Daihatsu Luxio Nyaman untuk Keluarga

www.mobilku.org - Daihatsu Luxio merupakan mobil MPV low end (kelas bawah) yang cukup lumayan fitur-fiturnya. Daihatsu Luxio sendiri pada dasarnya merupakan perbaikan dari Daihatsu Gran Max MB yang diperbaiki pada sistem suspensi atau kaki-kaki mobil (kenyamanan), Interior (AC, kursi, power window, sistem audio, dll), serta eksterior mobil seperti dimensi maupun fitur-fitur seperti lampu dan lain sebagainya.

Perbedaan Luxio dan Gran max cukup banyak terutama pada sisi kenyamanan dan keamanan, sedangkan persamaan kedua mobil ini adalah memakai mesin yang saya yakni 3SZ-VE DOHC VVTI yang mana kemampuan mesin atau tenaga kedua mobil ini adalah sama, tapi masalah kenyamanan Daihatsu Luxio memang lebih baik dari pada Daihatsu Gran Max.
Eksterior
Daihatsu Luxio memiliki kelebihan mobil yang memiliki dimensi cukup besar dibandingkan gran max atau mobil low MPV lain sampai-samai mobil ini mampu memuat hingga 11 orang. Daihatsu Luxio memiliki dimensi panjang 4165 mm, lebar 1665, tinggi 1915 dan Ground Clearance 18 cm yang mana hal ini berbeda dengan gran max yang memiliki dimensi 4405x1665x1900 dengan ground clearance 16.5 cm. Perbedaan ini berakibat pada daya muat penumpang luxio yang lebih banyak dari gran max maupun Low MPV lain sehingga bisa mengangkut keluarga yang lebih besar.
Daihatsu Luxio selain memiliki kelebihan pada segi dimensi dari Low MPV lain juga memiliki keunggulan pada desain pintu penumpang yang menggunakan sliding door, hal ini memudahkan penumpang keluar masuk mobil juga memudahkan dalam memasukkan barang yang cukup besar untuk dimuat dalam kabin mobil.
Dari desain mobil meskipun mobil ini unggul pada dimensi yang cukup besar akan tetapi mobil ini tidak memiliki desain yang cukup stabil pada saat berada pada kecepatan tinggi, kabin yang terlalu tinggi dan desain body yang bongsor membuat mobil sulit menembus kecepatan 120 km per jam yang mana andai dipaksakan maka resiko yang cukup besar (misalnya seperti mobil terkena angin, limbung dan suara ban mobil terdengar berisik sekali masuk dalam kabin)
Perubahan yang cukup berarti dari gran max adalah pada sistem suspensi dimana Luxio pada bagian depan telah memakai MCPherson Struts dengan per keong dan stabilizer (dipakai pada All New Xenia bagian belakang) dan untuk suspensi belakang Luxio memakai 5 Link rigid-axle dengan per keong dimana pada gran max suspensi tanpa memakai stabilizer, untuk Velg Daihatsu luxio sudah menggunakan Velg Alloy dengan ukuran ban yang lebih besar dari gran max sehingga mobil juga semakin stabil. Daihatsu Luxio juga telah dibekali lampu kabut (foglamp) untuk menerangi jalan saat melewati cuaca ekstrim sedangkan untuk gran max tanpa foglamp ini.
Interior
Daihatsu Luxio unggul kapasitas penumpang dan ukuran kabin. Mobil ini memiliki 3 baris kursi yang
masing-masing kursi bisa diisi dengan 2 orang (maksimum) akan tetapi memang untuk idealnya adalah 1 kursi 1 orang, mengapa 1 kursi bisa untuk 2 orang? karena kursi mobil ini cukup lebar sehingga muat untuk 2 orang. Kursi pada baris ke dua Luxio (varian M dan X) cukup istimewa karena selain bisa digeser maju mundur, pada semua varian luxio kursi baris ke 2 dan ke 3 memiliki hand rest yang cukup nyaman digunakan penumpang saat kelelahan atau menempuh perjalanan jauh, fungsi maju mundur kursi adalah selain mengkustomisasi penumpang saat keluar masuk (atau istirahat) juga bisa bermanfaat saat pemilik mobil ingin membawa barang dengan volume yang cukup besar dan membutuhkan ruang yang cukup besar pada kabin mobil.
Pada bagian AC daihatsu Luxio cukup unggul karena dibekali dengan AC Double blower (tipe M dan X) sehingga udara dingin bisa terasa sampai penumpang bagian belakang atau baris ke 3, pada bagian dashboard mobil ini memiliki desain yang cukup unik yakni memakai warna dashboard two in one (2 warna) sehingga mengesankan kemewahan meskipun mobil ini Low End sebenarnya, tuas transmisi otomatis juga diletakkan menempel pada dashboard di bawah sistem audio. Untuk fitur pada dashboard memang mencerminkan mobil kelas bawah seperti tidak adanya layar LCD sebagai fitur entertaiment maupun Switch audio yang menempel pada lingkar kemudi mobil, pengemudi juga bisa cukup santai berkendara meskipun membawa mobil bongsor karena luxio juga telah dibenami power steering pada sistem kemudinya.
Meskipun penumpang belakang memilki kabin yang lega akan tetapi untuk penumpang depan ada sedikit kekurangan yakni adanya sedikit pada ruang kaki karena rumah roda, penumpang pada bagian depan juga akan merasa mobil ini tinggi sekali saat dinaiki. Pada bagian bawah Jok bagian depan telah disesuaikan dengan adanya peredam panas dan peredam getaran suara.
Mesin dan Safety
Daihatsu Luxio memakai mesin 3SZ-VE DOHC VVTI memakai pendingin air, mesin mobil ini memiliki kapasitas silinder 1500 cc dengan jumlah silinder 4 dan 16 valve. Daihatsu Luxio ini telah menggunakan teknologi mesin DOHC dan VVTI serta menggunakan sistem pasokan bahan bakar EFI, Tenaga yang dihasilkan mobil ini adalah 97 PS pada 6000 Rpm (lumayan lah lebih besar dari xenia yang hanya 92 PS, avanza 1500cc memiliki tenaga 105 PS), torsi daihatsu luxio adalah 13,7 Kgm.
Untuk akselerasi mobil ini tergolong tidak terlalu cepat yakni masih berkisar 17 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/ jam. Sementara konsumsi bbm luxio cukup boros yakni 1:7.5 menggunakan bensin tanpa timbal untuk rute dalam kota dan untuk rute luar kota konsumsi bahan bakar luxio 1:10 sedangkan untuk kombinasi didapatkan angka 1:9.
Sistem safety mobil ini tergolong sedang, tanpa dibekali dengan Airbags sama sekali meskipun untuk varian tertingginya, dibekali sabuk pengaman pada semua kursinya. Pada bagian rem menggunakan cakram berventilasi (depan) dan bagian belakang memakai leading and trailing sedangkan teknologi sistem pengereman mobil ini adalah ABS. Daihatsu Luxio juga telah dibekali power window sehingga cukup aman dan nyaman masalah pintu mobil.
Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan daihatsu luxio dibanding mobil Low MPV dengan rentang harga 150 juta an adalah :
- Kabin yang luas
- Daya muat penumpang
- Suspensi yang lumayan
Kekurangan Daihatsu Luxio :
- Getaran mesin pada RPM tinggi
- Peredam masih terasa kurang (kabin kurang senyap)
- Mesin kurang tangguh untuk tanjakan
- Mobil tidak stabil pada kecepatan tinggi
Harga
Daihatsu Luxio dijual dengan harga 148 juta untuk paling murah (varian terendah) dan untuk varian tertinggi dijual dengan harga 184 juta (On the road DKI Jakarta), berikut rincian harga daihatsu luxio
Harga Daihatsu Luxio 1.5 D M/T : 148,1 juta rupiah
Daihatsu Luxio 1.5 D M/T Premio : 152,7 juta rupiah
Daihatsu Luxio 1.5 M M/T : 160,1 juta rupiah
Daihatsu Luxio 1.5 M M/T Elite : 167,3 juta rupiah
Harga Daihatsu Luxio 1.5 X M/T : 164,6 juta rupiah
Daihatsu Luxio 1.5 X M/T Prestige : 164,6 juta rupiah
Harga Daihatsu Luxio 1.5 X A/T : Rp. 175,8 juta
Daihatsu Luxio 1.5 X A/T Prestige : Rp 184,3 juta
Rival Daihatsu Luxio adalah Suzuki APV

