Etios Valco Spesifikasi Harga Kelebihan

www.mobilku.org - Pecinta otomotif Indonesia patut tersenyum karena pada hari ini Toyota Etios Valco telah keluar dan resmi dipasarkan di seluruh Indonesia, Etios Valco sendiri merupakan mobil jenis City Car atau Hatchback kelas bawah yang ditempatkan antara Toyota Agya dan Toyota Yaris, mobil ini diposisikan head to head dengan Honda
Brio baik dari segi kualitas mobil, konsep mobil maupun harga mobil, kita akan ulas lengkap mobil ini mulai eksterior, interior sampai safety mobil
Konsep
Konsep mobil ini adalah memberikan mobil yang multiguna, keren dalam segi desain, sporty pada interiornya. Tangguh dalam menaklukkan jalanan tak hanya dalam kota saja, mobil ini juga didesain mampu melewati jalur-jalur luar kota atau sedikit tanjakan di pedesaan. Konsep sporty yang dibawa mobil ini tercermin dari desain ekterior mobil yang terlihat segar dan kompak, konsumsi bahan bakar yang cukup irit dan mesin yang tangguh serta harga yang murah Etios Valco menjadi daya tarik luar biasa pada pasar mobil Hatchback Low
Eksterior
Etios Valco memiliki dimensi panjang 3755 mm, lebar 1695 mm, tinggi 1510 mm, mobil ini sangat mirip dengan etios liva hatchback akan tetapi Etios Liva jika dicermati memang berbeda berbeda dengan Etios Valco meskipun mirip. Yang menarik dari mobil ini adalah memiliki jarak terendah cukup tinggi yakni 17 cm, hal ini merupakan upaya membuat mobil Etios Valco mampu melewati jalan tidak hanya diperkotaan saja melainkan juga mampu dipacu pergi ke wilayah pedesaan yang tidak dapat dijangkau dengan city car kebanyakan, yang mana kebanyakan city car memiliki ground clearance 10-15 cm sehingga sangat sulit jika dijalankan pada medan yang agak berat (tanjakan/ gundukan).
Eksterior Etios Valco ini tergolong sangat sporty, terdapat garis-garis tegas dari depan ke belakang yang mengesankan mobil ini tampil lebih cepat, desain mobil ini juga terlihat casual tanpa penekanan yang berlebihan pada image mobil, desainnya sederhana namun enak dilihat (bakal di incar kaum muda). Warna pada body Etios Valco dibuat sewarna artinya dari ornamen-ornamen pada bagian depan sampai belakang memiliki warna yang sama dengan bagian body seperti spion, bunper, hand door, grill (kesan Sporty benar-benar terasa). Tentu yang tidak sewarna dengan bagian body adalah lampu-lampu, ban, velg dan juga lubang udara pada bumper (warna hitam).
Nuansa aerodinamis pada mobil ini juga sangat terasa, seperti pada bagian kap depan yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, pada bagian kaca mobil juga didesain cukup mudah membuang udara ke bagian atas mobil, sedangkan bagian atas etios valco didesain melengkung sempurna untuk membuang udara pada bagian belakang mobil. Bisa jadi lekukan-lekukan pada bodi dari depan ke belakang mobil juga digunakan untuk memudahkan perpindahan udara dari depan ke belakang mobil saat berada pada kecepatan tinggi (ini merupakan desain low friction yang meminimalkan pergesekan body dengan angin saat kecepatan tinggi), desain seperti ini selain membuat mobil lebih cepat juga lebih stabil dalam pengendaliannya saat dipacu pada kecepatan tinggi dan berpapasan dengan mobil besar seperti bus dan truck.
Etios Valco juga telah dibekali dengan sepasang lampu kabut yang cukup besar di bawah headlamp yang disematkan pada bumper mobil, desain lampu kabut ini juga cukup manis sehingga mempercantik tampilan mobil ini.
Interior
Pada bagian interior Etios Valco cukup unik yakni menampilkan ornamen yang membulat, hal ini bisa dilihat dari desain lubang AC, kontrol AC, handle Door bagian dalam, tuas transmisi, dan speaker mobil bagian depan. Desain membulat ini merupakan desain mobil comfort yang mana penumpang akan dengan mudah mengenali fungsi-fungsi mobil karena desain seperti ini, penumpang akan langsung mengetahui bagaimana cara mengoperasionalkan AC, sistem audio maupun fitur-fitur interior mobil yang lain.
Mobil ini cukup memanjakan penumpang pada bagian depan pasalnya semua lubang AC ada di depan, terdapat sekitar 8 lubang AC dimana 6 lubang ac pada dashboard dan 2 luang ac pada kaku pengumpang bagian depan, bagian pengemudi juga dimanjakan dengan adanya switch audio pada lingkar kemudi/ stir mobil sehingga pengemudi tudak perlu menjangkau bagian panel audio untuk menyalakan/ mengatur audio.
