Nissan Livina X-Gear Handal pada Mesin dan Suspensi

www.mobilku.org - Setelah sukses dengan Nissan Grand Livina yang berkategori MPV kini Nissan mencoba memasuki pasar mobil crossover dengan produk terbarunya Nissan Livina X Gear. Nissan Livina X Gear merupakan mobil perpaduan antara SUV dan sedan atau biasa dikenal dengan mobil semi SUV / semi offroad, mobil jenis ini memiliki keunggulan pada mesin yang cukup bertenaga (seperti kebanyakan mobil semi off road misalnya suzuki sx4). Mobil Livina X gear lebih familier disebut sebagai Nissan X gear (tanpa "livina"), mobil dengan kapasitas mesin 1500 cc ini bisa dibilang mobil yang memiliki kemampuan cukup baik pada mesin serta memiliki kenyamanan yang cukup baik pada kelas mobil crossover (kita akan bahas satu per satu).


Eksterior
Untuk eksterior (body) Nissan X gear, mobil ini terlihat lebih sporty dari kebanyakan mobil crossover lain misalnya suzuki SX4 ataupun Mitsubishi Outlander sekalipun yang menonjolkan pada kegagahan desain, desain Nissan X gear ini cukup manis artinya untuk perjalanan perkotaan desain mobil ini dapat memikat mata untuk menatap mobil ini, dibalut ornamen hitam body kit pada sekeliling bagian bawah body mobil membuat mobil ini terlihat bagai mobil baru (karena jarang mobil dengan desain balutan seperti ini). Lekukan yang dibuat halus pada body bagian atas ornamen hitam mengesankan mobil yang stylish, sedangkan secara umum bentuk body mirip hatchback yang dipadukan dengan MPV pada bagian belakang mengesankan mobil ini stylish dan sporty. catatan: Mobil Livina X Gear ini memiliki kekurangan pada body yang tipis sehingga banyak konsumen mengeluhkan material yang tipis.
Pada bagian eksterior bawah Nissan X gear kurang begitu berkesan, misalnya penggunaan velg yang kecil dan batik ban yang terlalu halus membuat mobil ini kurang gagah dipandang sebagai crossover. Ground clearance yang tidak terlalu tinggi juga berpengaruh pada kemampuan mobil ini melewati medan berat, sementara tidak adanya cakram pada kaki ban belakang juga juga turut menurunkan eksterior nissan x gear sebagai mobil semi adventure.
Dimensi Nissan X Gear cukup besaar yakni 4270 x 1725 x 1615, mobil ini cukup besar dan mampu membuat penumpang merasa lega saat berada di dalam kabin, Nissan X Gear memiliki kapasitas penumpang  5 orang (ideal). Ground clearance Nissan X Gear tergolong sedang yakni 18,5 cm, akan cukup baik pada jalan-jalan perkotaan akan tetapi untuk jalan offroan mobil ini kurang bisa maksimal dengan ground clearance 18,5 cm apa lagi dengan kaki-kaki yang tidak begitu kokoh.
Interior
Sebagai mobil 190 jutaan Nissan Livina X-Gear kurang begitu memiliki banyak fitur pada interior mobil misalnya pada fitur head unit double din hanya mampu memutar compact disc dalam format audio, sistem audio sederhana yang tidak dilengkapi dengan LCD multifungsi membuat mobil ini begitu minimalis untuk fitur interior mobil. Mobil Nissan X Gear ini hanya memiliki fitur standart seperti power window, pendingin minuman (kulkas mini untuk minuman botol), power door lock, rear wiper, keyles entry dan knock down rear seats, mobil ini juga dibekali power steering tipe rack pinion dengan EPS.
Mesin
Nissan X-Gear menggunakan mesin dengan kapasitas silinder 1498 cc menggunakan teknologi DOHC dan CVT, Mobil ini mampu memberikan daya maksimum sebesar 109 Hp pada 6000 Rpm dan memiliki torsi sebesar 15,1 Kgm pada 4400 rpm. Nissan X gear menggunakan sistem pasokan bahan bakar ECCS yang mampu membuat mobil ini lebih bertenaga dan irit bahan bakar tercatat mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar 1:11 dan untuk jalan tol bisa mencapai 1:18.
Mesin Nissan X Gear dapat memberikan tenaga hingga 109 Hp dengan perbandingan suzuki SX4 hanya memiliki daya 100 hp dan Toyota Avanza Veloz 104 Hp, tenaga yang besar ini menyebabkan tarikan Nissan X Gear juga cukup baik terbukti dengan beberapa uji mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km per jam dalam waktu 11,7 detik jarang mobil semi offroad 1500 cc memiliki akselerasi sebesar ini dibandingkan dengan suzuki SX4 yang memiliki akselerasi 12,5 detik selisih 0,8 detik, kecepatan Nissan X Gear bisa mencapai 150 Km/ Jam. Performa mesin Nissan Livina X gear cukup baik dimana sekaligus bisa dikatakan bahwa keunggulan Nissan X Gear adalah pada mesin.
Sistem Transmisi Nissan Livina X Gear memiliki 2 pilihan transmisi yakni otomatis dan manual, dimana transmisi matic memakai 4 kecepatan sedangkan transmisi manual menggunakan 5 percepatan
Safety
Pada sisi safety mobil ini juga minimalis, pada bagian depan hanya ada 1 airbag di tempat pengemudi, untuk rem mobil ini tidak dibekali teknologi ABS dan EBD, memiliki Alarm Door Lock, lampu kabut untuk membantu pencahayaan saat cuaca buruk.
Keluhan
Nissan Livina X Gear ini memiliki beberapa keluhan antara lain:
* Pada Kecepatan tinggi kerap terdengar suara mesin dan roda dari dalam kabin, hal ini dimungkinkan peredam yang kurang baik.
* Sering terjadi masalah pada Kaki-kaki / Roda sering mengeluarkan suara tidak normal (terdengarnya suara tidak normal seperti mobil lain saat menikung atau melewati lubang)
* Kaca dan dashboard mobil terdengar suara gemertak terutama untuk Nissan bekas yang berusia 3-5 tahun.
Harga
Harga Nissan Livina X Gear Baru On The Road berkisar antara 186 juta sampai 196 juta rupiah, berikut ini rincian harga Nissan X Gear update akhir tahun 2012:
* Harga Nissan X Gear 1,5 MT : Rp. 189.000.000 atau 189 Juta Rupiah
* Nissan X Gear 1,5 AT : Rp. 196.000.000 atau 196 Juta Rupiah
* Harga Nissan X Gear 1,5 AT bekas tahun 2008 : 135 Juta
* Harga Nissan X Gear 1,5 AT bekas tahun 2009 : 140 Juta
* Harga Nissan X Gear 1,5 AT bekas tahun 2010 : 150 Juta
* Harga Nissan X Gear 1,5 AT bekas tahun 2011 : 160 Juta
* Harga Nissan X Gear 1,5 AT bekas tahun 2012 : 170 Juta
Di bawah ini beberapa pesaing nissan Livina:
1. Suzuki Sx4 (baca ulasan)
2. Nissan Grand Livina HWS (baca ulasan)
3. Nissan Juke Crossover (baca ulasan)
4. Mitsubishi Outlander (baca ulasan)

