New Mazda 2 Perbandingan Kelemahan dan Kelebihan dengan Honda Jazz

www.mobilku.org - New Mazda 2 merupakan mobil keluaran mazda terbaru yang masuk dalam kategori City Car, mobil ini mulai diminati pasar indonesia sejak dikeluarkan tahun 2011 dengan permintaan yang terus naik dari tahun ke tahun. New Mazda 2 memiliki kelebihan pada fitur dan safety akan tetapi memiliki kelemahan pada performa mesin, dari segi harga mobil ini cukup mahal dengan harga diatas 200 juta an sedangkan harga jual kembali masih belum stabil seperti mobil City Car keluaran honda maupun toyota yang sudah banyak bertebaran produk secondnya. Kita akan bahas satu persatu tentang mobil ini sebelum kita membandingkan dengan rival yang pas yakni honda Jazz 1.5 S sebagai City Car dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan New Mazda2.
New Mazda2 mulai diperkenalkan pertengahan tahun 2012, New Mazda2 juga dikenal dengan sebutan Mazda2 Facelift yang merupakan perbaikan dari Mazda2 Hatchback (2011), New Mazda2 memiliki berbagai perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan pendahulunya, disamping eksterior mobil yang lebih compact dari sisi keindahan dan aerodinamic mobil, pada interior New Mazda2 terjadi penambahan fitur intertaiment istimewa (misalnya penyediaan browser yang mendukung aktifitas internet dalam mobil).
Eksterior
New Mazda2 memiliki dimensi (PxLxT) 3913 x 1695 x 1479 (mm), jika melihat ukuran mobil New Mazda2 akan terlihat lebih ceper jika dibandingkan dengan honda Jazz sekitar 5 cm. Eksterior mobil ini sangat kompak akan berbeda jika dibandingkan dengan honda jazz yang terkesan stylish, Eksterior New Mazda2 terkesan Sporty hampir sama dengan honda brio. Mengapa New mazda2 terkesan kompak karena hampir semua komponen eksterior mempunyai warna yang sama dengan body mobil mulai dari bumper depan belakang, spion, gagang pintu sampai spoiler mobil semuanya memiliki warna yang sama dengan mody mobil, mobil ini semakin satu warna juga disebabkan tidak adanya balutan stiker sama sekali yang berusaha memberikan warna lain mobil. Mobil ini juga telah dibekali Fog Lamps atau lampu penembus kabut saat melintasi pegunungan.
Interior
Pada bagian interior New Mazda2 Facelift mobil ini benar-benar sangat mengagumkan dibenami banyak fitur unggulan antara lain layar display LCD sentuh, layar display ini dapat memonitor berbagai fungsi mobil antara lain sistem nafigasi sensor parkir belakang, kontol sistem audio, TV tunner, tekanan udara ban, yang terbaru LCD ini dapat digunakan sebagai layar internet connecttivity dengan penyediaan Web Browser mandiri sehingga kita dapat internetan di mobil sewaktu kita membutuhkan dengan memasukkan SIM Card dari operator seluler seperti telkomsel atau lainnya, pada MID mobil ini juga dapat memantau suhu dan konsumsi bahan bakar, mobil ini juga dilengkapi fitur GPS sebagai pelengkap navigasi.
Pada bagian kemudi / setir mobil, New Mazda2 menjadi istimewa ketika kita bisa mengatur tinggi rendah posisi setir menyesuaikan dengan postur pengemudi, hal ini bisa dilakukan oleh New Mazda2 Facelift karena mobil ini telah memakai teknologi tilt steering wheel sehingga kita dapat mengatur ketinggian setir (teknologi ini jarang sekali ada pada mobil harga 200 jutaan). Pada bagian setir mobil juga disematkan fitur kontrol audio sehingga kita dapat memutar musik dengan panel-panel yang tersedia pada setir (tidak perlu ke dashboard mobil) hal ini akan memudahkan saat kita mengemudi sendirian.
Safety
Ini merupakan keunggulan New Mazda2 Facelift, Safety mobil ini benar-benar sangat bagus diantaranya; New Mazda2 dibekali dengan dua airbag jika rival utamanya yakni Honda Jazz 1.5 S tidak memiliki airbags (honda jazz bisa pesan saat pembelian), dual airbags ini menandakan bahwa New Mazda 2 sangat serius pada safety mobil. New Mazda 2 Facelift ini memakai sistem brake dengan teknologi ABS, EBD dan BA yakni sistem pengereman termodern saat ini yang dapat menghindari terkuncinya ban dan selip pada saat menginjak rem terlalu dalam. New Mazda 2 juga dilengkapi seat belt aman (three point) pada masing-masing kursi penumpang, mobil ini juga dilengkapi dengan Neck Injury Mitigation Front Seats (keamanan penumpang semua kursi). Struktur body mazda telah menggunakan teknologi rangka body yang mampu menyerap benturan dan mendistribusikan merata pada semua sisi sehingga mampi meminimalisasi kerusakan bagian dalam mobil yang bisa melukai penumpang (teknologi mazda ini dikenal dengan "maidas" body).
