Spesifikasi dan Fitur Mobil Nissan Serena

www.mobilku.org - Nissan Serena merupakan pelopor MPV dari Nissan Motor Indonesia, pertama kali dikeluarkan tahun 1996 sebagai generasi pertama serena dengan kode C23, Nissan serena generasi pertama C23 ini tidak mendapatkan apresiasi pasar yang cukup bagus sehingga berhenti dipasarkan tahun 1999. Pada tahun 2004 PT Nissan Motor Indonesia mencoba kembali mengangkat brand serena untuk masuk pasar MPV dengan mengeluarkan Serena generasi ke 2 dengan kode C24, membawa 3 varian serena yakni serena standart, serena Highway Star dan Serena Star Two One.
Serena generasi kedua cukup mendapat tempat khususnya pecinta mobil MPV karena fitur yang dimilikinya misalnya memiliki layar LCD pada dashboard dan pada kursi baris pertama lalu disematkannya kamera parkir juga menjadikan konsumen tertarik pada mobil ini, kapasitas penumpang yang cukup besar dan kabin yang luas mobil ini juga menjadi daya tarik konsumen untuk memiliki Nissan Serena ini.

Mobil Serena ini tergolong bongsor untuk ukuran MPV indonesia, body mobil ini lebih besar dari avanza dan  mirip dengan innova dalam ukuran besaran mobil yang mana dimensi mobil ini adalah memiliki panjang 4590 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1825 mm. Dengan dimensi sebesar itu Nissan Serena membutuhkan ruang sebesar 5,5 meter untuk berputar (radius putar serena), mobil ini memiliki ground clearance 16 cm yang mana untuk ukuran MPV ground clearance setinggi ini adalah standart.
Serena memiliki suspensi yang lembut khas kendaraan nissan akan tetapi mobil dengan kapasitas silinder mesin 2000 cc ini cukup boros untuk ukuran MPV di indonesia dengan torehan konsumsi bahan bakar 10,5 Km untuk 1 liter Pertamax pada jalan bebas hambatan, pada jalan perkotaan atau rute dalam kota konsumsi BBM Nissan serena adalah 1:8 sedangkan untuk perjalanan luar kota mobil ini menghabiskan 1 bahan bakar untuk jarak tempuh 8,5 kilometer, wah ternyata cukup boros juga Nissan Serena.
Kemampuan Mobil Serena dalam hal tenaga juga cukup baik yang mana mobil ini mampu memberikan daya maksimal sampai 147 Ps pada putaran mesin 6000 rpm dan memiliki torsi 20,2 Kgm pada 400 Rpm, lumayan besar bukan, jika pembaca adalah penggemar avanza maka daya maksimal avanza adalah 103 Ps saja. Dengan tenaga sebesar itu akselerasi Nissan serena juga terbilang baik yakni mencatatkan waktu 11,7 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/ jam cukup cepat ternyata :)
Untuk Varian Nissan Serena adalah Nissan Serena Comfort Touring (CT), Nissan Serena Highway Star Aero dan yang terbaru adalah Nissan Serena Autech. Harga mobil Serena ini saat ini berkisar antara 290 juta sampai 360 juta rupiah yang mana untuk Serena Comfort Touring baru dijual dengan harga 291 juta OTR, untuk Serena Highway Star dijual dengan harga 334 juta rupiah dan untuk Harga Nissan Serena Autech Highway Stra adalah 358 juta rupiah On The Road.
Perbedaan harga yang cukup besar antara CT dan Autech yang terpaut sampai 60 juta rupiah diakibatkan oleh perbedaan fitur yang dibawa mobil ini sedangkan untuk mesin/ performa maupun suspensi tidaklah berbeda, beberapa fitur yang membuat berbeda antara lain: Power Window, Layar Monitor TV, Kamera Parkir dan wooden panel.
Jika Anda membeli Nissan serena bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau diperiksa antara lain:
* Kamera parkir, apakah kamera parkir masih dapat menampilkan gambar dengan jelas saat kita memposisikan transmisi pada posisi R
* Monitor pada sandaran kepala kursi baris pertama, lakukan pengecekan pada monitor apakah masih berfungsi dengan baik, beberapa masalah terjadi biasanya saat penumpang mengubah pengaturan headrest sehingga mengakibatkan rusaknya mobitor
* Cataylic Conventer hendaknya diperiksa paling tidak apakah tersumbat
* Wiper Belakang, biasanya wiper belakang jarang digunakan sehingga tidak dirawat pula, periksa karetnya jika kondisi karet wiper sudah tidak elastis atau pecah-pecah hendaknya segera diganti untuk menghindari kaca belakang tergores saat digunakan.

Info mobil lain-lain SUV, City Car, Mobil Niaga dapat dilihat pada halaman depan www.mobilku.org