Etios Valco Spesifikasi Harga Kelebihan

www.mobilku.org - Pecinta otomotif Indonesia patut tersenyum karena pada hari ini Toyota Etios Valco telah keluar dan resmi dipasarkan di seluruh Indonesia, Etios Valco sendiri merupakan mobil jenis City Car atau Hatchback kelas bawah yang ditempatkan antara Toyota Agya dan Toyota Yaris, mobil ini diposisikan head to head dengan Honda
Brio baik dari segi kualitas mobil, konsep mobil maupun harga mobil, kita akan ulas lengkap mobil ini mulai eksterior, interior sampai safety mobil
Konsep
Konsep mobil ini adalah memberikan mobil yang multiguna, keren dalam segi desain, sporty pada interiornya. Tangguh dalam menaklukkan jalanan tak hanya dalam kota saja, mobil ini juga didesain mampu melewati jalur-jalur luar kota atau sedikit tanjakan di pedesaan. Konsep sporty yang dibawa mobil ini tercermin dari desain ekterior mobil yang terlihat segar dan kompak, konsumsi bahan bakar yang cukup irit dan mesin yang tangguh serta harga yang murah Etios Valco menjadi daya tarik luar biasa pada pasar mobil Hatchback Low
Eksterior
Etios Valco memiliki dimensi panjang 3755 mm, lebar 1695 mm, tinggi 1510 mm, mobil ini sangat mirip dengan etios liva hatchback akan tetapi Etios Liva jika dicermati memang berbeda berbeda dengan Etios Valco meskipun mirip. Yang menarik dari mobil ini adalah memiliki jarak terendah cukup tinggi yakni 17 cm, hal ini merupakan upaya membuat mobil Etios Valco mampu melewati jalan tidak hanya diperkotaan saja melainkan juga mampu dipacu pergi ke wilayah pedesaan yang tidak dapat dijangkau dengan city car kebanyakan, yang mana kebanyakan city car memiliki ground clearance 10-15 cm sehingga sangat sulit jika dijalankan pada medan yang agak berat (tanjakan/ gundukan).
Eksterior Etios Valco ini tergolong sangat sporty, terdapat garis-garis tegas dari depan ke belakang yang mengesankan mobil ini tampil lebih cepat, desain mobil ini juga terlihat casual tanpa penekanan yang berlebihan pada image mobil, desainnya sederhana namun enak dilihat (bakal di incar kaum muda). Warna pada body Etios Valco dibuat sewarna artinya dari ornamen-ornamen pada bagian depan sampai belakang memiliki warna yang sama dengan bagian body seperti spion, bunper, hand door, grill (kesan Sporty benar-benar terasa). Tentu yang tidak sewarna dengan bagian body adalah lampu-lampu, ban, velg dan juga lubang udara pada bumper (warna hitam).
Nuansa aerodinamis pada mobil ini juga sangat terasa, seperti pada bagian kap depan yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, pada bagian kaca mobil juga didesain cukup mudah membuang udara ke bagian atas mobil, sedangkan bagian atas etios valco didesain melengkung sempurna untuk membuang udara pada bagian belakang mobil. Bisa jadi lekukan-lekukan pada bodi dari depan ke belakang mobil juga digunakan untuk memudahkan perpindahan udara dari depan ke belakang mobil saat berada pada kecepatan tinggi (ini merupakan desain low friction yang meminimalkan pergesekan body dengan angin saat kecepatan tinggi), desain seperti ini selain membuat mobil lebih cepat juga lebih stabil dalam pengendaliannya saat dipacu pada kecepatan tinggi dan berpapasan dengan mobil besar seperti bus dan truck.
Etios Valco juga telah dibekali dengan sepasang lampu kabut yang cukup besar di bawah headlamp yang disematkan pada bumper mobil, desain lampu kabut ini juga cukup manis sehingga mempercantik tampilan mobil ini.
Interior
Pada bagian interior Etios Valco cukup unik yakni menampilkan ornamen yang membulat, hal ini bisa dilihat dari desain lubang AC, kontrol AC, handle Door bagian dalam, tuas transmisi, dan speaker mobil bagian depan. Desain membulat ini merupakan desain mobil comfort yang mana penumpang akan dengan mudah mengenali fungsi-fungsi mobil karena desain seperti ini, penumpang akan langsung mengetahui bagaimana cara mengoperasionalkan AC, sistem audio maupun fitur-fitur interior mobil yang lain.
Mobil ini cukup memanjakan penumpang pada bagian depan pasalnya semua lubang AC ada di depan, terdapat sekitar 8 lubang AC dimana 6 lubang ac pada dashboard dan 2 luang ac pada kaku pengumpang bagian depan, bagian pengemudi juga dimanjakan dengan adanya switch audio pada lingkar kemudi/ stir mobil sehingga pengemudi tudak perlu menjangkau bagian panel audio untuk menyalakan/ mengatur audio.
