Daihatsu Zebra Astrea Cocok Untuk Usaha

www.mobilku.org - Pecinta otomotif mungkin masih ingat dengan salah satu produk minibus andalan daihatsu generasi tahun 90 an? iya yang saya maksud adalah Daihatsu Zebra Astrea, mobil yang menjadi pesaing ketat Suzuki Carry untuk segmen minibus (microbus) tahun 90 an. Mobil Zebra Astrea ini cukup spesial menurut saya untuk fungsi-fungsi tertentu seperti untuk antar jemput,
kirim-kirim catering, dan lain sebagainya untuk usaha yang membutuhkan mobil murah dengan kemampuan membawa barang cukup banyak, mobil zebra ini mungkin cocok sebagai pendamping usaha anda, kita akan coba ulas sedikit saja tentang mobil ini.
Daihatsu Zebra Astrea merupakan mobil jenis minibus (microbus) yang dikeluarkan antara tahun 1986 sampai 1994, mobil ini memiliki kapasitas penumpang ideal 7 orang akan tetapi mampu memuat penumpang hingga 9 orang jika kursi belakang berjenis menyamping. Antara tahun 1986 sampai 1994 mobil Zebra menjadi alternatif minibus selain suzuki carry, dengan fungsi yang sama akan tetapi harga mobil ini lebih murah dari suzuki carry.
Desain eksterior daihatsu zebra astrea cukup manis pada jamannya, akan tetapi untuk saat ini memang terlihat ketinggalan jaman, dengan bentuk kotak dan sudut yang terlihat jelas sebagai ciri mobil era 90 an. ketika kita berbicara desain memang mobil ini bisa dibilang kurang, akan tetapi jika berbicara masalah lain maka mobil ini bisa jadi cocok dengan pembaca, sebut saja beberapa kelebihan Zebra Astrea yang dapat dipertimbangkan:
Kelebihan Daihatsu Zebra
1. Harga mobil murah, harga daihatsu zebra astrea tergolong murah yakni antara 10 juta sampai 25 juta an, bahkan jika kondisinya kurang bagus mobil ini bisa dijual dibawah 10 juta, murah bukan?
2. Kapasitas Angkut besar, dengan harga semurah itu pemilik mobil ini bisa membawa sampai 9 orang penumpang cocok untuk antar jemput, atau jika diisi barang seperti catering atau barang belanjaan untuk usaha kecil-kecilan sangat handal.
3. Sparepart banyak, pemilik mobil ini tidak perlu khawatir dengan ketersediaan sparepart mobil karena suku cadang zebra astrea sangat banyak dan harganya juga murah, sparepart mobil ini beberapa juga bisa disubstitusi dengan zebra espass.
4. Jaringan service, jaringan daihatsu tidak perlu ditanyakan lagi karena hampir tiap kota ada. Untuk mobil ini bahkan bengkel umum tidak mengalami kesulitan dalam menangani kerusakan jika mobil ini bermasalah, karena sebagian besar mekanik mengetahui mesin mobil ini
5. Mesin cukup bandel jika dirawat dengan benar, mobil generasi 90 an memang dikenal memiliki mesin yang cukup memuaskan seperti kijang super, suzuki carry dan zebra astrea.
6. Mobil Irit Bahan Bakar
Kekurangan Daihatsu Zebra
Daihatsu Zebra Astrea memang memiliki beberapa kelemahan antara lain:
1. Harga jual kembali yang cukup jatuh, jika pemilik ingin menjual mobil ini mungkin harganya bisa jatuh karena memang mobil ini sekarang peminatnya kurang (karena umur mobil)
2. Rawan pada genangan, mobil Zebra Astrea ini memiliki kelemahan pada genagan air atau banjir atau dikemudikan saat hujan deras karena gampang mogok jika terkena air, solusi adalah dengan memasang pipa khusus yang ada di bengkel resmi daihatsu (gratis)
3. Mesin ada di bawah kursi kemudi, hal ini kadang membuat panas pengemudi apa lagi jika untuk perjalanan jauh
4. Suspensi keras, memang mobil ini adalah mobil niaga sehingga suspensi mobil tidak bisa empuk hampir sama dengan carry
5. Keseimbangan mobil kurang, hati-hati saat menikung dengan mobil ini karena sering limbung (sama dengan carry), menikunglah dengan kecepatan rendah.
6. Teknologi mobil niaga lama, artinya jangan berharap mobil ini dibekali fitur seperti mobil sekarang misalnya rem ABS atau Audio Mp3, Airbags atau yang lain-lain.
7. Nanti pembaca bisa ngasih yang lainnya di kolom komentar :-)
Mesin dan Performa
Mesin Daihatsu Zebra Astrea tahun 1993 telah memakai 4 silinder 16 katub, memiliki kapasitas silinder 1300 cc, menggunakan teknologi SOHC dan untuk pasokan bahan bakar masih menggunakan karburator. Mesin Daihatsu zebra astrea ini memiliki daya maksimum 74 Hp, lumayan untuk mobil tahun 90an bahkan kijang super juga memiliki daya maksimum kurang dari 80 Hp.
Mobil ini masih bisa melaju di atas 120 Km per jam, akan tetapi tidak disarankan menggunakan mobil ini dengan kecepatan di atas 100 km / jam karena teknologi mobil ini sudah jauh berbeda dengan mobil jaman sekarang sehingga akan sangat berbeda saat anda melakukan pengereman dengan mobil-mobil jaman sekarang, gunakanlah mobil ini untuk memuat banyak barang dengan kecepatan rendah dan jarak yang tidak terlalu jauh.
Untuk Zebra tahun 1986 sampe 1991 ada yang masih memakai mesin dengan kapasitas 1000 cc, memiliki tenaga sekitar 55 sampai 65 Hp.
Harga Daihatsu Zebra Astrea
Berikut ini adalah harga pasaran daihatsu zebra:
Daihatsu Zebra Minibus 1.0 tahun 1986 = Rp. 12 Juta
Daihatsu Zebra Minibus 1.0 tahun 1987 = Rp. 13 Juta
Daihatsu Zebra Minibus 1.0 tahun 1988 = Rp. 15 Juta
Daihatsu Zebra Minibus 1.0 tahun 1989 = Rp. 17 Juta
Daihatsu Zebra Body Tech tahun 1990 = Rp. 19 Juta
Daihatsu Zebra Body Tech tahun 1991 = Rp. 21 Juta
Daihatsu Zebra Body Tech tahun 1992 = Rp. 23 Juta
Daihatsu Zebra Body Tech tahun 1993 = Rp. 25 Juta
Daihatsu Zebra Body Tech tahun 1994 = Rp. 27 Juta
Cukup murah bukan? cocok untuk usaha belanja di pasar atau kirim catering, bahan bakarnya juga irit  :-)
sedangkan untuk harga Zebra Pick Up juga lebih murah dari jenis minibus, misalnya untuk jenis zebra pick up tahun 1992 harganya sekitar 16 juta an. Varian Zebra selanjutnya adalah Zebra tahun 1994 keatas yakni Daihatsu Zebra Espass dapat dibaca pada artkel berikutnya: Kelebihan, Kekurangan dan Harga Espass

