garansi resmi, biasanya kaca film asli memiliki garansi resmi.
Berikut ini adalah tips memilih kaca film menurut kualitasnya:
1. Ketahui tipe dan fungsi kaca film. Ada 3 jenis kaca fim yakni kaca film pelindung panas, kaca film dekoratif/ keindahan (panoramic) dan kaca film keamanan (pelindung pandangan dari luar). Pada ke tiga jenis kaca film tersebut ada beberapa standart yang digunakan untuk menentukan kualitas kaca film antara lain:
- VLT (visible light transmittance): merupakan ukuran banyaknya cahaya yang dapat menembus kaca film, dalam satuan persen yang mana semakin kecil VLT maka semakin teduh (gelap) suasana dalam mobil. sebagai catatan bahwa VLT paling kecil untuk kaca depan adalah 40 % dan lebih kecil dari itu tidak dianjurkan
- UVR (ultra violet rejected): merupakan ukuran kemampuan kaca film dalam menolak sinar ultra violet matahari, semakin besar prosentase UVR maka kaca film makin berkualitas
- IRR atau infra red rejected: yakni kemampuan membuang sinar infra merah, semakin besar IRR maka kaca fil ini semakin berkualitas
- TSER atau total solar energy rejected: yakni kemampuan menolak energi matahari secara keseluruhan, semakin besar prosentase TSER maka kaca film semakin bagus atau berkualitas.
2. Perhatikan tingkat kegelapan kaca film. Kegelapan kaca film diukur dengan VLT, kegelapan lebih kecil dari 40 % tidak diperbolehkan untuk kaca depan karena mengganggu pandangan pengemudi saat malam hari. Jika pecinta otomotif ingin yang lebih gelap bisa menggunakan kaca film dengan teknologi Dual VLT yang dapat menyesuaikan dengan cahaya sekitar, untuk dual VLT ini akan berubah secara otomatis yang mana untuk malam hari VLT akan menjadi 40 % dan pada siang hari VLT akan berkuran menjadi 20 %.
3. Pilih kaca film dua arah, artinya memiliki kemampuan yang sama dari arah luar dan dalam, kaca film 1 arah memang bagus bagi penumpang dalam mobil akan tetapi jika terjadi satu hal yang tidak diinginkan saat kita berada diluar mobil maka kita juga tidak dapat melihatnya (alasan keamanan)
4. Pilih kaca film yang memiliki merk akan tetapi cukup untuk kebutuhan mobil anda, brand yang terjamin antara lain masterpiece, 3M, Huper Optic, V-kool, dan lain-lain. Tidak harus memilih yang termahal dari merk-merk tersebut karena mereka juga memberikan kualitas yang berbeda untuk tiap produk kaca filmnya (sesuaikan dengan budget juga). Brand-brand terkenal tersebut biasanya memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya mengenai kemampuan kaca film mulai VLT, UVR, IRR, TSER dan spesifikasi kaca film yang lain, pabrikan tersebut juga menyediakan garansi sampai 7 tahun jadi sangat terjamin (bukan promosi tp sebagai contoh).
Ok demikian tips singkat memilih atau memasang kaca film mobil dari www.mobilku.org

Tips Otomotif

5 comments:

  1. pak mau tanya. kalo KF hitam untuk samping 60% apakah menggangu pandangan ketika malam hari/hujan.

    dan untuk kaca depan 40% hitam, apakah wajar dan tidak mempengaruhi pandangan ketika berkendara malam hari. trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KF depan 40% itu ukuran standart untuk saya pribadi yang suka berkendara jarak jauh pada malam hari, tidak terlalu gelap, dan juga bisa meredam lampu kendaraan lawan yg membias..

      tetapi untuk samping dan belakang, saya pakai KF 60% gak masalah, tetapi kalau malam hari ketika ada kendaraan tanpa lampu lewat samping, itu di spion tidak terlihat sama sekali, kecuali kendaraan berlampu..

      nb: saya pakai merk vk*l

      Delete
  2. Sangat Informatif..Terima Kasih atas posting yang berguna ini..

    ReplyDelete
  3. Wah banyak yang saya gatau nih tentang kaca film, dan terjawab deh :D
    Sekalian nanya, memang benar ya jika terlalu gelap pada bagian kaca depan bisa ditilang polisi? hehe..

    ReplyDelete
  4. rata-rata pemasangan kaca film harga nya berapa? kalo 4 jendela saja kira" berapa ongkosnya gan?

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org