Spesifikasi Chevrolet Aveo Kelebihan Kekurangan dan Harga

www.mobilku.org - All New Chevrolet Aveo adalah mobil city car atau hatchback terbaru dari pabrikan mobil amerika yang sedang ngetren di kalangan anak muda tahun 2013, mobil ini merupakan hasil penetrasi pasar dari Chevrolet indonesia untuk merontokkan dominasi mobil jepang pada segmen hatchback kelas medium. Pecinta otomotif sekarang benar-benar harus berpikir ulang saat akan membeli city car pada tahun 2013, mobil
hatchback yang beberapa tahun ini dikuasai Jazz dan Yaris kini telah berubah dengan dikeluarkannya produk hatchback compact berkualitas dari Chevrolet.
Desain Eksterior
All New Chevrolet Aveo mengadopsi desain mobil hatchback eropa yakni sporty, kesan garang tidak terlalu tampak pada mobil ini kecuali pada desain lampu utama yang tajam dan memberikan efek 3D (3 dimensi) seperti mata kucing pada mobil-mobil BMW, headlamp mobil ini menggunakan halogen sehingga nyala akan sangat terang pada malam hari. Aerodinamis mobil Chevrolet Aveo sangat baik dimana pada bagian depan mobil didesain rendah guna mengurangi gesekan dengan udara agar mobil ini tetap stabil pada kecepatan tinggi, sedangkan lengkungan pada kaca depan yang halus membuat angin yang melewati mobil ini bakal berjalan mulus melewati kaca menuju bagian atas mobil, pada bagian atap mobil juga didesain melengkung yang memudahkan angin untuk meluncur ke bagian belakang mobil.
Desain seperti ini adalah desain terbaru dari mobil hatchback untuk menstabilkan mobil saat melaju dengan kecepatan tinggi dengan mengurangi gesekan angin, desain mobil ini mirip dengan ford fiesta, mazda2, mitsubishi outlander dan mobil lain yang bergaya eropa.
Pada bagian depan All New Chevrolet Aveo akan mengesankan mobil ini adalah mobil casual yang stabil dan mampu dipacu pada kecepatan tinggi, bumper depan didesain seolah menyatu dengan body mobil dan disematkan headlamp tajam dengan tambahan 2 lampu kabut di bawah lampu utama. Melihat bagian samping pecinta otomotif akan melihat desain spion yang cukup unik yakni menyipit (sempit) tanpa dilengkapi dengan lampu indikator belok pada spion, desain spion ini seolah-olah ingin menekankan bahwa bentuk spion menyipit adalah upaya mobil untuk meminimalisasi hambatan udara pada saat melaju.
Saat melihat bagian bawah spion Aveo mata akan tertuju pada velg alloy 16 inch yang masih jarang dipakai untuk mobil city car atau hatchback kelas medium, velg 16 inch akan memberikan kesan sporty pada mobil akan tetapi khusus velg asli pabrikan Chevrolet aveo telah didesain untuk stabil melaju di kecepatan tinggi (meminimalisasi getaran roda) atau lebih kokoh. Pada bagian gagang pintu kita juga akan disuguhkan dengan gagang pintu yang sewarna dengan body mobil, bentuknya juga menyipit yang seolah-olah klop dengan desain spion mobil.
Pada desain bagian belakang mobil terlihat minimalis namun sporty, dilengkapi 1 wiper dan high mount stop lamp berbentuk lingkaran dan desain bumper belakang yang menyatu dengan body mobil membuat Aveo Hatchback dari belakang tampak Sporty dan Minimalis.
Dimensi Chevrolet Aveo memiliki panjang 4040 mm, lebar 1735 mm dan tinggi 1517 mm. Mobil ini memiliki Jarak sumbu roda (wheelbase) 2525 mm dan ground clearance 13 cm, memiliki berat yang cukup mantap yakni 1280 Kg yang membuat mobil ini stabil meskipun berpapasan dengan mobil besar karena ditunjang desain yang mampu meminimalisasi gesekan dengan udara (low friction). Sebagai hatchback mobil ini cukup panjang jika lebih dari 4 m sehingga radius putar mobil ini 5,25 meter, kapasitas tangki bahan bakar chevrolet aveo 46 liter dengan kapasitas penumpang 5 orang (maksimal).
Interior