Info mobil lain-lain dan tips otomotif bisa lihat pada halaman www.mobilku.org

Artikel Terkait Daihatsu

18 comments:

  1. 1 lagi, tidak punya crumple zone atau biasa disebut hidung di depannya, sehingga cukup berbahaya saat akan terjadi tabrakan. Berbeda dengan granmax atau APV, karena sudah ada hidung di depannya meskipun mesin terletak dibawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-p iya bos farhan,,, daripada beli gerobak mending beli ini sudah ada mesinnya :-)

      Delete
  2. Saya juga pake zebra 91,
    tapi rencana tampilan depannya mau sy bikin astrea bodytech.
    Kira2 hrg dari tampilan depan dari astrea bodytech (bagian lampu depan/apa namanya kurang tau) berapa ya?
    N jika ada yg jual bekas2 aja dmana ya?
    Trims all...

    ReplyDelete
  3. Saya jg pake :-)
    thn 91,tp rencana mau ane ubah tampilan depanya astrea bodytech 93.
    Kira2 harga tampilan depanya (bagian lampu depan/apa namanya kurang tau) berapa ya? Yang bekas,n dimana kira2 sy bisa mendapatkanya?
    Thanks all :-)

    ReplyDelete
  4. Lumayan nyaman...
    Ongkos mutasi balik nama DKI ke jatim (madiun) berapa ya.. Soalnya di madiun masih mahal...
    Suwun infonya boss...