Tachnometer Etios Valco cukup nyeneh (unik) karena diletakkan pada bagian tengah dashboard (di atas panel audio) hal ini merupakan hal yang baru dalam penempatan tachnomater mobil indonesia, penempatan seperti ini dirasakan akan membuat pengemudi tidak sibuk pada alat ukur mobil akan tetapi akan lebih berkonsentrasi pada kondisi jalan yang sedang dilalui, desain seperti ini juga juga memudahkan penumpang lain untuk mengetahui kondisi atau kecepatan mobil.
Kapasitas penumpang Etios Valco adalah 4 orang (ideal) akan tetapi juga mampu diisi dengan 5 orang penumpang di dalamnya (maksimal) yang mana pihak toyota juga mengklaim bahwa mobil ini paling lega dikelasnya, sedangkan untuk bagasi mobil ini mampu memuat sampai 270 liter. Untuk fitur Etios Valco tergantung dari variannya misalnya untuk varian terendah (tipe J) tidak memiliki fitur selengkap etios valco tipe G seperti SRS Airbags + rem ABS dan EBD yang tidak untuk tipe J.
Berikut ini fitur Etios Valco:
Etios Valco J : Sistem Audio, AC, EPS, Power Window
Etios Valco E : ditambah fitur dual SRS Aribags (bagian depan), Intercooler pada laci mobil, Steering wheel
Etios Valco G : ditambahkan fitur Safety berupa rem ABS dan EBD, Steering Switch, Security Sistem, Electric outside rear view mirror.
Mesin dan Performa
Toyota Etios Valco menggunakan mesin dengan kode 3NR-FE, mobil ini menggunakan 4 silinder dan 16 valve dan memakai teknologi DOHC, Etios Valco memiliki kapasitas silinder 1200 cc atau tepatnya 1197 cc. Sistem pasokan bahan bakar etios valco adalah Electric Fuel Injection (teknologi pasokan bahan bakar yang efisien & efektif yang membuat mobil lebih irit bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang sama), penggunaan teknologi pasokan bbm efi ini menghasilkan konsumsi BBM Etios Valco cukup irit yakni 1:15 untuk dalam kota dan 1:18 untuk luar kota (cukup irit).
Untuk masalah performa mesin Etios Valco memiliki daya maksimum sebesar 80 Hp pada putaran mesin 5600 Rpm dan torsi 104 Nm pada 3100 Nm, Sebagai perbandingan Honda Brio memiliki tenaga 100 Hp.
Akselerasi Etios Valco adalah 14 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam cukup sedang memang karena mesin mobil ini memang cukup kecil, akselerasi terbaik masih dipegang honda jazz dengan waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, untuk kecepatan maksimum etios valco bisa mencapai 150 Km/ Jam. Etios Valco memakai sistem transmisi manual 5 percepatan, tanpa dibekali sistem transmisi matic/ otomatis
Safety
Sistem safety Etios Valco dibekasi saet belt dan power window pada semua varian, sedangkan 2 varian teratas (tipe E dan G) telah dibekali SRS Airbags, untuk etios liva G juga dibekali sistem break atau pengereman ABS dan EBD. Selain itu semua tipe Etios Valco didesain dengan rangka body yang mampu meratakan benturan pada sisi-sisi mobil (desain baru) sehingga tidak terlalu parah pada satu titik bila terjadi benturan.
Kelebihan dan Kekurangan
Mobilku.org akan membandingkan head to head etios valco dengan honda brio sebagai rival dalam 1 kelas untuk memperoleh kelebihan dan kelemahan mobil ini, berikut:
Kelebihan Etios Valco
* Harga Murah
* Desain Baru (eksterior dan interior)
* Groud Clearance tinggi
* Mobil cukup lapang
* Aerodinamis cukup baik
Kekurangan Etios Valco
* Akselerasi lambat 14 detik
* Tenaga kecil 80 Ps
* Konsumsi BBM sedikit boros, honda brio bisa mencapai 1:20
* Teknologi termasuk kurang modern
Sekali lagi kelebihan dan kekurangan etios valco ini kami dapatkan dengan membandingkan dengan Honda brio sebagai rival berat Etios Valco, untuk mengetahui spek Honda Brio secara mendalam bisa dilihat pada Spesifikasi dan Kelebihan Honda Brio
Harga
Etios Valco terdiri dari 3 varian yakni varian terndah adalah etios valco J, varian menengah adalah Etios Valco E dan yang tertinggi adalah Etios Valco G. kesemuanya berada pada rentang harga 135 juta sampai 161 juta rupiah, berikut harga on the road Etios Valco:
* Harga Etios Valco J = Rp. 135,5 juta
* Harga Etios Valco E = Rp. 150 juta
* Harga Etios Valco G = Rp. 161,6 juta

