Bus Kecil Mitsubishi Colt Diesel FE 84G BC

www.mobilku.org - Pecinta otomotif mungkin sedang mempertimbangkan membeli bus? kenapa tidak, jika memang membutuhkan untuk transportasi karyawan atau membutuhkan mobil bus untuk untuk usaha pariwisata? Kali ini MobiLku.org akan mereview salah satu bus mini yang dikeluarkan oleh mitsubishi, mobil yang kita bahas adalah mobil yang dimungkinkan memiliki daya muat
penumpang cukup banyak kira-kira 25-30 orang, di bawah adalah penampakan mobil ini.
Ok, Bus kecil ini dikembangkan dari model truck colt diesel akan tetapi ukuran sasisnya telah disesuaikan dengan kebutuhan penumpang yang dibuat lebih panjang, mobil ini memiliki nama lengkap Mitsubishi FE 84G BC 136 PS yang merupakan salah satu varian dari New Colt Diesel.
Untuk diketahui bahwa Mitsubishi Indonesia mengeluarkan 3 jenis kendaraan Niaga yakni: New Colt Diesel, Fuso, Tractor Head FV. Sedangkan varian New Colt diesel ada 10 varian (bus dan truck) yang mana salah satunya adalah Mitsubishi New Colt Diesel FE 84G BC 136 PS, dari namanya kita sudah dapat menebak bahwa mesin Colt Diesel FE 84G BC ini memiliki daya 136 Ps.
Perlu diketahui bahwa Mitsubishi tidak menjual mobil ini dalam keadaan jadi akan tetapi menjual mesin, ban beserta sasisnya saja, untuk body perlu ke karoseri untuk membuat mobil benar-benar jadi seperti Bus yang terlihat pada gambar di atas. Untuk harga mesin beserta sasis mobil ini cukup terjangkau yakni 246 juta rupiah, sedangkan untuk pembuatan body mobil tergantung pada karoseri yang mana rata-rata 300 sampai 400 juta untuk membuat body bus yang cukup manis. kali ini kita akan bahas mesin dan sasisnya dulu.
Ukuran Mobil
Dimensi Mesin dan Sasis Bus FE 84G BC 136 PS ini memiliki panjang 6980 mm atau sekitar 7 meter, rangka mobil bus ini memiliki ground Clearance 210 mm, lebar 2035 mm dan tinggi mobil 1595 mm, mobil ini memiliki jarak sumbu roda sekitar 3850 mm dan memakai 6 roda.
Mobil tanpa body ini memiliki berat 8000 Kg, menggunakan velg 6.00 GS x 16, dan roda 7.50-16-14 PR, mobil tanpa body ini memiliki radius putar minimum 6,8 m.
Mesin
Mobil ini memakai mesin mitsubishi dengan kode 4D34-2AT7, tipe mesin Diesel 4 langkah, menggunakan turbo intercooler, mesin mobil ini telah memakai sistem pasokan bahan bakar direct injection dengan sistem pendingin menggunakan air, Mitsubishi New Colt Diesel FE 84G BC 136 PS memakai 4 silinder sejajar dengan kapasitas silinder mesin 3908 cc.
Colt Diesel FE 84G BC memiliki tenaga maksimum 136 Ps pada 2900 Rpm dan memiliki torsi 38 Kgm pada 1600 Rpm. Mesin mobil dengan bahan bakar solar ini menggunakan transmisi manual 5 kecepatan dengan 5 gigi maju dan 1 gigi mundur.
Fitur lainnya
Mesin+Sasis Bus ini cukup nyaman dalam sistem kemudinya karena telah dilengkapi tilt steering dan power steering yang memudahkan pengemudi untuk mengendalikan mobil yang cukup berat ini dengan nyaman, sedangkan pada bagian suspensi mobil ini telah dilengkapi stabilizer pada sorb arbsorber.
Pada bagian Rem mobil ini dibekali dengan 3 pengereman yakni:
1. Rem Kaki: menggunakan sirkuit ganda, hidrolik dilengkapi vacuum servo assistance
2. Rem Tangan: menggunakan internal expanding pada transmisi belakang
3. Rem Pembantu: memakai sistem pengereman gas buang.
mobil ini menggunakan aki 24V 60AH (N50Z) dan kapasitas tangki bahan bakar 100 liter.
Karoseri Mobil
Mobil yang ditawarkan mitsubishi ini memang hanya mesin + sasis + roda + Stir + 1 kursi pengemudi saja, jadi masih belum jadi dan perlu dibawa ke karoseri untuk membuat body mobil dan menempelkannya pada Mesin plus sasis ini agar jadi Bus yang bisa dioperasionalkan. Biaya karoseri ini bervariasi tergantung memakai karoseri apa dan fitur-fitur yang ditambahkan oleh karoseri misalnya sistem AC, Sistem Audio Video, material pembentuk body, jumlah kursi dan lain-lain.
Banyak karoseri yang membuat body mobil ini, pecinta otomotif bisa menghubungi karoseri-karoseri ini misalnya:
* Adiputro
* Rahayu
* Laksana
* New Armada
* dan lain-lain
Pecinta otomotif juga bisa bertanya ke sales atau pihak mitsubishi untuk karoseri yang biasa menangani mobil ini sekaligus fitur-fiturnya ataupun biayanya.
Ok, ulasan ini kami buat tanpa untsur promosi produk apapun baik karoseri yang saya sebutkan maupun mitsubishi, melainkan agar bisa menjadi alternatif lain jika pecinta otomotif sedang mengusahakan membuat usaha pariwisata, atau bisnis antar jemput sekolah atau antar jemput karyawan atau yang lainnya :-) trims, oh iya ini bro penampakan-penampakan mobil yang telah jadi (di bawah)

mitsubishi

3 comments:

  1. Mantaplah situs kesayangan satu ni. makin lama makin lengkap. Terus berkarya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ammiiinn, trims gan mohon bantuan supportnya ...

      Delete
  2. Mau tanya ni om, kalo mini bus FE 83 BC dan FE 84 G BC tahun 2010 second berapa pasarannya?

    ReplyDelete

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org