Untuk info mobil lain-lain silahkan berkunjung ke www.mobilku.org

6 komentar:

  1. Livina x gear menpunyai kelemahan di system stering dan tierodnya. Pemakaian setelah 3 thn sering terdengar suara aneh di kolong . Conrod stabil yg terhubung di shock absober harus benar 2 diperhatikan karna bisa terlepas dan menghantam ke velg mobil dan menyebabkan kecelakaan

    BalasHapus
  2. Livina x gear menpunyai kelemahan di system stering dan tierodnya. Pemakaian setelah 3 thn sering terdengar suara aneh di kolong . Conrod stabil yg terhubung di shock absober harus benar 2 diperhatikan karna bisa terlepas dan menghantam ke velg mobil dan menyebabkan kecelakaan

    BalasHapus
  3. mah makasih banyak pak sarannya....membantu sekali pak

    BalasHapus
  4. mau tny neh pa, mbl gw xgear 08, knp kl pas tarikan awal slalu berat y kyk ngeden kl tanjakan jg g kuat, sm mbl gw knp slalu nge glitik y pdhl gw udh pk pertamax. thnks pa..

    BalasHapus
  5. mau tny neh pa, mbl gw xgear 08, knp pas tarikan awal sm tanjakan slalu berat y kyk ngeden gt, sm mbl slalu nge glitik pdhl udh pk pertamax. thnks pa..

    BalasHapus
  6. mau tanya pak, mobil saya x-gear ne... kalo lagi lewatin jalan aspal yg kasar2 gitu,, suara menggelatk terdengar dari stang setirnya...pernah ditanyakan ke ahlinya katanya sok bekernya,,,kalo diperbaiki bisa ngga ya,,,,

    BalasHapus