Toyota

68 comments:

  1. iya etios valco menggunakan penggerak roda depan

    ReplyDelete
  2. meski model agak jadul, tapi pas kalau untuk pemula atau yang dananya agak terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan untuk pemula buat belajar mobil, 135 juta :-)

      Delete
  3. Kayaknya bagusan mirage yah... Atau picanto..

    ReplyDelete
  4. yang bener etios liva atau etios valco pak? jadi bingung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya itu nama asli di india etios liva hatchback boss, tapi saat masuk indonesia interiornya sedikit dirubah dan namanya juga diganti etios valco :-)

      Delete
    2. Makanya farhan baca dolo yg jls bru comment

      Delete
    3. Saya masih kurang mengerti tentang tombol/Knock yang ada di Stir Etios valco?, apakah hanya untuk audio dan kelebihan ini, apakah ada di semua tipe?harap infonya.terima kasih.

      Delete
    4. Dibagian mana letak tombol spion elektriknya?,

      Delete
    5. Dibagian mana letak tombol spion elektriknya?,

      Delete
  5. Mas, bisa diberi gambaran knp pilih brio daripada etios.maklum agak galau nih awal mau beli brio s a/t stlh ada toyota etiostjd ragu. Tks atas sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. brip tenaga lebih besar mas, akselerasi juga lebih cepat. tp bahan bakar juga lebih irit

      Delete
    2. ane lebih suka pake all new picanto mas, juga irit bensin 1 : 18 dalam kota, luar kota 1:20.. nyaman,lincah,irit,stabil dan murah.. tapi gak murahan yg lebih senengnya lagi garansi 5 tahun.. and eropa style..

      Delete
    3. ane lebih suka all new picanto gan... irit bensinya 1:18 DALKOT,1:20 Luarkota..
      nyaman, lincah, irit,mesin bandel and tangguh
      yang lebih sukanya lagi garansi 5 tahun gan
      ayoooo temani aku pake all new picanto.. kuaitas pasti gan

      Delete
  6. Gan, boleh tau knp pilih brio? Maklum ane lagi galau mau pilih yg mana. Awal sih suka ama brio s tapi stlh ada etios jd ragu. Maklum toyota terkenal dg jasa layanan dan purna jual yg oke kalo kata ane.

