Toyota Etios Liva Murah Berkualitas

www.mobilku.org - Etios Liva tahun 2013 ini menjadi mobil yang ditunggu-tunggu oleh penggemar otomotif Indonesia, menurut sumber resmi toyota mobil ini bulan depan (maret) akan mulai dipasarkan masih menurut Manager Toyota Astra Motor (Indonesia) bahwa untuk sementara mobil ini akan di impor dari India sebelum Pabrik Toyota dibangun di Indonesia. Hal ini sekaligus mengisyaratkan jika spesifikasi Etios Liva
sama dengan yang di India karena mobil akan diambil langsung dari india, sedangkan mungkin nantinya ada perubahan pada beberapa ornamen kecil pada mobil. (kita akan bahas)
Mobil Etios Liva
Liva adalah salah satu varian dari Etios (mobil murah), yang mana sebenarnya Toyota Etios memiliki 2 varian yakni Etios Sedan dan Etios Liva Hatchback atau City Car, ke dua etios ini menggunakan mesin yang berbeda yang mana untuk Etios Sedan memakai mesin 1500 cc dan untuk Etios Liva Hatchback memakai mesin 1200 cc. Toyota Etios Liva akan menjadi mobil murah indonesia dan mobil ini akan berada pada segmen antara Toyota Agya dan Toyota Yaris, mobil ini akan menantang dominasi Honda Brio pada segmen Hatchback 150 juta an. Untuk sementara TAM hanya akan memasarkan Etios Liva sedangkan untuk Etios Sedan akan menyusul akan tetapi waktunya masih belum bisa dipastikan.
Eksterior

