Ertiga Matic dan Double Blower

ac double blower
Suzuki setelah sukses mengeluarkan produk MPV low end ertiga dengan 3 varian GA GL dan GX dengan penjualan mencapai 30 ribu unit sampai awal oktober 2012, akhir tahun ini suzuki menghadirkan varian ertiga baru yakni ertiga matic double blower, suzuki ertiga matic double blower AC ini hadir untuk memenuhi permintaan konsumen yang selalu menanyakan tentang sistem transmisi dan AC suzuki ertiga GA GL dan GX yang hanya menggunakan
transmisi manual 5 percepatan dan menggunakan AC single blower. Suzuki Ertiga terdahulu meskipun memiliki harga yang murah berkisar 140 juta sampai 165 juta (tipe GX) akan tetapi memiliki segudang fitur yang tidak dimiliki produk sekelas ertiga, sebut saja panel switch audio pada stir dan indikator ECO yang disematkan pada dashboard mobil ertiga, praktis mobil ertiga menjadi mobil termurah dengan kualitas tinggi yang dibawanya.
Akhir tahun 2012 dan Awal tahun 2013 Suzuki Ertiga Matic akan melengkapi varian Etiga selain varian GA GL dan GX, suzuki ertiga baru ini tetap menggunakan mesin ertiga terdahulu dengan kapasitas mesin 1375cc   16 katup memakai 4 silinder dan menggunakan teknologi mesin VVT. Sistem pasokan bahan bakar ertiga matic juga memakai sistem multi point injection (injeksi) atau tidak memakai karburator, keuntungan menggunakan sistem injeksi adalah mampu menghemat bahan bakar dan menghasilkan tenaga yang lebih besar atau dapat dikatakan mobil dengan sistem ini lebih optimal dalam penggunaan bahan bakarnya.
transmisi otomatisSuzuki Ertiga Matic tetap memakai platform MPV 7 penumpang, mobil ini mampu menghasilkan daya atau tenaga sebesar 95 hp pada putaran mesin 6000 rpm dimana tenaga sebesar ini setara dengan avanza E produksi toyota yang hanya memiliki 92 hp, mobil ertiga juga memiliki torsi yang cukup besar yakni 130 Nm pada 4000 rpm cukup besar untuk mobil MPV sebagai bandingan avanza hanya memiliki torsi sebesar 120 Nm. Torsi dan Tenaga sangat dibutuhkan oleh mobil dimana torsi akan bermanfaat pada kemampuan mobil membawa beban atau melalui tanjakan, sedangkan tenaga / daya akan berdampak pada akselerasi atau tarikan mobil yang lebih cepat/ kencang, dimana semakin besar daya dan torsi akan menunjukkan kemampuan mobil tersebut dalam hal mekanik.
Suzuki Ertiga Matic yang menggunakan AC double blower ini rencananya akan dijual dengan rentang harga antara 175 juta sampai 185 juta yakni lebih mahal dari Ertiga tipe GX yang dijual dengan harga 165 juta rupiah. Keuntungan menggunakan mobil ertiga matic ini kita akan merasakan mengendarai mobil dengan kualitas sangat baik yang membelinya dengan harga murah, sebut saja fitur switch audio yang ditempatkan pada stir/ kemudi yang mana fitur ini hanya didapati pada mobil selain ertiga yang berada pada rentang harga 300 juta ke atas, fitur ECO indikator yang merupakan fitur terbaru mobil terkini dimana fitur ini dapat mendeteksi cara mengemudi yang boros bahan bakar, Power Steering Rack and pinion yang menjadi standart sistem power streering mobil-mobil terbaru, sistem break atau rem juga menggunakan sistem ABS EBD dan BA dimana 3 sistem pengereman sekaligus ini hanya disematkan pada mobil-mobil mewah diatas 300 juta sebagai perbandingan Avanza Veloz hanya memakai sistem rem ABS dan EBD saja.
suzuki ertiga otomatis