    ReplyDelete
  7. salam kenal agan2,awalnya saya juga bingung pilih etios atau brio,tapi dari referensi beberapa sumber akhirnya saya pilih honda brio>>

    ReplyDelete
  8. iya memamang awalnya saya juga bingungmilih brio apa etios valco nnamun setelah cari beberapa referensi akhirnya saya pilih brio hampir unggul semuanya kekurangan cuma nga ada wiper belakang tapi buat saya ng jd masalah toh alpard yang baru pun juga ng ada wiper belakang dan soal perfoma brio nga diragukan lagi

    ReplyDelete
  9. Udah compare brio sama valco, brio cuma menang di engine perfomance. valco cabinnya lega, handling enak dan stabil, riding comfort bagus, cabinnya juga senyap, seat empuk, exterior desain jg bagus high gradenya ditambahin rear spoiler akan lbh keren. Brio cabin sempit, berisik, bacdoornya kaca kelihatan ringkih, seat keras, handlingnya ngga enak apalagi di jalan berlubang, harganya jg ngga murah2 amat

    ReplyDelete
  10. permisi agan2, moderator blog ini mau nyela sedikit...

    kita harus pinter2 memfilter sebuah statment, biasanya untuk produk baru pasti banyak pro kontra yang dimungkinkan merupakan sebuah kampanye black campaign atau white campaign (kampanye negatif atau positif). tak lepas dari dari komentar2 yang ada (tidak hanya pada blog ini tp pd blog lain)

    moderator tetap mengaprove komentar sepanjang tidak melampaui batas sehingga internet tetap sehat dan netral..

    ok, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Eko, mohon masukannya ..Brio oke tp dana tidak mencukupi, pilihannya etios atau march (sesuai budget). Dari performa mesin, kenyamanan, konsumsi bahan bakar, safety mana yg paling oke untuk dibeli..terimakasih atas saran nya..

      Delete
    2. Pak Eko...Brio memang oke tapi dana tidak mencukupi. Pilhannya adalah Etios atau March (sesuai budget), dari segi safety, kenyamanan, konsumsi bahan bakar dan performance mesin mana yg sebaik nya saya bel

      Delete
    3. Saya bantuin saran ya Mas, utk Etios kalau Mas Hayun concern dengan masalah safety, sebaiknya pilih type tertinggi (type G). Ulasannya sudah ada di atas. Harganya ya gak murah-2 amat sih, 160 juta-an. Tinggal pinter-2nya Mas Hayun nego sama sales-nya toyota.

      Sebagai contoh, saya dpt Honda Brio type tertinggi E/AT, harga jual 182 jt dpt diskon 25 juta. Lumayan kan ?!

      Delete
  11. ya...setelah hunting kesana kemari untuk low hatchback akhirnya cocok dengan etios. Menang secara overall sebagai mobil yg pas dengan kultur indonesia, desain cukup menarik, kabin lega, bagasi lumayan besar, handling dan redaman bagus dan gcl tinggi dibandingkan sekelasnya dan tentunya jaringan purna jual yang sangat baik di seluruh daerah.

    ReplyDelete
  12. Kalo brio compare dg mirage. Bagus mana ya? Saya liat juga gak kalah ditambah desain interior yg ok dan udah cvt. Gak overprice deh kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. top speed :
      - mirage 165 km/jam
      - brio 145 km/jam (sptnya ada limiter-nya)

      mengenai desain dan fitur2 sih, tergantung selera masing2. kebetulan saya gk suka ngebut makanya pilih brio. Tapi mirage juga OK, termasuk salah satu city car yg jadi favorit saya

      Delete
  13. Mirage sudah pernah tanda jadi tapi batal gara2 pelat nomer dan harga yang berubah secara sepihak. Brio manual dan etios sdh coba test drive, setiran, handling dan suspensi sama2 nyaman. Untuk performa mesin sepertinya banyak yg puas dengan mirage(untuk jelasnya cek di forum IMEC kaskus) namun ada yg ngganjel karena layout mesinnya kurang rapi(coba buka kap mesinnya). Jadi kalau anda cuman mau melihat performa mesin dan suka ngebut sptnya mirage cocok. Namun apabila mempertimbangkan layanan purna jual apalagi domisili di luar jabodetabek sepertinya perlu dipikir ulang. Masak gara2 kuota pelat nomer bisa mbatalin tanda jadi?

