Spesifikasi dan Fitur Mobil Nissan Serena

www.mobilku.org - Nissan Serena merupakan pelopor MPV dari Nissan Motor Indonesia, pertama kali dikeluarkan tahun 1996 sebagai generasi pertama serena dengan kode C23, Nissan serena generasi pertama C23 ini tidak mendapatkan apresiasi pasar yang cukup bagus sehingga berhenti dipasarkan tahun 1999. Pada tahun 2004 PT Nissan Motor Indonesia mencoba kembali mengangkat brand serena untuk masuk pasar MPV dengan mengeluarkan Serena generasi ke 2 dengan kode C24, membawa 3 varian serena yakni serena standart, serena Highway Star dan Serena Star Two One.
Serena generasi kedua cukup mendapat tempat khususnya pecinta mobil MPV karena fitur yang dimilikinya misalnya memiliki layar LCD pada dashboard dan pada kursi baris pertama lalu disematkannya kamera parkir juga menjadikan konsumen tertarik pada mobil ini, kapasitas penumpang yang cukup besar dan kabin yang luas mobil ini juga menjadi daya tarik konsumen untuk memiliki Nissan Serena ini.

Mobil Serena ini tergolong bongsor untuk ukuran MPV indonesia, body mobil ini lebih besar dari avanza dan  mirip dengan innova dalam ukuran besaran mobil yang mana dimensi mobil ini adalah memiliki panjang 4590 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1825 mm. Dengan dimensi sebesar itu Nissan Serena membutuhkan ruang sebesar 5,5 meter untuk berputar (radius putar serena), mobil ini memiliki ground clearance 16 cm yang mana untuk ukuran MPV ground clearance setinggi ini adalah standart.
Serena memiliki suspensi yang lembut khas kendaraan nissan akan tetapi mobil dengan kapasitas silinder mesin 2000 cc ini cukup boros untuk ukuran MPV di indonesia dengan torehan konsumsi bahan bakar 10,5 Km untuk 1 liter Pertamax pada jalan bebas hambatan, pada jalan perkotaan atau rute dalam kota konsumsi BBM Nissan serena adalah 1:8 sedangkan untuk perjalanan luar kota mobil ini menghabiskan 1 bahan bakar untuk jarak tempuh 8,5 kilometer, wah ternyata cukup boros juga Nissan Serena.
Kemampuan Mobil Serena dalam hal tenaga juga cukup baik yang mana mobil ini mampu memberikan daya maksimal sampai 147 Ps pada putaran mesin 6000 rpm dan memiliki torsi 20,2 Kgm pada 400 Rpm, lumayan besar bukan, jika pembaca adalah penggemar avanza maka daya maksimal avanza adalah 103 Ps saja. Dengan tenaga sebesar itu akselerasi Nissan serena juga terbilang baik yakni mencatatkan waktu 11,7 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/ jam cukup cepat ternyata :)
Untuk Varian Nissan Serena adalah Nissan Serena Comfort Touring (CT), Nissan Serena Highway Star Aero dan yang terbaru adalah Nissan Serena Autech. Harga mobil Serena ini saat ini berkisar antara 290 juta sampai 360 juta rupiah yang mana untuk Serena Comfort Touring baru dijual dengan harga 291 juta OTR, untuk Serena Highway Star dijual dengan harga 334 juta rupiah dan untuk Harga Nissan Serena Autech Highway Stra adalah 358 juta rupiah On The Road.
Perbedaan harga yang cukup besar antara CT dan Autech yang terpaut sampai 60 juta rupiah diakibatkan oleh perbedaan fitur yang dibawa mobil ini sedangkan untuk mesin/ performa maupun suspensi tidaklah berbeda, beberapa fitur yang membuat berbeda antara lain: Power Window, Layar Monitor TV, Kamera Parkir dan wooden panel.
Jika Anda membeli Nissan serena bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau diperiksa antara lain:
* Kamera parkir, apakah kamera parkir masih dapat menampilkan gambar dengan jelas saat kita memposisikan transmisi pada posisi R
* Monitor pada sandaran kepala kursi baris pertama, lakukan pengecekan pada monitor apakah masih berfungsi dengan baik, beberapa masalah terjadi biasanya saat penumpang mengubah pengaturan headrest sehingga mengakibatkan rusaknya mobitor
* Cataylic Conventer hendaknya diperiksa paling tidak apakah tersumbat
* Wiper Belakang, biasanya wiper belakang jarang digunakan sehingga tidak dirawat pula, periksa karetnya jika kondisi karet wiper sudah tidak elastis atau pecah-pecah hendaknya segera diganti untuk menghindari kaca belakang tergores saat digunakan.