Untuk keamanan mobil New Mazda2 dilengkapi dengan High Mount Stop Lamp sebagai lampu darurat saat terjadi hal darurat pada mobil, Speed Sensitive Auto Door Lock System (sistem keamanan pintu mobil yang dapat mengunci pada saat mobil berada pada kecepatan tertentu), mobil ini dilengkapi power door lock dan Immobilizer sebagai piranti keamanan mobil dari pencurian.
Spesifikasi Mesin
Performa mesin New Mazda 2 tidak begitu bagus jika dibandingkan dengan Honda Jazz, sebab daya maksimum New Mazda2 hanya 103 Hp bandingkan dengan Honda Jazz 1.5 S yang memiliki tenaga sebesar 120 Hp sangat berbeda bukan? dengan kapasitas silinder mesin yang sama yakni 1500 akan tetapi pada output daya maksimal jauh berbeda. Sebagai perbandingan meskipun tenaga New Mazda2 tidak sebesar honda jazz akan tetapi New Mazda 2 juga tidak bisa dikatakan memiliki tenaga yang kecil, karena daya 103 Hp ini setara dengan tenaga All New Avanza Veloz (terbaru) yang memiliki tenaga maksimum 104 Hp (tidak cukup kecil bukan). New Mazda2 memiliki torsi maksimum 135 Nm lebih kecil dari Jazz yang memiliki torsi maksimum 145 Nm (torsi ini berguna saat mobil melewati tanjakan atau membawa beban/ penumpang yang banyak)
Akselerasi Mobil ini sedikit dibawah honda Jazz, untuk mencapai kecepatan 100 km/jam New mazda 2 membutuhkan waktu 11-12 detik sedangkan New Honda Jazz 1.5 hanya membutuhkan waktu 10 detik. Sebagai catatan bahwa akselerasi sebesar 11-12 detik itu sudah sangat baik sebagai perbandingan mobil-mobil SUV indonesia seperti Strada Triton, Fortuner, Pajero memiliki akselerasi sebesar 16-18 detik (cukup cepat bukan akselerasi New Mazda2).
New Mazda2 memiliki sistem transmisi manual dan automatic, pada Mazda2 Manual memakai 5 percepatan sedangkan pada New Mazda2 Matic memakai transmisi otomatis 4 percepatan. Untuk konsumsi BBM bahan bakar New Mazda 2 tergolong menengah yakni untuk perkotaan 1:11 dan untuk perjalanan luar kota 1 liter bisa mencapai jarah 15 Km (tidak cukup irit), sebagai perbandingan mobil-mobil terbaru 2012 rata-rata dapat menempuh jarak diatas 20 km untuk penggunaan bahan bakar 1 Liter misalnya Honda Brio, Mitsubishi Mirage, Toyota Agya, dll.
Harga
Harga New Mazda2 berkisar pada angka 200 jutaan, yang termurah 189 juta rupiah dan yang termahal 229 juta rupiah, cukup mahal jika dibandingkan dengan City Car pabrikan lain yang mayoritas berada pada kisaran harga 120 sampai 150 juta rupiah (kecuali honda jazz), sebut saja Honda Brio - Toyota Agya - Mitsubishi Mirage - Daihatsu Sirion - Suzuki Splash - Karimun Estilo - Kia All New Rio - dll.
Berikut ini rincian Harga New Mazda2 Facelift :
Harga New Mazda2 V MT (Manual Transmissions), Harga : Rp. 189 Juta
Harga New Mazda2 V AT (Automatic Transmissions), Harga : Rp. 199 juta
Harga New Mazda2 R MT (Transmisi Manual), Harga : Rp. 209 juta
Harga New Mazda2 R AT (Transmisi Otomatis), Harga : Rp. 219 juta
Harga New Mazda2 RZ AT Matic, Harga : Rp. 229 juta
Kesimpulan
* New Mazda2 Facelift memiliki kekurangan pada harga yang cukup mahal
* New Mazda2 Facelift memiliki fitur yang komplit
* New Mazda2 Facelift memiliki performa mesin yang kurang, jika dibandingkan dengan harganya
* New Mazda2 Facelift memiliki konsumsi BBM sedang (tidak irit juga tidak boros)
* New Mazda2 Facelift memiliki kelebihan pada fitur safety yang benar-benar diperhatikan.
Berikut ini beberapa City Car terbaru (baca ulasan) sebagai pembanding Mazda 2 :
1. New Honda Jazz
2. Honda Brio
3. Mitsubishi Mirage
4. All New Rio
5. Suzuki Swift
6. Toyota Agya
7. Daihatsu Sirion
8. Suzuki Splash

Untuk info mobil lain-lain silahkan kunjungi www.mobilku.org

Mazda

7 comments:

  1. mobilnya keren2 gan,,, blognya juga keren.. salam kenal ya.

    ReplyDelete
  2. jd intinya mazda2 facelift lebih unggul pada keamanannya saja dari city car brand lainnya?

    ReplyDelete
  3. Mskasih untuk infonyaaa. Sy jadi tau skr :))

    ReplyDelete
  4. Pembandingnya ga sepadan bro kalo sama brio, mirage sama splash, all new picanto, hyundai i 10 itu beda cc sama harga yg jauhhhhhh inimah klass 1200cc
    kalo mau bandingin sama swift, yaris, all new rio, al new avega, ford fiesta dll lah di kelas 1500

    ReplyDelete
  5. ini mobil fiturnya banyakan mana sama datsun GO+

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org