    ReplyDelete
  14. Orang indonesia selalu melihat image beda sama orang eropa yg ngelat mutu kl saya pilih picanto walaupun harga beda2 tipis. Karena technologi city car yg mumpuni.yg terbaru justru lebih lengkap tp ttp gak murahan.

    ReplyDelete
  15. maaf salah kamar tp kalo sirion gmn? baik dari segi mobilnya sendiri maupun dibandingkan dengan kompetitornya, mohon masukannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus Sirion sih, kabin dan bagasi lega, tachometer cantik, desain eksterior menarik.
      Tapi ada 2 kekurangan besar buat saya:
      1. Setir nya modek ANGKOT..zzzz
      2. Harga jual nya Anjlok Abizz...

      Delete
  16. maaf mau tanya nih kalo tipe J denger2 tidak dilengkapi power stering?

    ReplyDelete
  17. Mirage memang sepertinya fitur dan mesinnya oke dibanding yang lain, tapi apalah artinya itu semua tanpa layanan purnajual yang professional.
    Untuk tenaga penjualnya saja banyak yg komplain kok...

    Kalau Brio sudah belakangnya kaca smua, bikin waswas takut kenapa2, ga ada wipernya lagi..
    Lagipula bagasinya bisa dikatakan tidak ada, kecil sekali

    Karena itu saya sepertinya lebih prefer Etios, bagasi luas dan merek toyota jaminan purna jualnya ga usah ditanya lagi, biarpun fitur2nya memang ga ada yg spesial kalau dibandingkan mirage dan brio...tapi kita makainya ga waswas dan ga pusing2 kalau urusan sm bagian servicenya

    ReplyDelete
  18. nah itu si falco kagak include spoiler yaa??
    gk bs d pasangin spoiler donk??
    mesinnya cuma 1.2cc ya? tp udah abs sm ebd yaa, tilt steering sm switch jg ada...
    utk ukuran mobil sih imut2 lumayan, tp kalo ane prefer ke jazz lah, enk buat bejek soanya... hahahah :D

    ReplyDelete
  19. mau nanya gan.. kalau "kenyamanan dipakai" diantara Brio, Mirage dan Etios, enakan mana ya? kalau purna jual pasti menang Toyota, tapi aku mau tahu, yang paling nyaman dipakai yang mana diantara ketiganya?...

    ReplyDelete
  20. diantara Etios, Brio dan Mirage, yang paling nyaman dipake yg mana ya?... thanks infonya

    ReplyDelete
  21. etios suspensinya mantap, test drive saja karena sekarang ini lagi getol2nya testdrive

    ReplyDelete
  22. Agan2 saya lagi cari mob city car, tapi masih galau ria, Antara Brio, dan etios, lebih nyaman nan mana baik dalam kota maupun luar kota? Thx

    ReplyDelete
  23. Enakan mirage bro, aku udah cobain brio, sirion, march, etios, and mirage punya temen. Tapi masih enakan bawa mirage menurut aku..