Info mobil lain-lain SUV, City Car, Mobil Niaga dapat dilihat pada halaman depan www.mobilku.org

Nissan

11 comments:

  1. Gan, ini serena yang dibahas yang generasi 2,ataua yang terbaru (generasi4) gan? soalnya di fotot yang agan pajang itu serena generasi 4, sedangkan yg agan bahas kayaknya serena generasi 2 (yg tahun 2004an)

    sorry mengganggu

    ReplyDelete
  2. maaf gan serena secara umum,,,,versi serena secara khusus belum sempat gan,,,,maaf :)

    ReplyDelete
  3. Met malam agan-aganwati.... mau bertanya ttg nissan serena ct thn 1996 kebetulan ada yg menawarkan ke ane gan, kelemahannya mobil itu kira2 apa ya gan ? Kalo diatas td di blg krg menarik di pasaran mobil saat itu apa krn bentuknya atau kondisi mesinnya ?. Mgkn yg punya info atau pernah pake mobil sejenis itu ane minta bantuan saran dari agan-aganwati....thx ya gan atas info dan bantuannya......!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh ada bos farhan, lengkap abis deh penjelasannya :-) trims

      Delete
  4. (Saya anonymus yg diatas)
    Hah Serena tahun 96. Kalo serena tahun segitu masih generasi awal dan tidak mewah gan, bentuknya juga gak menarik. Lebih mirip mobil berjenis kargo seperti gran max (pendapat pribadi).

    Kalau Serena yg keliaran di jalan sekarang itu yg gen 2, harusnya udah ganti model ke generasi berikutnya di tahun 2005, tapi sayangnya di Indonesia baru ganti jadi gen 4 pas tahun 2012. Nah Serena gen 2 ini menurut ane kekurangannya sebagai berikut:

    -Boros bbm
    -Model usang, nunggu 10 tahun, baru 2012, dia ganti model
    -Pintu geser cuma disamping kiri (Highwaystar&autech)
    -pintu geser gak ada(CT)
    -Pengendalian kurang memuaskan

    Kalau kelebihannya:
    -Nyaman
    -Masih bisa dikatakan canggih karena kualitas audio mobilnya bagus, ada TV pula, di baris 2 juga ada tvnya nempel di jok baris 1.
    -Interior mewah
    -Captain seat pada baris ke 2, jadi kursi tengah gak ada, sehingga akses keluar masuk penumpang baris 3 jadi enak.
    -Kabin lega, meski gak selega alphard.

    Kalau yg gen 4, yg baru dijual, ane kurang tahu gan. Mungkin agan nanya mana generasi 3 nya, generasi 3 cuma dijual di Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaknya yang ini mau beli Chevrolet Spin mas farhan, spin yang diesel 1300 cc katanya :)

      makasih bos, ane dibantu :-) :-)

      Delete
  5. Agan2,
    Mohon info nya juga, menurut beberapa orang untuk Nissan Serena dalam waktu 5 tahun harus ganti apa ya namanya itu, sesuatu yang ada hubungannnya dengan "timing" tapi bukan timing belt kelihatannya, dan itu biayanya besar.
    Apakah itu betul?
    Thanks

    ReplyDelete
  6. Agan2,
    Mohon infonya, apakah benar untuk serena ini ketika lebih dari 5 tahun harus mengganti bagian mesin dengan nama (saya lupa, tapi sesuatu yang berhubungan dengan "timing" namun bukan timing belt)....
    APakah ini benar?

    Thanks

    ReplyDelete
  7. Mau sharing aja, saya pakai C24 tahun 2009. Konsumsi bbm dalam kota sekitar 1:5 Sudah disetel sampai apapun sama bengkel resmi ataupun non resmi sama aja. Semuanya sudah angkat tangan, memang segitu borosnya :(
    Mobil nyaman sekali, cuman satu lagi kelemahan nya: kualitas sparepartnya sangat rendah: contoh alternator sudah ganti pas umur 1.5 th, kompresor ac di umur 2.5th dan fan motor di umur 3th. Saya pakai dari baru gres. Begitulah sekilas nasib saya dengan Serene C24 :) Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Baru comment..!!!
      Manthab tanpa basa basi...
      Hidup agan ini !!!

      Delete
    2. Sy pake ct 2008 dan saya merasa senasib.....pesan saya. Kl tdk berdoku tebel.jgn coba2 piara nissan serena. Bikin puciiiiiing gan.

      Delete

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org