Memanaskan Mesin Mobil Manfaat Plus Minusnya

www.mobilku.org - Pemanasan mobil sering dilakukan oleh pemilik mobil untuk menormalkan kinerja mesin sebelum melakukan perjalanan terutama pagi hari saat suhu udara cukup rendah atau dingin, beberapa mobil memang perlu dipanaskan terutama untuk mobil-mobil jaman dulu yang tidak memiliki teknologi mesin sesempurna sekarang, kali ini mobilku.org akan membahas tentang pemanasan mesin mobil beserta keuntungan dan kerugian memanaskan mobil. Memanaskan mobil pada pagi hari atau sebelum berangkat kerja masih sering dilakukan sekarang ini paling tidak 5 menit.

Memanaskan mobil sebenarnya ada beberapa manfaat atau plus nya terutama untuk mobil jaman dahulu yakni:
1. Mobil generasi tahun 1990 an atau sebelumnya umumnya memiliki celah antar komponen internal mesin yang lebar, tidak hanya ukuran komponen yang tidak sepresisi jaman sekarang akan tetapi teknologi maupun material mesin mobil tahun 90 an juga termasuk sederhana sehingga dibutuhkan lebih lama agar komponen-komponen tersebut memuai. Setelah komponen mobil memuai dan memiliki bentuk ideal (sesuai suhu kerja mesin) maka saat itu mesin bisa bekerja sempurna, terutama pada titik optimal performa dan efisiensi mesin mobil.
2. Memanaskan mobil juga bertujuan untuk memberikan sirkulasi oli yang merata pada komponen dalam mesin mobil, hal ini dibutuhkan oleh mobil sebelum mobil dijalankan terutama jika mobil akan banyak dijalankan putaran mesin atau rpm tinggi pelumasan ini sangat diperlukan oleh mesin. Perbedaan mesin mobil jaman dahulu dengan jaman sekarang adalah mesin mobil jaman sekarang adalah bahwa mesin mobil jaman sekarang memiliki presisi yang lebih bagus dan menggunakan oli yang encer sehingga lebih mudah bagi mesin mobil untuk meratakan oli dalam pemanasan mobil yang mana hal ini akan berakibat pada waktu pemanasan mobil yang relatif lebih singkat pada mobil-mobil baru.
3. Pemanasan mobil juga bermanfaat pada kelistrikan mobil dimana pada komponen kelistrikan seperti aki mobil, regulator dan alternator mobil yang membutuhkan aliran listrik sebelum bekerja. Hal ini terutama pada aki mobil yang membutuhkan produksi listrik dari mesin mobil dan menyimpan listrik dalam aki, kemampuan kemampuan menyimpan listrik aki mobil jaman dahulu juga berbeda dengan aki mobil jaman sekarang yang memiliki kemampuan lebih baik dalam menyimpan listrik.
Selain ketiga hal mendasar di atas yang memang menjadi manfaat memanaskan mobil akan tetapi tidak selamanya memanaskan mobil selalu memberikan efek positif, beberapa efek negatif atau kerugian dari memanaskan mobil adalah:
1. Pemborosan bahan bakar, pemanasan mobil akan memakan bahan bakar dimana semakin lama mobil dipanaskan maka bahan bakar yang dibutuhkan juga semakin banyak
2. Memanaskan mobil mobil juga membutuhkan waktu, semakin lama kita memanaskan mobil maka waktu kita juga tersita untuk pemanasan mobil tersebut
3. Polusi udara, yang mana hal ini akan sangat terasa saat kita memanaskan mobil dalam ruangan tertutup terutama ruangan yang berdempetan dengan rumah.
Setelah mengetahui plus minus atau manfaat dan kerugian dari memanaskan mobil, maka pemilik mobil bisa mengira-ngira berapa lama mobil dipanaskan, umumnya pemanasan mobil untuk generasi tahun 90 an adalah lima sampai tujuh menit dan untuk mobil-mobil baru bisa lebih cepat dari 5 menit dan jika mesin mobil dirasa sudah siap atau mencapai kondisi optimal mobil bisa dijalankan.

Tips dan info mobil lain-lain silahkan lihat di halaman www.mobilku.org

Artikel Terkait Tips Otomotif

1 comment:

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)