Jip Feroza spesial edition dan G2

Feroza merupakan mobil berjenis jip (sekarang populer SUV) yang dikeluarkan oleh daihatsu antara tahun 1993 sampai 1999, mobil ini cukup terkenal di kalangan muda karena modelnya yang sporty dan mesin cukup mendukung untuk perjalanan berat, keunggulan daihatsu feroza adalah pada daya jelajahnya yang mampu melewati track atau medan berat, dengan ground clearance yang tinggi 20 cm lebih membuat mobil ini mampu melewati genangan air dan medan berbatu dengan sangat tangguh. Mobil ini menggunakan mesin HD-C yakni mesin sebelum daihatsu taruna yang menggunakan HD-D, memiliki kapasitas silinder mesin 1600 cc
menggunakan 4 silinder segaris dan 16 katup SOHC.
Mobil feroza memiliki kapasitas penumpang 5 sampai 6 orang tergantung tipe feroza, sebelum tahun 1996 feroza hanya memiliki satu pilihan model kursi yakni 2 kursi belakang saling berhadapan ditambah 2 kursi depan menghadap depan model ini mampu mengangkut penumpang 6 orang. akan tetapi setelah muncul feroza special edition daya muat penumpang menjadi bervariasi antara 5 dan 6 orang, daihatsu feroza memiliki varian yang menggunakan 2 baris kursi menghadap depan dimana pada jenis ini feroza hanya mampu memuat 5 penumpang misalnya untuk tipe feroza G2 Deluxe.
Daihatsu Feroza digolongkan sebagai vehicle off-road yang pada jaman dulu dikenal dengan nama Jip dan pada sekarang dikatakan model SUV yang pada intinya sama yakni mobil yang ditujukan untuk menaklukkan medan-medan berat seperti medan berair, jalan berbatu-batu, menanjak, jalan yang licin dan curam, jalan lumpur, medan pasir dan medan off road. Mobil jenis Jip banyak digemari anak muda yang suka berpetualang atau juga orang yang sering melalui medan berat misalnya perkebunan, pedesaan atau pegungungan. Dalam hal ini Daihatsu Feroza adalah salah satu yang diandalkan tahun 90an selain Taft, katana dan Land Cruiser.
Daihatsu Feroza sendiri menggunakan mesin dengan bahan bakar bensin yang memiliki keunggulan pada akselerasi dan memiliki kelemahan pada daya tahan mesin yang harus dihentikan saat mesin bekerja sangat keras untuk didinginkan. Mesin Feroza bertipe HD-C 1,6 L memiliki daya maksimum 96,3 Ps pada 5700 rpm untuk tipe special edition dan untuk tipe G2 memiliki daya maksimum 87,5 Ps pada 6000 Rpm, Torsi maksimum Daihatsu Feroza special edition adalah 13, 1 Kgm pada 4800 rpm sedangkan untuk G2 memiliki torsi 12,9 Rpm pada 3600 Rpm. Hal ini menunjukkan bahwa dari kapasitas mesin special edition lebih unggul daripada Feroza G2, ini akibat modifikasi pada eksterior yang mana G2 memiliki ukuran yang lebih besar dengan berat 1250 kg, hal ini berbeda dengan Feroza versi sebelumnya yang hanya berbobot 1125 kg, perbedaan berat ini mengimbas pada kinerja mobil seperti akselerasi dan tenaga maksimum mobil.
Daihatsu Feroza memiliki 3 generasi yakni Feroza 1993 sampai 1996, feroza special edition 1996 sampai 1998 dan Feroza G2 1996 sampai 1999. 3 tipe diatas memiliki keunggulan yang berbeda-beda misalnya Feroza generasi pertama unggul pada mesin maka generasi G2 unggul pada fitur yang lebih lengkap, berbagai fitur yang dimiliki Feroza G2 yang tidak dimiliki generasi terdahulu antara lain power window, power steering, cantral door lock dan suspensi independen yang lebih empuk/ halus.
Daihatsu Feroza meskipun dikategorikan sebagai mobil offroad ternyata hanya memiliki 2 penggerak roda belakang hal ini menjadikan feroza mendapat julukan jip banci, menggunakan transmisi manual 5 kecepatan, sudah menggunakan sistem pengapian CDI akan tetapi masih menggunakan pasokan bahan bakar karburator dengan pendingin air, fitur yang dimiliki feroza seakan tanggung sehingga mobil ini sulit bersaing hingga memiliki harga jual yang cukup rendah. Kekurangan mobil ini yang sangat mencolok adalah pada konsumsi bahan bakar daihatsu feroza yang hanya mencapai 1:5 (1 liter/ 5 km) maksimal 1:9 untuk track yang rata perjalanan luar kota, konsumsi mobil yang sangat boros menurut penulis, sedangkan untuk kelebihan utama mobil ini adalah harga beli mobil yang murah dan harga sparepart/ servicenya juga murah, harga Daihatsu Feroza bervariasi antara 35 juta sampai 60 juta tergantung tahun keluar dan varian.
Berikut ini harga feroza bekas update 2012:
Daihatsu Feroza 1993 : Rp. 35 Juta
Daihatsu Feroza 1994 : Rp. 49 Juta
Daihatsu Feroza 1995 : Rp. 44 Juta
Daihatsu Feroza Special Edition 1996 : Rp. 50 Juta
Daihatsu Feroza Special Edition 1997 : Rp. 55 Juta
Daihatsu Feroza Special Edition 1998 : Rp. 60 Juta
Daihatsu Feroza G2 1996 : Rp. 50 Juta
Daihatsu Feroza G2 1997 : Rp. 55 Juta
Daihatsu Feroza G2 1998 : Rp. 60 Juta
Daihatsu Feroza G2 1999 : Rp. 62 Juta
Daihatsu Feroza G2/ Mega Top/ Sporty 1997 : Rp. 60 Juta
Daihatsu Feroza G2/ Mega Top/ Sporty 1998 : Rp. 63 Juta
Daihatsu Feroza G2/ Mega Top/ Sporty 1999 : Rp. 67 Juta
Untuk keluhan dan saran pembaca silahkan pos di komentar artikel Jip Feroza spesial edition dan G2 ini
Di bawah ini adalah mobil-mobil jelajah terbaru kelas menengah: 
Kami sertakan juga beberapa MPV kelas bawah sebagai perbandingan:
1. Toyota Avanza Veloz (lihatulasan)
2. Nissan Evalia (lihatulasan)
3. Nissan Grand Livina Highway Star (lihatulasan)
4. APV (lihatulasan)
5. Granmax Minibus (lihatulasan)
6. Suzuki Ertiga (lihatulasan)