Daihatsu

5 comments:

  1. Tadi bahas bmw x5, sekarang luxio, waduh jadi inget lagi nih kasusnya.. Omong2 tuh yg gambar pintu bagasi disebelahnya ada Nissan evalia yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang minta bos, udah lama kelupaan terus :-)
      kasus yang baru nissan juke dengan avanza, saya jadi takut jika kemana2 lihat spion terus apa lg jalan antar kota. trims bos farhan

      Delete
  2. kayaknya ini mobil limbung banget ya, udah tigginya seberapa (lebih dari gran max) belum termasuk ground clearancenya yang juga lebih tinggi, ditambah lagi suspensi empuknya yang membuat pengendaliannya jadi tambah buruk., waduh :O

    Tapi okelah untuk yang mau nyaman tanpa harus beli Alphard :D Dan enaknya lagi kalo ngendarai Luxio masih bisa dikira pemilik asli, daripada Alphard kalo ngendarain sediri pasti dikira sopirnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. limbung kalo tikungan bos, cuma kelebihan pada kaki bagian belakang sudah memakai stabizer jd beda dengan granmax yg lebih membal. iya bos, insy pesenannya kawasaki ane rangkumin bos

      Delete
  3. saya punya luxio 2011, mau review komentar?
    Luxio dengan penumpang sedikit dipacu kecepatan tinggi 115 km/jam kendaraan ini mantap/stabil, tidak limbung atau guncangan saat itu di tol (penumpang dewasa 2 org, balita 3 orang). itu belum pedal gas habis.
    getaran atau suara mesin pada body tidak terasa/ tidak ada.
    bagusnya lagi ketika parkir ban kiri belakang naik trotoar (kira 17 cm) dan 3 ban lainnya tetap di jalan, body belakang mobil tetap sejajar horisontal jadi penumpang belakang tetap posisi duduk tegak, nggak miring.

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org