    ReplyDelete
  24. Dari pengalaman ane setelah 2 bulan pake
    Etios:
    + handling
    + suspensi (poldur dan lubang sikat aja bleh)
    + cooler box
    + kabin lapang (sehari2 sering diisi 3 orang dewasa(termasuk ane) dan 1 anak)
    + after sales
    + steering switch(tipe G)
    - interior (minimalis)
    - akselerasi (agak lambat, tapi kalo sdh dapet ngacir)
    - kalo ujan, atap berisik(perlu peredam atap)

    Untuk kecepatan termasuk bagus 120kpj handling masih mantap dan nggak berasa, 140kpj pernah tapi ane yang nggak berani walaupun masih bisa ditambah(bbm pake pertamax)
    Selama 2 bulan ini ane seringnya bawa utk dalam kota aja. Untuk luar kota sampai saat ini paling jauh bogor-merak. Mantap buat selap-selip terutama kalo lagi macet.
    So far so good bagi ane make mobil ini, walaupun pengennya ada tipe lebih(misal Tipe S/TRD) dari mobil ini(interior dipercantik dan dipercanggih).

    Mungkin anda yng suka mesin(agresif driver) dan nggak perlu bagasi mungkin akan memilih brio, tapi bagi anda yang tipe mengendarai moderat/santai, sering bawa belanjaan(aqua galon, gas melon, dst)dan sering bawa keluarga kecil anda, etios mungkin cocok untuk anda.

    ReplyDelete
  25. Mau tanya nih, etios ini kuat ga kalau dibawa ke Puncak, saat macet? Trus ada pengaruh besar gak, kalo untuk tanpa ABS + EBD nya (type E)? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebaran kemaren sudah dicoba 4 penumpang dewasa, 1 anak dan bagasi 7 tas (baju, laptop). Bandung-Garut dan Garut-Bandung, terkena macet dan stuck di cipanas dan tarogong, power tidak ada masalah fine2 saja. Total BBM PP 15 km/l dalam kondisi campur(stuck, stop and go, pelan, ngebut). Jadi nggak usah khawatir apabila di bawa ke puncak.

      Delete
  26. gw udah nyoba brio, buat ngebut enak, tapi pas jalanan berlubang kok suspensinya keras ya, berasa ke pinggang. kl etios blm nyoba euy

    ReplyDelete
  27. Mau tanya bagi yang sudah beli etios, khususnya type G, apa ada keluhan saat mengerem? saya baru pakai 2 bulan tp saat rem kok ada bunyi tok, kadang tok tok di bagian kanan belakang..napa ya? Sudah ke bengkel, mereka kasih gemuk (katanya kluar dari pabrik ga ada gemuknya mungkin itu sebabnya), tapi tetep tuh masih aja bunyi. Mohon dibantu sapa tahu ada yang punya pernah ngalamin hal yang sama dan tahu apa masalahnya. Thanks y.

    ReplyDelete
  28. Tadinya gw lamaaa banget nimbang2. Nissan march, Brio, Sirion, akhirnya milih etios. Udah hampir 1 bln gw pake & ternyata handlingnya mmg ok, performa lumayan mangstap. After sale service ngak ada tandingnya....dan insya Allah, harga jual kembali jg lbh bgs. Nggak nyesel deh beli etios!!

    ReplyDelete
  29. Mungkin rekan rekan ada masukan untuk saya, dan to the point aja..saya melakukan pembelian etios tipe E di bulan september 2013, saat service 1 saya keluhkan mesin yang gelitik parah dan stel kopling yang kurang pas ..kemudian hasilnya kopling di stel pendek, tapi gelitiknya masih belum, Kemudian saya disalahkan cara membawa & bahan bakar ; how rude...saya pake shell & bawa manual??? , Saya angkat ke T.A.M keluhan ini, kemudian di jelaskan bhw mobil saya ditangani ATPM awal, dan akan overhaule transmisi & knocking valve sensor .... alhasil mesin gelitik aga berkurang, tapi bagi saya itu parah....jangan ada alasan karena itu CC kecil...karimun lebih kecil aja ga gitu gelitiknya, sekarang setalh overhaule pengantian ratio gear alhasil transmisi lebih berisik dari transmisi yang awal, larinya lebih loyo seiring bahan bakar jadi lebih boros...mohon masukan rekan-rekan ...
    hal lain yang gak fair untuk ditutupi, adalah saat hujan air masuk karena rubber door trim yang tidak baik....
    saat lari 60-80 ada slip clutch seperti mobil matic (ada loncatan) ini terjadi sebelum dan sesudah case penangan Toyota....
    Cabin yang masih perlu penambahan peredam karena bunyi yang masuk terlalu noise ( plat yang sangat tipis)
    ada harga ada kualitas,,, tapi itu tetap uang bagi saya...bukan daun...sekarang yang saya alami seperti ini,,,,buat saya kecewa...dan harus bagaimana....??? warranty apa?? deskripsi waranty tidak jelas...kembalikan kondisi transmisi awal saya yang lebih senyap & responsif....thanks...
    please advice