Eksterior Etios Liva cukup kompak dan mungil, dari ukuran eksteriornya mobil ini masuk dalam kategori Hatchback memang dan bukan City Car. Dimensi panjang Etios Liva adalah 3775 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1510 mm, uniknya mobil ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi yakni 17 cm berbeda dengan kebanyakan city car yang memiliki ground clearance dibawah ini, angka 17 cm juga pada ground clearance juga akan memastikan mobil ini dengan mudah melewati gundukan/ polisi tidur perkotaan. Etios Liva memiliki jarak antaar sumbu roda 2,46 meter (cukup pendek ya) dan memiliki radius putar 4,8 meter, mobil ini juga memiliki berat yang lumayan ringan yakni hanya 900 kg.
Dari segi tampilan mobil ini cukup manis untuk dilihat, kesan sporty dan simpel terlihat dari warna ornamen mobil yang dibuat satu warna dengan body mobil, jika penggemar otomotif memilih warna biru maka eksterior mobil ini akan hampir seluruhnya memiliki warna biru sama halnya jika konsumen memilih etios liva dengan warna putih maka semua ornamen eksterior akan sewarna dengan body mobil. Beberapa ornamen eksterior yang memiliki kesamaan warna sangat kentara pada grill depan, bumper, spion dan gagang pintu.
Pada eksterior mobil ini terlihat polos tanpa stiker dan warna lain akan tetapi lekukan body sisi samping mobil benar-benar membuat mobil ini tampil gaya.
Pada bagian depan anda akan melihat desain bumper yang menyatu dengan body mobil, desain headlamp etios liva cukup mungil dengan bentuk seperti kacang mengesankan desain yang casual sama sekali tidak mengesankan mobil garang. Pada bagian bawah head lamp terlihat jelas foglamp yang telah ditanamkan membuat tampilan mobil ini lebih gagah dan secara fungsi juga lebih aman ketika melewati gelapnya malam atau tebalnya kabut saat perjalanan luar kota. Kebawah lagi penggemar otomotif akan melihat velg alloy sebagai kaki mobil ini. Secara umum dapat dikatakan tampilan luar atau desain eksterior etios liva sangat bagus (simpel dan segar), mengesankan mobil casual dan berkualitas baik.
Interior
Desain Interior Etios Liva ini cukup unik karena letak tachnometer tidak didepan pengemudi persis melainkann ditengah-tengah dashboard mobil (terletak persis di atas audio control). Desain Interior Etios liva cenderung membulat yakni menampilkan interior pada bentuk bulatan-bulatan seperti pada desain AC control, desain lubang udara dingin AC, tuas persneleng yang juga membulat dan tak luput gagang pintu bagian dalam juga membulat. Seolah-olah desain interior mobil ini ingin mengatakan bahwa Etios Liva merupakan mobil yang simple, modern dan user friendly. Sepintas akan terlihat penumpang akan dengan mudah mengoperasikan fitur-fitur interior yang dimiliki mobil ini seperti AC, Audio.
Berikut fitur interior mobil:
* AC, without climate control
* Power window
* Audio
* Remote Control: yang bisa mengatur AC, Audio, Central Door Lock.
Kombinasi warna interior Etios liva juga cukup unik dimana jok/ kursi mobil memiliki warna dominan merah hitam, warna merah ini juga terdapat pada sistem kemudi maupun pada pintu bagian dalam yang membuat mobil ini menyenangkan. Selain itu lubang AC mobil ini juga cukup banyak, paling tidak ada 8 lubang udara dingin pada bagian depan mobil.
Switch audio juga tersedia pada lingkar kemudi yang menambah kenyamanan pengemudi dalam mengoperasikan sistem audio mobil.
Mesin dan Performa
Mesin Etios Liva memakai model 3NR-FE, memakai 4 silinder mesin 16 valve dan menggunakan teknologi DOHC, kapasitas silinder mesin adalah 1197 cc atau 1200 cc. Mobil ini menggunakan sistem pasokan bahan bakar Injeksi EFI dan memakai bahan bakar premium/ pertamax, memakai sistem transmisi manual 5 percepatan.
Konsumsi BBM Etios Liva cukup irit yakni 1:15 untuk dalam kota dan 1:18 untuk luar kota. Daya maksimum etios liva tidak begitu besar yakni 80 Hp pada putaran mesin 5600 Rpm, hal ini berbeda dengan brio yang memiliki tenaga maksimum sampai 100 Hp, torsi city car ini 104 Nm pada 3100 Rpm.
Akselerasi Etios Liva terbilang lumayan meskipun tenaganya hanya 80 Hp, untuk mencapai kecepatan 100 Km/jam mobil ini mencatatkan waktu 14 detik (sebagai perbandingan, city car kelas 200 jutaan tercepat masih dipegang Jazz dengan akselerasi 10 detik). Kecepatan maksimum Etios Liva cukup tinggi yakni mampu mencapai kecepatan diatas 150 Km/jam, di India mobil ini mampu mencapai kecepatan 180 Km/ jam (kita akan lihat jika mobil ini sudah di launching).
Safety
Pada fitur safety jika berkaca pada negara produsen yang mana ada 6 jenis Etios Liva dengan Sistem Safety yang berbeda, maka kita harus menunggu jenis apakah yang nantinya dipasarkan di indonesia. perkiraan kami untuk sistem safety Etios Liva Indonesia masih tidak terlalu baik, hal ini berkaca pada produk-produk toyota yang cukup pelit dalam hal safety mobil. Paling tidak teknologi rangka body yang mampu meredam benturan telah disematkan pada hampir semua produk toyota, sabuk pengaman, power window, central door lock, sealt belt yang pastinya ditanamkan pada hatchback besutan toyota ini.
Harga
Harga Etios Liva diperkirakan berada pada kisaran harga antara Toyota Agya dan Toyota Yaris, mobil ini juga diperkirakan tidak lebih mahal dari Toyota Avanza, perkiraan mobil ini dijual dengan harga 130 sampai 160 juta rupiah.
Pesaing mobil ini nantinya adalah:
* Honda Brio
* Mitsubishi Mirage
* Suzuki Swift
kunjungi halaman depan www.mobilku.org untuk mendapatkan info terbaru seputar mobil dan otomotif lain

Toyota

2 comments:

  1. Insya Allah Kalau Allah Menghendaki Saya Mau Beli Mobil ini

    ReplyDelete

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org