Kia All New Rio Hatchback dan Sedan Keluaran 2013

kia all new rio
Kia mobil Indonesia setelah sukses dengan hatchback andalan Kia Rio tahun 2011, tahun 2012 ini Kia Rio kembali mengeluarkan produk terbaru yakni All New Rio Hatchback pada bulan agustus 2012 dan memperkenalkan All New Rio Sedan pada akhir september 2012 yang akan resmi dipasarkan tahun 2013. Kita akan mengulas All New Rio Hatchback dahulu sebelum review All New Rio Sedan.
All New Kia Rio Hatchback adalah generasi Rio terbaru yang dipasarkan pada paruh tahun kedua 2012, mobil ini berjenis hatchback atau lebih dikenal dengan tipe city car. Rival All New Rio Hatchback antara lain honda jazz, honda brio, toyota yaris, toyota agya, daihatsu ayla, mitsubishi mirage, chevrolet spark, dan lain sebagainya yang masuk dalam kategori mobil city car atau hatchback.

all new rio
Mobil Hatchback adalah mobil kecil (mungil) yang digunakan untuk perjalanan dalam kota, didesain cukup kecil untuk melewati jalan-jalan kota dan area parkir (garasi) yang relatif kecil pada rumah-rumah perkotaan. Mobil Hatchback biasanya memiliki mesin yang tidak terlalu tangguh dengan kapasitas silinder mesin antara 1000 cc sampai 1500 cc dan memiliki tenaga antara 60 hp sampai 120 hp, mobil tipe ini memiliki akselerasi yang cukup cepat karena bobot mobil yang relatif ringan akan tetapi kecepatan mobil hatchback ini jarang menembus 150 km/jam. Pada bagian mesin mobil tipe hatchback tidak memiliki ketangguhan yang cukup dalam menempuh track yang cukup panjang dengan kondisi jalan naik turun, akan tetapi mobil ini sangat nyaman dikendarai di dalam kota dengan dukungan fitur keselamatan yang cukup baik dan fitur kenyamanan yang diperhatikan. Karakteristik mobil tipe hatchback adalah memiliki fitur yang modern baik sistem audio, kontrol suhu, rem, suspensi, pengendalian sistem kemudi, dan lain-lain. Mobil tipe hatchback biasanya memiliki kapasitas penumpang hanya 4 orang saja (ideal) dan bisa ditambah menjadi 5 orang akan tetapi terasa sesak, memiliki bagasi kecil dibelakang kursi baris kedua dan mayoritas menggunakan mesin bensin sebagai penggeraknya.
SPESIFIKASI MESIN ALL NEW RIO HATCHBACK
kia all new rio
Mobil hatchback Kia All New Rio ini menggunakan mesin ber kapasitas silinder 1400 cc tepatnya 1396cc memakai sentuhan teknologi CCVT dan DOHC. Mesin All New Rio Hatchback ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 107 Hp pada 6300 rpm cukup besar lebih besar dari tenaga yang dihasilkan avanza veloz terbaru yang hanya memiliki tenaga 104 hp, daya maksimum All New Rio ini cukup besar jika dibandingkan dengan rival-rivalnya seperti mitsubishi mirage - Toyota Agya - Daihatsu Ayla - Toyota Yaris - Honda Brio - dan lain sebagainya (baca ulasan mobil) praktis mobil ini hanya dikalahkan oleh tenaga yang dihasilkan oleh honda jazz 1500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 hp. Torsi All New Rio juga terbilang cukup besar yakni 13,8 kgm pada putaran mesin 4200 rpm (silahkan baca perbandingan pada mobil-mobil diatas), pada sistem transmisi All New Rio ini menggunakan 2 macam pilihan transmisi yakni transmisi manual 6 kecepatan dan transmisi otomatis 4 kecepatan (transmisi matic), kecepatan maksimal All New Rio adalah 180 Km/jam.
EKSTERIOR ALL NEW RIO
Eksterior Kia All New Rio cukup dinamis dengan dibekali lampu kabut (lampu pemecah kabut / fog lamp) menjadikan city car / hatchback ini tetap mampu dipacu pada medan berkabut (cukup garang bukan), desain front grill (berfungsi sebagai radiator) juga didesain besar sehingga membuat tampilan mobil ini lebih garang dengan tentunya front grill yang besar akan memperbesar volume angin yang masuk pada pendingin sehingga kinerja mesin mobil dapat bertahan lebih lama. Pada sisi samping mobil eksterior Kia All New Rio cukup menarik dengan lekukan pada samping body mobil membuat mobil tampil lebih stylish, pada bagian samping bawah penggunaan velg alloy membuat mobil ini tampil kompak, spion elektrik dengan lampu indikator tikungan stylish juga disematkan pada mobil ini membuat mobil ini benar-benar terkesan mewah.
Pada eksterior bagian belakang desain kaca melengkung mengesankan mobil ini tampak sporty, desain kaca belakang yang menjorok ke belakang juga menyediakan ruang pada bagian bagasi sehingga lebih luas, lampu indikator rem disematkan pada bumper belakang yang menyatu dengan body mobil membuat mobil ini lebih sporty.
INTERIOR KIA ALL NEW RIO
all new rio interior
Pada bagian interior all new rio cukup lengkap mulai dari penggunaan airbag, sistem audio modern dengan koneksi bluetooth, power window, central door lock, power steering, seat belt pada masing-masing kursi, odometer dengan digital trip komputer, sistem pendingin AC, sensor parkir, keyless entry, rem menggunakan sistem ABS.
HARGA KIA ALL NEW RIO
Harga Kia All New Rio berkisar antara 167 juta sampai 183 juta rupiah on the road jakarta, update harga All New Rio bulan oktober 2012 adalah:
All New Rio 1.4 M (transmisi manual) : 169 Juta Rupiah
All New Rio 1.4 A (transmisi otomatis / matic) : 183 Juta Rupiah.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KIA ALL NEW RIO
Keunggulan Kia All New Rio adalah pada desain yang stylish dan sporty, tenaga yang cukup, pengendalian (sistem kemudi) mobil yang baik, peredam suara ruangan dalam kabin yang bagus sehingga bebas polusi suara dari luar, fitur keselamatan yang standart.
Kekurangan Kia All New Rio adalah pada kinerja AC yang kurang signifikan, fitur keselamatan depan hanya mengandalkan sabuk pengaman sedangkan airbag hanya tersedia untuk kursi pengemudi (tidak ada airbag pada sisi-sisi mobil), Harga yang cukup tinggi.
RIVAL KIA ALL NEW RIO