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, di buku manual sudah ditulis menggunakan BBM RON91, kemungkinan mobil anda pernah memakai premium (entah pada saat anda menggunakan), atau pada saat mobil di antar. Karena penggunaan BBM yg menyalahi spek pernah terjadi pada mobil X-Trail teman saya(padahal karena dia cuman iseng saja, biasanya diisi pertamax terus diisi premium). Setelah itu mobilnya ngadat, padahal mobilnya baru bbrp bulan dipakai. Saran buat yan lain sekali lagi, gunakan BBM sesuai sepesifikasi di buku manual.

      Delete
  30. mohon masukan rekan-rekan, to d point, saya pengguna etios tipe E dari sept 2013,dari awal saya sudah rasakan ada yang tidak benar karena gelitik yang sangat parah, diawalai saat diantar oleh driver ATPM ke rumah, kemudian asumsi say saat ini mungkir driver tidak cakap bawa atau bensin premium, kemudian saya isi dengan shell, gelitik aja berkurang tapi masih parah bagi saya, service 1 saya komplain & minta stel kopling agak pendek, hasil mesin mesin masih gelitik, saya lapor ke TAM cust serv, kemudian di tanggapi karena bahan bakar pakai premium & cara bawa....how rude,,,,saya jelaskan saya pakai shell & tau cara bawa yang baik....dan saya bukan orang yang baru bawa mobil ...mobil kecil karimun aja ga sperti ini gelitiknya...kemudian mobil di tarik ATPM, dan dilakukan overhaule transmisi & penggantian sensor knocking. saat di coba mobil transmisi bagi saya berisik di banding sebelumnya, akselarasi juga loyo dan bensin seperti nya jadi lebih boros...saat ini saya kecewa dan baik hasil maupun waktu pengerjaan yang 1 minggu (lost time)...kecewa & capek hati....waranty toyota bgm...??? ga jelas tidak ada pengantian unit tapi penggantian part / perbaikan....kalo gini jadinya mungkin lebih baik kembalikan kondisi transmisi saya yang awal...cukup check knocking sensor saja...
    dan ga fair kalo tidak beritahukan kalo cabin masih terlalu berisik karena door trim rubbernya tidak di kasih pada tipe E dan plat yang tipis...jadi kalo ngobrol harus aga teriak ..karena suara luar nembus....belum lagi kalau hujan buehh..plus kalau hujan air yang merembes .....dari pintu ... come on guys...
    ada uang ada kualitas..tapi uang itu bukan daun...sekarang saya alami kecewa spt di atas. mungkin rekan ada masukan ..terima kasih.salam

    ReplyDelete
  31. ganti ANP saja... saya dah pake 2,5 tahun gak pernah ada keluhan, perjalanan ke tempat kerja PP 100 km/hr juga gak ada masalah.. BBM irit, mau ngebut tergantung keberanian nginjak gas aja..

    ReplyDelete
  32. MInta tanggapan dunk mengenai permasalahan pada tipe E soalnya ane lagi dp etios G ne

    ReplyDelete
  33. misi, ane numpang nanya dong, ane juga make etios, tapi kok berasa boros banget ya, kalo sering macet cuma sekitar 1:12an, kalo lancar, sekitar 1;14an, pokoknya ga pernah menyentuh 1:15, apakah rekan" pengguna etios juga sama?

