Mobil Pickup Colt T120SS Kelebihan

www.mobilku.org - Mungkin pecinta otomotif sedang mencari mobil pickup? mobil pick up adalah mobil jenis niaga yang memiliki bak terbuka di belakang, senang rasanya kali ini mobilku.org mengulas salah satu mobil pick up yang cukup handal dan belum pernah kita review, mobil ini bernama Mitsubishi Colt T120SS 1.5 MPI Pick Up.
Jika pecinta otomotif mencari mobil niaga atau pickup maka yang paling diutamakan adalah:

1. Performa Mesin, dalam hal ini tenaga dan keawetan
2. Kapasitas angkut barang (baik volume maupun berat barang)
3. Kekuatan material body terutama pada bagian bak / kabin belakang
4. Harga mobil, termasuk harga jual kembali
5. Sparepart, ini juga penting karena mobil ini digunakan untuk bekerja.
Kita akan membahas seputar hal-hal di atas yang sederhana saja dan tidak usah terlalu mendalam, karena mobil ini cukup sederhana dan banyak pecinta otomotif sudah paham akan mobil ini, kita hanya akan menggarisbawahi saja tentang mobil ini.
Mitsubishi terkenal banyak mengeluarkan mobil-mobil niaga mulai colt t120, colt L300, colt diesel, truck kecil sampai besar, bahkan bus sebagian besar adalah besutan produsen mobil mitsubishi. Tak salah memang dari pengalaman memproduksi mobil-mobil niaga mitsubishi menjadi nomor 1 untuk mobil-mobil jenis ini.
Colt T120SS 1.5 MPI adalah mobil pick up terbaru yang sampai saat ini tersedia di dealer-dealer mitsubishi di tiap kota. Mobil ini memiliki karakter body tidak terlalu besar, tenaga cukup baik, harga mobil murah, peminat sedang (disini adalah kemungkinan mengambil untung dari peminat yang tidak terlalu banyak), mungkin karena banyak orang lebih memilih suzuki carry / mega carry atau granmax yah tak salah juga (pecinta otomotif nanti bebas memilih sesuai kebutuhan)..
Eksterior
Dimensi Mitsubishi T120SS 1.5 MPI adalah memiliki panjang 3720 mm, lebar 1560 mm dan tinggi 1825 mm. Tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan suzuki carry pick up dengan Panjang x Lebar x Tinggi (3780 x 1580 x 1825 mm) apa lagi dibandingkan dengan suzuki carry pick up yang wide deck PxLxT (3930x1830x1850 mm), selanjtnya kita akan membandingkan Mitsubishi Colt T120SS 1.5 MPI dengan Suzuki Carry 1.5 Pick Up saja untuk lebih cepatnya, karena untuk carry wide deck lebih cocok dibandingkan dengan T120SS varian termahal.
Meskipun untuk ukuran dimensi Mitsubishi Colt T120SS secara keseluruhan lebih kecil beberapa milimeter dari Carry Pickup Flat Deck akan tetapi tidak untuk ukuran kargo / deck untuk membawa barang, tercatat ke dua mobil Carry Flat Deck maupun T120SS memiliki dimensi/ ukuran kargo yang sama yakni memiliki panjang kargo 2200 mm, lebar kargo 1480 mm dan tinggi bak (kargo) 300 mm (ukuran ke dua mobil sama persis), ini artinya kedua mobil memiliki volume angkut yang sama-sama besar yakni 976 liter.
Selain dilihat dari volume angkut, ternyata mobil pickup juga dilihat kemampuannya dalam membawa beban (berat), suzuki carry pickup 1.5 flat deck mampu mengangkut barang hingga 800 kilogram sedangkan 790 kilogram hanya selisih 10 kilogram. Kemampuam membawa barang relatif sama (sedikit lebih unggul carry 10 kg).
Selain melihat dari segi ukuran mobil keseluruhan atau kargo ternyata eksterior mobil niaga juga dinilai dari estetika mobil (keindahan), menurut penulis kedua mobil ini bisa dibilang sama estetisnya bentuk yang sama-sama gagah dengan sudut-sudut yang dihilangkan sehingga terlihat modern dan enak dipandang.