1. Honda Brio (citycar honda terbaru)
2. Honda Jazz 1500 cc ( daya paling besar)
4. Toyota Agya (citycar kembar)
5. Chevrolet Spark (citycar chevrolet)
6. Mitsubishi mirage (1200 cc)

informasi lain-lain silahkan dilihat di www.mobilku.org
Share Artikel ini Facebook Twitter

KIA

5 comments:

  1. saya dengar-dengar new kia rio suka ada bunyi kemelitik pada mesin dan suka mengalami kehilangan tenaga (knowking down) di tanjakan.. benarkah itu gan ...?

    ReplyDelete
  2. kompresi mobil ini > 10 : 1, jadi BBM nya mesti pertamax atau malah pertamax plus, kalo dikasih minum premium pasti nglitik

    dikasih pertamax plus pun kadang tetap ngelitik (setelah di cek akibat kondisi BBM nya buruk)

    solusi dari KIA ECU nya bisa di upgrade, di sesuaikan untuk low octane

    ReplyDelete
  3. makasih mas atas solusi nglitik kia rio,,,thanks :-)

    ReplyDelete
  4. Ternyata All New Kia Rio Irit BBM, asal RPM jangan lebih dari 3000, pandai2 mainkan gas yang apik.... 5,2 Lt per 100 Km... mobil asia serasa eropa. puas pake ANR

    ReplyDelete

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org