    ReplyDelete
  34. Saya tetap memilih etios valco.
    Harga jokul tinggi.gk beke.
    Kebetulan saya sudah punya e.valco type G.
    Saran saya cuma 1 tolong pakai spoiler yg lebih sporty seperti toyota yarisTRD+new jazzRS.saya yakin etios valco smakin laris & smakin mrajai jalanan ibu kota & bapak kota.
    (Thkz)

    ReplyDelete
  35. Saya sudah merasa cocok dgn adanya
    Etios valco & sudah beli type G.
    Tapi sayangnya blm di lengkapi dengan spoiler sporty seperti yg dimiliki new yarisTRD atau jazzRS...!!!

    ReplyDelete
  36. Uang sy pas2an, pas untuk beli etios E, etios bisa buat jalan jelek G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  ya?

    ReplyDelete
  37. Saya salah satu pengguna etios type G sejak Juli 2013 yang menyesal beli mobil tersebut karena usia baru 6 bulan sudah bermasalah terus. Suka gelitik, mobil saat direm bunyi "dag" dikanan belakang dan terakhir kemarin tiba2 ada bunyi sangat ganggu yang kencang dari arah mesin (bukan bunyi fan belt), ga tahu itu bunyi apa.. sepanjang 2 KM bunyi ga brenti tiap mobil jalan. Bahkan saat sy lepas gigi, ga rem dan ga gas saat turunan pun bunyi kenceng bener.. tiba2 bunyi ilang dengan sendirinya.. anehhh. Baru kali ini saya alamin hal sperti ini. Nyesel.com deh pokoknya

    ReplyDelete
  38. Setelah saya mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan ETIOS VALCO dibandingkan dengan saingan sekelasnya, maka saya berkesimpulan bahwa disamping ada kekurangnnya akan tetapi sangat banyak kelebihan mobil ETIOS ini diantaranya :
    1. Karena kondisi jalan di Indonesia ini bergelombang maka dengan ground clearence yang besar ( 17 cm ) dari tanah maka mobil ini siap di segala medan yang agak sulit, terutama kondisi jalan berlubang.
    2. Kabin yang lapang sehingga nyaman berada di dalamnya.
    3. Pemakain BBM juga tergolong irit.
    4. Yang terpenting sekali adalah Spare Park ada dimana-mana serta harga purna jual tetap tinggi.
    5. Cocok sekali untuk pemula bagi duitnya yang pas-pasan sehingga tak perlu beli yang seken.

    ReplyDelete
  39. Halo gan, saya juga baru beli etios type e nih, yg saya suka dari mobil ini design nya yg bagus, dan semenjak mobil ini ada di indonesia, saya da suka sama mobil ini.

    ReplyDelete
  40. misi, ane numpang nanya dong, ane juga make etios, tapi kok berasa boros banget ya, kalo sering macet cuma sekitar 1:12an, kalo lancar, sekitar 1;14an, pokoknya ga pernah menyentuh 1:15, apakah rekan" pengguna etios juga sama?

    y om, sy juga merasakan hal yg sama. konsumsi bbm 11-12km/lt. kalau lancar tidak macet bisa 14an

    ReplyDelete
  41. misi, ane numpang nanya dong, ane juga make etios, tapi kok berasa boros banget ya, kalo sering macet cuma sekitar 1:12an, kalo lancar, sekitar 1;14an, pokoknya ga pernah menyentuh 1:15, apakah rekan" pengguna etios juga sama?

    Y om sama, untuk konsumsi bbm 11-12km/lt. kalau lancar bisa 13-14km/lt.

    untuk lari pada transmisi 1-2, kurang responsif tapi untuk transmisi 3 keatas responsif. gigi 3 bisa 80km/jam, gigi 4 100km/jam gigi 5 120km/jam bisa lebih, tapi belum dicoba karna syg.,:-) skrg sudah keluar ford ecosport, yg katanya konsumsi bbm bisa mencapai 15km/lt.

    ReplyDelete

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org