Mesin
Mesin Colt T120SS 1.5 MPI memakai mesin dengan tipe 4G15 yang menggunakan 4 silinder 12 valve, memiliki kapasitas silinder mesin 1500 cc atau lebih tepatnya 1468cc. Sedangkan Suzuki Carry pick Up menggunakan mesin G15A dengan kapasitas silinder mesin 1493cc (lebih besar carry kira-kira 25cc).
Kita akan bandingkan kemampuan mesinnya:
* Mesin Mitsubishi Colt T120 SS 1.5 MPI memiliki tenaga maksimum sebesar 86 Ps pada putaran mesin 5750 rpm dan memiliki torsi sekitar 120 Nm pada 3750 Rpm
* Mesin Suzuku Carry Pick Up memiliki Daya maksimum sebesar 77 Ps pada putaran mesin 5500 rpm dan memiliki torsi 79 nm pada 5500 rpm.
Beda bukan kemampuan mesin kedua mobil ini, tenaga beda jauh selisih 9 Ps (sangat berarti) apa lagi untuk torsi mobil selisih kira-kira 40 Nm (wah sangat besar). Tenaga akan berguna pada tarikan mobil atau akselerasi mobil, dapat dipastikan jika Colt T120 SS 1.5 MPI lebih baik dalam hal tarikan mobil (lebih kencang), sedangkan torsi akan bermanfaat pada kemampuan membawa beban pada tanjakan, dapat dipastikan bahwa Colt T120SS jauh lebih handal untuk membawa beban berat dibanding Carry Pick Up apa lagi pada medan-medan menanjak wah pasti ketinggalan :-) inilah yang saya maksud keunggulan Mitsubishi Colt T120SS 1.5 MPI Pick Up, untuk konsumsi bahan bakar mitsubishi memang lebih boros menurut pengalaman pengguna akan tetapi selisihnya tidak terlalu banyak, oke kita akan lanjut pada harga sementara interior dan safety dianggap sama saja ya :-)
Harga
Ini juga merupakan keunggulan Mitsubishi Colt T120SS 1.5 MPI karena secara umum harga beli mobil ini relatif murah. perlu diketahui bahwa Colt T120SS 1.5 MPI ini memiliki 4 varian yakni mulai yang termurah:
* Colt T120SS 1.5 MPI Chassis: merupakan mobil tanpa bagian bak, harga mobil ini Rp. 78,6 juta
* Colt T120SS 1.5 MPI Pic Up Standart: merupakan mobil yang sudah disertai bak 1 pintu, harga mobil ini 82 juta rupiah
* Colt T120SS 1.5 MPI Pick Up Flat Bed: yakni dengan meninggikan deck sehingga lekukan rumah roda sehingga dapat memuat barang sedikit lebih banyak, harga mobil ini 82.3 juta rupiah
* Colt T120SS 1.5 MPI Pick Up WD 3 Ways yakni modifikasi pada deck (pickup) lebih bisa memuat banyak barang (lebih lebar), harga mobil ini 84.300.000 rupiah
catatan bahwa harga di atas masih Off The Road.
Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Colt T120SS 1.5 MPI dibandingkan suzuki carry 1.5 pick up:
* Tenaga (daya) dan Torsi lebih sippp
* Handling (pengendalian) lebih baik
Kekurangan Colt T120SS 1.5 MPI dibanding suzuki carry 1.5 pick up:
* Sparepart mahal
* Harga jual kembali lebih jatuh
* Konsumsi BBM lebih boros

Artikel Terkait mitsubishi

5 comments:

  1. tengkiyu brader ! artikel "mobilku" manteb sekali....

    ReplyDelete
  2. Sayang t 120 ss sasisnya tipis, material blok mesin juga bukan besi cor, ada almuniumnya. Trus perakitan mobil masih dgarap indomobil. Coba KTB rakit mobil sendiri dengan bahan sekelas colt

    ReplyDelete
  3. saya mempunyai colt t120ss tahun95 alhamdulilah sekarang masih ok...terima kasih mitsubishi...

    ReplyDelete
  4. Aku juha gan colt T ss ku tahun 92 dulu beli seken 2,7 jt sekaarang di tawar orang 4,2 jt kes tapi g tak jual,body kaleng gan,hehehhe

    ReplyDelete

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)