Kelebihan mobil ini adalah meskipun terlihat tidak terlalu tinggi dari luar akan tetapi saat memasuki ruangan interior All New Chevrolet Aveo terasa lapang, baik pengemudi maupun penumpang akan merasa nyaman di dalam mobil karena ketersediaan ruangan yang cukup lega. Pada bagian kemudi desain untuk pedal gas dan rem lapang akan membatu kenyamanan pengemudi dalam berkendara, sistem kemudi juga telah dilengkapi dengan tilt steering yang membuat pengemudi bisa menyesuaikan posisi lingkar kemudi yang paling nyaman.
Desain lubang AC yang membulat seolah menyatu dan klop dengan dashboard mobil, AC ini dioperasikan manual menggunakan filter polusi udara artinya udara bersih akan terjaga pada kabin mobil ini. Pada bagian indikator mobil merupakan perpaduan antara manual pada indikator rpm dan digital pada indikator kecepatan mobil membuat mengendara terasa berbeda, meskipun mengendarai hatchback akan tetapi serasa mengendarai mobil sport.
Sistem safety mobil tersedia sabuk pengaman pada masing-masing seat, sedangkan untuk varian LT telah dilengkapi Airbag pada kemudi dan varian LS tanpa airbag, pengereman mobil masih standart artinya untuk semua varian hanya menggunakan cakram berventilasi pada bagian depan (drum pada bagian belakang) tanpa dibekali ABS dan EBD.
Mesin dan Performa
Spesifikasi Chevrolet Aveo menggunakan mesin dengan kapasitas silinder 1400 cc, memakai 4 silinder 16 katup menggunakan teknologi DOHC. Sistem pasokan bahan bakar mobil ini menggunakan multi pont injection, konsumsi bahan bakar bbm Chevrolet Aveo yakni 1:11 untuk dalam kota dan 1:15 utuk jalan bebas hambatan (tol) cukup irit meskipun tidak seirit mobil-mobil LCGC yang belum lama ini menjadi tren seperti agya - mirage - ayla - dll.
Chevrolet Aveo memiliki daya maksimum 100 hp pada putaran mesin 6000 rpm (lumayan setara honda brio) akan tetapi memang dibawah honda jazz yang memiliki tenaga 120 hp, akselerasi Chevrolet Aveo tercatat 14,1 detik untuk mencapai kecepatan 100 km per jam (menurut penulis termasuk kurang untuk ukuran city car) bahkan saat ini sudah banyak hatchback indonesia memiliki akselerasi 9 detik sampai 12 detik.
Sistem transmisi Chevrolet Aveo ada yang memakai transmisi maual akan tetapi ada yang automatic atau matic. Chevrolet Aveo memiliki 3 varian yakni 1.4 LS, 1.4 LT MT dan 1.4 LT AT. Pada Chevrolet Aveo 1.4 LS memakai sistem transmisi manual dengan 6 kecepatan, mobil ini adalah varian terendah dari Aveo, untuk Chevrolet Aveo 1.4 LT MT menggunakan transmisi manual 5 kecepatan (varian menengah), sedangkan varian tertinggi ada pada Chevrolet Aveo 1.4 LT AT yang menggunakan transmisi matic 6 kecepatan.
Harga
All New Chevrolet Aveo 1.4 LS adalah Rp. 168.800.000
Harga Chevrolet Aveo 1.4 LT MT adalah Rp. 178.800.000
Harga Chevrolet Aveo 1.4 LT AT = Rp. 193.800.000
Kelebihan Kekurangan dan Rival
Kelebihan Chevrolet Aveo :
* Handling
* Kenyamanan
* Desain
Kekurangan All New Chevrolet Aveo :
* Performa mesin
* Safety
* Jaringan Service
Rival Chevrolet Aveo :
* Honda Jazz RS Baca disini
* For Fiesta Lihat ulasan
* Honda Brio Lihat ulasan
* Suzuki Splash Baca ulasan
* Mazda2 Baca ulasan

Info mobil terbaru dan Tips Otomotif silahkan kunjungi saat waktu anda senggang di www.mobilku.org Situs Otomotif No. 1
Share Artikel ini Facebook Twitter

Chevrolet

4 comments:

  1. Gan, kalau misalnya perbandingan antara Chevrolet Aveo, Toyota Etios, dan Honda Brio kir - kir lebih cocok yang mana ya ?. soalnya saya bingung dengan perbandingan harganya yang hampir sama...
    Mungkin bisa bantu saya Gan..... Terimakasih

    ReplyDelete
  2. kalo chevrolet aveo sama kia rio kira-kira bagusan mana ya gan ?

    ReplyDelete
  3. Mazda dan mitsubishi bkn mobil eropa tp mobil jepang..
    mirage jg bkn LCGC..
    yg buat artikel sepertinya gk begitu paham mobil dan kurang pengetahuan..

    ReplyDelete
  4. @wendy, di baca lagi gan yg bener. Maksudnya itu mengadopai desain mobil eropa bukannya mobil eropa (mazda n mitsubishi).
    Tanya sama mimitsubishi mirage LCGC bukan.
    Loe yg sok tau

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org