Tachnometer Etios Valco cukup nyeneh (unik) karena diletakkan pada bagian tengah dashboard (di atas panel audio) hal ini merupakan hal yang baru dalam penempatan tachnomater mobil indonesia, penempatan seperti ini dirasakan akan membuat pengemudi tidak sibuk pada alat ukur mobil akan tetapi akan lebih berkonsentrasi pada kondisi jalan yang sedang dilalui, desain seperti ini juga juga memudahkan penumpang lain untuk mengetahui kondisi atau kecepatan mobil.
Kapasitas penumpang Etios Valco adalah 4 orang (ideal) akan tetapi juga mampu diisi dengan 5 orang penumpang di dalamnya (maksimal) yang mana pihak toyota juga mengklaim bahwa mobil ini paling lega dikelasnya, sedangkan untuk bagasi mobil ini mampu memuat sampai 270 liter. Untuk fitur Etios Valco tergantung dari variannya misalnya untuk varian terendah (tipe J) tidak memiliki fitur selengkap etios valco tipe G seperti SRS Airbags + rem ABS dan EBD yang tidak untuk tipe J.
Berikut ini fitur Etios Valco:
Etios Valco J : Sistem Audio, AC, EPS, Power Window
Etios Valco E : ditambah fitur dual SRS Aribags (bagian depan), Intercooler pada laci mobil, Steering wheel
Etios Valco G : ditambahkan fitur Safety berupa rem ABS dan EBD, Steering Switch, Security Sistem, Electric outside rear view mirror.
Mesin dan Performa
Toyota Etios Valco menggunakan mesin dengan kode 3NR-FE, mobil ini menggunakan 4 silinder dan 16 valve dan memakai teknologi DOHC, Etios Valco memiliki kapasitas silinder 1200 cc atau tepatnya 1197 cc. Sistem pasokan bahan bakar etios valco adalah Electric Fuel Injection (teknologi pasokan bahan bakar yang efisien & efektif yang membuat mobil lebih irit bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama), penggunaan teknologi pasokan bbm efi ini menghasilkan konsumsi BBM Etios Valco cukup irit yakni 1:15 untuk dalam kota dan 1:18 untuk luar kota (cukup irit).
Untuk masalah performa mesin Etios Valco memiliki daya maksimum sebesar 80 Hp pada putaran mesin 5600 Rpm dan torsi 104 Nm pada 3100 Nm, Sebagai perbandingan Honda Brio memiliki tenaga 100 Hp.
Akselerasi Etios Valco adalah 14 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam cukup sedang memang karena mesin mobil ini memang cukup kecil, akselerasi terbaik masih dipegang honda jazz dengan waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, untuk kecepatan maksimum etios valco bisa mencapai 150 Km/ Jam. Etios Valco memakai sistem transmisi manual 5 percepatan, tanpa dibekali sistem transmisi matic/ otomatis
Safety
Sistem safety Etios Valco dibekasi saet belt dan power window pada semua varian, sedangkan 2 varian teratas (tipe E dan G) telah dibekali SRS Airbags, untuk etios liva G juga dibekali sistem break atau pengereman ABS dan EBD. Selain itu semua tipe Etios Valco didesain dengan rangka body yang mampu meratakan benturan pada sisi-sisi mobil (desain baru) sehingga tidak terlalu parah pada satu titik bila terjadi benturan.
Kelebihan dan Kekurangan
Mobilku.org akan membandingkan head to head etios valco dengan honda brio sebagai rival dalam 1 kelas untuk memperoleh kelebihan dan kelemahan mobil ini, berikut:
Kelebihan Etios Valco
* Harga Murah
* Desain Baru (eksterior dan interior)
* Groud Clearance tinggi
* Mobil cukup lapang
* Aerodinamis cukup baik
Kekurangan Etios Valco
* Akselerasi lambat 14 detik
* Tenaga kecil 80 Ps
* Konsumsi BBM sedikit boros, honda brio bisa mencapai 1:20
* Teknologi termasuk kurang modern
Sekali lagi kelebihan dan kekurangan etios valco ini kami dapatkan dengan membandingkan dengan Honda brio sebagai rival berat Etios Valco, untuk mengetahui spek Honda Brio secara mendalam bisa dilihat pada Spesifikasi dan Kelebihan Honda Brio
Harga
Etios Valco terdiri dari 3 varian yakni varian terndah adalah etios valco J, varian menengah adalah Etios Valco E dan yang tertinggi adalah Etios Valco G. kesemuanya berada pada rentang harga 135 juta sampai 161 juta rupiah, berikut harga on the road Etios Valco:
* Harga Etios Valco J = Rp. 135,5 juta
* Harga Etios Valco E = Rp. 150 juta
* Harga Etios Valco G = Rp. 161,6 juta