Berikut ini Spesifikasi Ertiga Matic Double Blower
SPESIFIKASI ERTIGA MATIC
SATUAN
ERTIGA MATIC
Panjang Ertiga
mm
4,265
Lebar Mobil
mm
1,695
Tinggi Mobil
mm
1,685
Jarak Poros Roda
mm
2,740
Ground clearance
mm
185
Radius putar
M
5.2
Jenis Mesin
K14B
Jumlah Silinder
4 in-line
Jumlah katup
16
Kapasitas Silinder
cc
1,373
Daya maksimum
PS / rpm
95/6,000
Torsi Maksimum
Nm / rpm
130/4,000
Pasokan Bahan Bakar
Multi Point Injection
Sistem Transmisi
Otomatis / Matic
Sistem kemudi / Steering
Rack& Pinion
Suspensi
Depan
MacPherson Strut with Coil Spring
Belakang
Torsion Beam with Coil Spring
Rem / Brakes
ABS
ABS (EBD&BA)
Depan
Ventilated disc
Belakang
Leading / Trailing Drum
Ban
185/65 R15
Berat kendaraan
Kg
1800
Kapasitas Penumpang
orang
7
Kapasitas Tangki BBM
lt
45


Untuk Ulasan Fitur Ertiga yang lebih mendalam termasuk keunggulan dan kekurangan ertiga matic akan diulas pada kesempatan depan, semoga review singkat Ertiga Matic dan Double Blower ini dapat bermanfaat, jika ada pertanyaan masukkan pertanyaan pada kolom komentar sehingga bisa didiskusikan bersama.
Dibawah ini beberapa produk suzuki yang akan keluar tahun 2013 antara lain:
1. Suzuki Jimny katana facelift (lihatulasan disini)
2. Suzuki New Grand Vitara Facelift (lihatulasan disini)
Beberapa Rival dari Ertiga matic antara lain:
1. Toyota Avanza Veloz (lihatulasan)
2. Nissan Evalia (lihatulasan)
3. Nissan Grand Livina Highway Star (lihatulasan)
4. APV (lihatulasan)
5. Granmax Minibus (lihatulasan)
6. Suzuki Ertiga (lihatulasan)
Update terbaru januari 2013 harga double blower, Harga Suzuki Ertiga GL Double Blower 160,8 juta rupiah, untuk Harga Ertiga GX Double Blower 172,8 juta rupiah On The Road DKI Jakarta

Update Maret 2013, Suzuki Ertiga Matic Keluar
Setelah Ertiga Double Blower keluar, kini Suzuki Crtiga Matic telah keluar, Ertiga Matic tipe GL dijual dengan harga Rp. 172 juta, sedangkan Ertiga Matic GX dijual dengan Rp. 184 juta rupiah, silah kan cek dealer suzuki kota masing-masing untuk memesan.

Harga Ertiga Matic On the Road:
* Suzuki Ertiga GL A/T (otomotis): Rp. 172.000.000
* Suzuki Ertiga GX A/T (automatic): Rp. 184.000.000

5 komentar:

  1. SEGERA JADILAH YANG PERTAMA MEMILIKI SUZUKI ERTIGA DOUBLE BLOWER, KENDARAAN IRIT, MEWAH DAN EKONOMIS.

    UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI :

    TRI PAMBUDI
    SIMPATI : 0812 10460 300
    MENTARI : 0858 9040 1070
    ESIA : 021 6025 8191

    ( PEMESANAN HANYA UNTUK WILAYAH JAKARTA, DEPOK, TANGERANG & BEKASI )

    BalasHapus
  2. 1. Jika Avnz masih OK diisi premium, Lvna sdh mulai ngglitik, gimana dengan ertiga otomatis ini, bisa full premium?
    2. Apakah MPI yang digunakan Ertiga ini juga berteknologi EFI?
    3. Apakah suzuki meproduksi "Ertiga" hanya ada di Indonesia?

    BalasHapus
  3. 1. Bisa tentuu saja
    2. Bagusan MPI
    3. Ertiga punya Maruti India,

    BalasHapus
  4. bagus silihat dari samping doang, kalau dilihat dari depan seperti mobil2 india, dari belakang kelihatan culun,dengan lampu yg terlalu kecil, kursi baris ke tiga terlalu sempit, mau masuk susah...

    BalasHapus
  5. untuk kursi baris ketiga memang masih terasa sempit, hal semacam ini jamak ditemui untuk mobil-mobil low MPV sekelas ertiga (Avanza, Xenia, Chev Spin, dll) tapi kalau memang ingin kursi baris ketiga luas bisa pilih Isuzu Elf microbus, atau hino Dutro microbus..dijamin deh kabinnya luas..

    BalasHapus