Merasakan Ford Focus Sport Hatchback 170 Tenaga Kuda

www.mobilku.org - Jika penggemar otomotif ingin merasakan pedal gas kendaraan 170 tenaga kuda cukup pergi ke Dealer Ford di kota masing-masing dan bilang ingin menjajal Ford Focus S Hatchback, maka penikmat otomotif akan disajikan dengan mobil sport hatchback dengan berbagai fitur canggih didalamnya. Ford Focus Hatchback Sport 2.0L AT ini sebenarnya merupakan perpaduan kecepatan plus kenyamanan mobil sedan yang dipadukan dengan kepraktisan mobil City Car, tenaga mobil yang berlimpah,
fitur canggih, dan suspensi stabil ala mobil sedan ini dipadukan dengan gaya sporty dari City Car yang menggunakan 5 pintu untuk memanjakan penumpang keluar masuk mobil, desain eksterior mobil hatchack yang terlalu besar menyebabkan mobil ini praktis/ mudah digunakan pada di jalanan yang sempit/ macet.
Tentang Ford
Bagi yang belum mengetahui produsen mobil ini (ford), ford adalah pabrikan otomotif asal amerika yang terkenal dengan kualitas mobilnya terutama untuk mobil-mobil sport bertenaga besar.
Di negara asalnya Ford memproduksi mobil Focus RS Hot Hatch 2500 cc yakni sejenis hatchback akan tetapi memiliki tenaga yang jauh lebih besar dari hatchback biasa (sering disebut Hothatch), mobil ini sukses menghempaskan hothatch dari mazda yakni mazda3 hothatch dalam hal keliaran berkendara. Ford Focus keluaran amerika ini memiliki tenaga sebesar 301 tenaga kuda sementara mazda3 2600 cc hanya mampu mengeluarkan tenaga 256 tenaga kuda bisa dibayangkan bagaimana kedua mobil ini melesat dengan tenaga 2 kali lebih dari pada All New Honda jazz terbaru di indonesia yang hanya memiliki tenaga 120 tenaga kuda apa lagi dibandingkan dengan Avanza Veloz hanya 104 tenaga kuda.
Eksterior
Desain eksterior Focus Hatchback tak begitu istimewa menurut penulis, bahkan masih lebih enak dipandang ford fiesta yang terlihat manis dipandang. Mobil ini memang lebih mengutamakan pada fungsi dan menomorduakan desain yang aneh-aneh, desain sederhana (tidak segarang harganya) akan tetapi sangat aerodinamis adalah keunggulan mobil ini, bagian depan akan disuguhkan dengan lubang udara cukup besar untuk mendinginkan suhu mesin saat bekerja. Pada bagian lampu depan memang terlihat biasa bahkan ada yang bilang mirip kacang, akan tetapi jangan salah lampu depan ford mampu memberikan nyala yang terang pada siang hari, pada bumper depan bagian bawah juga tersemat sepasang lampu kabut yang membuat mobil ini terkesan lebih garang, lampu indikator belok juga tersemat pada spion yang turut membantu tampilan mobil ini.
Desain body samping mobil Focus Hatchback ini terlihat dengan jelas bahwa ia menggunakan velg alloy pada semua varian, dari sisi samping mobil ini terkesan memiliki warna yang blend atau menyatu dalam satu warna mulai spion, body, bahkan gagang pintu juga memiliki warna yang sama dengan bodi mobil, dari samping ini kelihatan sekali aerodinamis mobil yang sedikit melengkung pada atap mobil (desain seperti ini diklaim dapat meminimalkan gesekan dengan udara) sehingga mobil bisa lebih stabil dan melaju lebih cepat.
Yang berbeda adalah pada desain lampu belakang yang tampil dengan sudut-sudut, dipadu dengan spoiler, autowiper dan desain bumper belakang unik membuat bagian belakang Ford Focus ini terlihat cukup rame jika dibandingkan pada bagian samping dan depan mobil.
Akan tetapi dibalik kesederhanaan desain eksterior mobil ini ada beberapa keunggulan yang patut diacungi jempol antara lain:
1. Tingkat aerodinamis mobil yang sangat baik
2. Desain Kinetis merupakan keunggulan mobil besutan amerika ini
3. Material bodi mobil dibuat dari bahan sangat berkualitas, yang mana bodi mobil ini diinjeksi dengan baja boron berkekuatan tinggi yang 4 kali lebih kuat dari standar baja berkekuatan tinggi sehingga pada sisi safety mobil adalah sangat baik, baja boron ini juga memiliki bobot yang lebih ringan dari standar baja berkekuatan tinggi sehingga membuat ringan lebih menghemat bahan bakar.
Dimensi Ford Focus S : Panjang x Lebar x Tinggi (mm) = 4358 x 1823 x 1461 terlihat bahwa mobil ini besar akan tetapi tidak terlalu tinggi, sebagai perbandingan Honda Jazz 1.5 memiliki panjang hanya 3920 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1525 mm. Kapasitas penumpang Ford Focus Hatchback S adalah 4 orang ideal dan bisa diisi 5 orang maksimal.
Interior
Inilah keunggulan Ford Focus interior mobil yang didesain sangat istimewa, anda akan menjumpai konsep desain yang diperhitungkan dengan seksama dengan mengatur instrumen/ panel kontrol berada dalam jangkauan anda, ini adalah konsep tata letak yang memudahkan bagi anda untuk mengontrol mobil mulai dari bagian pedal, bagian kemudi, sistem audio, pengontrol suhu dan lain sebagainya yang seolah menyatu dan bisa anda kendalikan dengan sangat mudah. Satu kata yang bisa diucapkan pada interior mobil ini adalah mobil berkelas.