    ReplyDelete
  5. saya pake zebra 94, ada tips nih:
    1. Utk mengatasi panas, pasang/tempel aja peredam panas (alumium foil). dibawah jok-jok depan. Harga murah dapat dibeli di spartepart (tinggal tempel, sperti tempel stiker, lapisan atas foil, lalu gabus, lalu lapisan lem), per lembarnya juga murah, beli 2 meter saja sisa.
    2. Pingin putar mp3? gak usah khawatir, asal di zebra anda ada radio dan pemantik rokok berfungsi, tinggal belikan FM Modulator (skitar 60 ribuan), tancapkan saja fm modulator di pemantik rokok, tancapkan flash disk berisi lagu mp3 di fm modulator tersebut, hidupkan radio, sesuaikan gelombang fm radio = fm gelombang modulator. Dijamin lagu2 mp3 anda akan mengalun di audio anda

    ReplyDelete
  6. Tips:
    1. Kepanasan? selain pasang AC, anda dapat memasang lembaran aluminium foil di bawah jok. lembaran ini banyak dijual di sparepart, harga permeter murah, terdiri 3 lapis: foil, peredam, perekat. Tinggal potong saja sesuai pola jok bawah, tempel seperti menempel stiker. Pasang juga di tutup kap mesin
    2. Pingin putra mp3 dari flashdisk? beli daja FM modulator (sekitar 60 ribuan). colokkan fm modulator di pemantik rokok, colokkan flasdisk mp3 anda di fm modulator, hidupkan radio, setting frekwensi radio = fm modulator, dijamin lagu2 mp3 kesayangan anda terdengar mengalun di audio mobil anda...

    ReplyDelete
  7. gan kl ad zebra th 89an plat H. ygmu jual 10jt bs meghub sy .mail; jawaliwap.com@gmail.com

    ReplyDelete
  8. gan klo ad ygmu jual zebra th 89an plat H atw skitarny,bs meg hub sy. Mail; jawaliwap.com@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Saya mau Jual Zebra 1.0 tahun 1988 kondisi prima Plat W (Sidoarjo), minat? email ke van_canzaga@yahoo.com

    ReplyDelete
  10. Insya Allah bulan depan zebra 92 saya datang :D
    buat nemanin saya belanja2 gula dll :D

    ReplyDelete
  11. Gan gimana cara mudah merawat zebra jumbo thun 1994 dan apakah bagus tipe mesin zebra jumbo, kasi masukanya para master zebra jumbo

    ReplyDelete
  12. Tahun baru 2014 dg si zebra th 91 mudah2 an lancar ngak mogok buat 5 jam perjalanan. Bagi yg sering jalan jauh pakai zebra th 91 bagi tip'snya ya

    ReplyDelete
  13. Saya pake zebra 1.0 .mesinya cukup bandal.bisa tembus 130km/jam.pake platina racing,condensator kijang.dan lebih tahan banjir di bndingkan zebra 1.3.soal nanjak ga diragukan,hnya saja kekurangan zebra 1.0 mslh rem,karna masih sistem tromol,makanya saya ganti pake cakram.setiap pulang kampung saya slalu bawa,tinggal dibuka bgku tengahnya ,jd lempang bawa anak anak,.zebra mmg mobil serbaguna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Jessica. Thanks atas sharing ilmunya. Saya juga punya Zebra 1.0 . Kalau masih punya tips-tips inovatif sekitar Zebra 1.0 ini mohon di publish, agar bermanfaat.

      Delete
  14. Saya pake zebra 1.0 .mesinya cukup bandal.bisa tembus 130km/jam.pake platina racing,condensator kijang.dan lebih tahan banjir di bndingkan zebra 1.3.soal nanjak ga diragukan,hnya saja kekurangan zebra 1.0 mslh rem,karna masih sistem tromol,makanya saya ganti pake cakram.setiap pulang kampung saya slalu bawa,tinggal dibuka bgku tengahnya ,jd lempang bawa anak anak,.zebra mmg mobil serbaguna.

    ReplyDelete
  15. saya barusan beli zebra astrea 1991 yg 1300cc, mau tanya tentang speed pecepatannya (perseneling) 1,2,3 4,5,R ato hanya 1,2,3,4,R ??? dan untuk tips nya agar tidak mogok saat hujan deras ato terkena genangan air diapakan ya ?? trima kasih

    ReplyDelete
  16. Naik mobil aja ane belum bisa gan :D
    Kunjungan balik ke Box Makanan

    ReplyDelete

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)