Cara Menghilangkan Goresan Cat Mobil

www.mobilku.org - Goresan atau baret pada cat mobil adalah hal yang dialami hampir semua pemilik mobil mulai dari goresan ringan sampai goresan yang parah, untuk goresan ringan yang memang dialami sebagian besar pecinta otomotif terutama pada mobil-mobil yang sudah lumayan lama dipegang. Goresan ringan pada cat mobil biasanya disebabkan
oleh kebiasaan buruk yang dilakukan secara berulang pada mobil atau ketidaksengajaan misalnya: goresan akibat terkena kuku pada body sekitar gagang pintu, goresan akibat mencuci mobil dengan lap yang kasar (ada kerikil dalam lap), goresan akibat percikan kerikil saat perjalanan atau yang lain.
Akibat goresan ini adalah mobil tampak kurang sempurna, bisa dibayangkan jika mobil masih mulis tapi pada sekitar gagang pintu terlihat goresan-goresan kecil, membuat tidak nyaman bukan? Akan tetapi pecinta otomotif tidak perlu khawatir dengan goresan tipe ini karena sebenarnya sangat mudah dihilangkan atau lebih tepatnya disamarkan. Berikut ini adalah cara sederhana menyamarkan atau menghilangkan goresan pada cat mobil:
* Bahan:
1. Air (bersih)
2. Shampo untuk mencuci mobil
3. Scratch Remover (cairan untuk menyamarkan goresan) bisa dibeli di bengkel atau car care (gambar di bawah ini adalah untuk contoh, bukan untuk promosi)
4. Car Polish (beli di bengkel atau car care)
* Alat:
1. Lap bersih dan halus (2 buah)
2. Plas Chamois atau kanebo
3. Alat cuci mobil yang biasa dipakai
* Cara Menghilangkan Goresan:
1. Cuci mobil menggunakan shampo sampai bersih sampai kesat (tidak ada minyak yang menempel pada body), lalu keringkan dengan kanebo <baca cara mencuci mobil dengan benar>
2. Tuangkan secukupnya scratch remover atau cairan untuk menyamarkan goresan pada bagian cat yang tergores kemudian gosoklah dengan lap bersih yang sudah dipersiapkan, setelah itu tunggu sekitar 7 sampai 10 menit. lalu lap kembali dengan lap kedua untuk membersihkan dan memastikan cairan penghilang goresan tadi aman digunakan, tanda bahwa cairan tersebut baik adalah tidak melunturkan cat yang mana hal ini bisa diketahui pada saat pengelapan ke 2 dengan lap bersih
3. Untuk goresan yang lebih dari goresan kuku, hal pada poin ke 2 bisa diulang sampai 2-3 kali (jika Strach Remover tidak melunturkan cat)
4. Setelah dirasa cukup dan dalam kondisi kering lakukan finishing dengan car polish agar tampak berkilau.
Cara menghilangkan goresan menggunakan compund sekarang sudah jarang dipergunakan karena menipiskan cat. Nah setelah melakukan cara di atas goresan ringan pada mobil pecinta otomotif sudah hilang, cara ini tidak bisa digunakan untuk goresan yang sampai pada dasar cat atau body mobil atau sampai pada dempul mobil, untuk menghilangkan goresan yang berat pecinta otomotif bisa ke bengkel yang terpercaya.

Kunjungi www.mobilku.org saat waktu anda senggang

Tips Otomotif

2 comments:

  1. nice info,,
    polishing juga lebih baik menggunakan lap dengan bahan microfiber, tidak meninggalkan goresan pada bodi mobil/motor, sangat baik untuk polishing..
    Penjelasan Microfiber
    shop here

    ReplyDelete
  2. Sebagai end user WAJIB mengerti beberapa tingkatan dan tipe goresan cat mobil. Tidak ada yang namanya 1 teknik untuk semua tipe goresan, jangan maen hajar kompon mobil tetapi kurang mengerti kondisi goresan malah pernis abis dan harus cat ulang.

    ReplyDelete

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org