Pihak Ford mengatakan bahwa jika anda masuk pada bagian dalam mobil ini maka anda layaknya mengemudikan sebuah pesawat, meskipun bahasa kiasan tapi itu cukup menggambarkan bahwa mobil ini didesain dengan baik dan memperhitungkan banyak aspek untuk mendapatkan kualitas yang baik. Beberapa fitur interior Ford Focus Hatchback S antara lain:
* One touch up/down Power window
* Power steering menggunakan tipe hidrolik
* Heated Windshield
* Rain Sensing Wiper
* Auto headlamps
* Bi-Xenon Headlamps
* Auto leveling Headlamps
* Front & Rear Fog Lamps
* Auto folding - Power adjustable heated mirror with side indicator
* HVAC - Dual Zone EATC
* Audio SYNC
* Audio Speakers
* Economy Shift Indicator
* Active Park Assist
* Torque Vectoring Control
* Active Grille Shutter
* Ford Power Start Button
* 4 way adjustable steering wheel
* MANUAL 4-way Driver Seat Adjuster
* MANUAL 2-way Passanger Seat Adjuster
* Sun Roof
Mesin dan Performa
Ford Focus Hatchback Sport 2.0L ini menggunakan mesin tipe Ti-VCT GDI I-4 2.0L, memiliki kapasitas silinder mesin 1999 cc dengan teknologi (Ti-VCT) dan (GDI) dari Ford, Sistem suplai bahan bakar menggunakan electric injection memekai jenis bahan bakar pertamax plus, kapasitas tangki BBM 55 liter.
Mobil ini mampu memberikan daya maksimum sebesar 170 Hp pada putaran mesin 6600 Rpm dan memberikan torsi maksimal 200 nm pada 4450 rpm sangat besar pada kelas hatchback, rata-rata hatchback di indonesia sebut saja Jazz hanya 120 Hp, Bio, Splash, SX4, Fiesta, Mazda2 dan lain-lain berada pada kisaran tenaga 85 sampai 115 Hp. Perbedaan yang signifikan ini disamping teknologi ford sport ini didesain bertenaga besar juga dipengaruhi besarnya silinder mobil yang mencapai 2000 cc, sedangkan mayoritas mobil hatchback/ city car seperti brio, splash, dll hanya memiliki kapasitas silinder 1200 sampai 1500 cc, terbesar adalah honda Jazz 1600 cc.
Ford Focus Hatchback memiliki akselerasi atau mampu mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 10 detik, sebagai mobil bertenaga bertenaga besar Ford Focus Hatchback ini juga sangat irit dalam hal bahan bakar yang mana konsumsi BBM Ford Focus Hatchback S 2.0 AT adalah 18,3 Km/liter pada rute jalan bebas hambatan (tol) dan untuk jalanan dalam kota dia konsumsi bahan bakar ford focus 9,2 km/liter. Sangat irit untuk mobil 2000 cc dan bertenaga 170 hp ini.
Varian dan Harga
All New Ford Focus di indonesia memiliki 4 varian dengan mesin yang berbeda, yakni:
1. Ford Focus Hatchback Sport 2.0L AT
2. Ford Focus Hatchback Trend 1.6L AT
3. Ford Hocus Sedan Titaniun 2.0L AT
4. Ford Focus Sedan Trend 1.6L AT
Semua varian Focus menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan, sebenarnya sempat ada jenis Ford yang menggunakan mesin diesel yakni Ford Focus 2.0 TDCi AT Sport akan tetapi kami belum menemuinya di dealer, mungkin pembaca ada yang tahu (bisa diinfokan di kolom komentar)
Diantara 4 varian all new focus tersebut harga tertinggi dipegang Ford Focus jenis Sedan 2.0 yang terpaut 20 juta dari jenis hatchback 2.0. Harga termurah adalah Ford Focus Hatchback Trend 1.6L yakni 325 juta, disusul Ford Focus Sedan Trend 1.6L dengan harga 338,5 juta, sementara harga Ford Focus Hatchback Sport 2.0L adalah 349 juta dan varian tertinggi ada pada jenis Ford Hocus Sedan Titaniun 2.0L yang dijual dengan harga 369 juta rupiah. Harga ini per 13 Januari 2013 On The Road DKI Jakarta.
Safety
Mobil ini memiliki sistem safety yang sangat bagus, mulai dari sensor depan yang dapat mengerem otomatis saat didepan ada benda seperti mobil lain, rem menggunakan ABS EBD dan BA dengan Hill Launch Assist, berbagai sistem brake emergency (light, disgribution, assist), berbagai aibags depan dan samping jumlah total airbags adalah 6, 3 titik sabuk pengaman sejumlah 5, Active City Stop dan keyles entry system.
Rival Focus Hatcback
Rival yang cocok untuk mobil ini adalah:
* Mitsubishi Outlander Sport: menggunakan mesin 2000 cc, berpenggerak 4 roda, memiliki daya 150 dk (baca ulasan Outlander)
* Peugeot 308 : menggunakan mesin 1600 cc, menghasilkan tenaga 156 dk, akselerasi mencapai kecepatan 100 km/jam 9,3 detk, harga 360 juta rupiah
* Ford Fiesta yang masih menjadi mobil terfavorit dari semua fproduk ford indonesia

info mobil terbaru kunjungi www.mobilku.org

Artikel Terkait Ford

1 comment:

  1. Tampaknya gg ada mobil di Indonesia yg spesifikasi fitur keamanan dan keamanannya menyamakan ataupun mendekati Ford Focus deh. . .

    ReplyDelete

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)