Informasi mobil lain-lain City Car, MPV, Mobil Niaga dan lain-lain silahkan berkunjung ke www.mobilku.org

hobi

14 comments:

  1. pak dulu 9 tahun yg lalu ane punya daihatsu feroza. prasaan mesinnya tertulis DOHC 16 valve???

    ReplyDelete
  2. ada kiat harusnya mempertahankan nama besar feroza dari daihatsu guna mempertahankan branddai di indonesia

    ReplyDelete
  3. terimakasih info tntang mobil feroza mudahan bisa bermanfaat bagi ane. terimakasih gan,,

    ReplyDelete
  4. lengkap infonya, thank's gan !!

    ReplyDelete
  5. Kalo feroza seri sl atau long dengan 5 pintu tahun brp rilisnya?hrga psaran brp?

    ReplyDelete
  6. di dunia ini cuma daihatsu yang lupa sama jipnya, yang lain malah bangga, toyota dengan fj amerika dengan jeep, atau mitsubishi dengan pajeronya, inggris dengan land rover, mercy dengan g klasse, suzuki dengan jimny, emang bego daihatsu ini, punya produk dengan brand kuat malah disia siakan.

    ReplyDelete
  7. thnks atas infonya... semoga bermanfaat bagi saya.

    ReplyDelete
  8. perasaan feroza ga boros-boros amat... trims info dan pencerahannya

    ReplyDelete
  9. ya,,,,kalodibandingkan dengan daihatsu terios memang boros tapi jika saya bandingkan dengan CJ-5/CJ-7 ....ya lumayan hemat bro

    ReplyDelete
  10. feroza bandingin jeep cj7 yah tetap aja boros feroza, feroza mesin 1600cc sdngkn cj7 4200cc, cj7 juga kisaran 1:3-5 dan tenaga jelas jauh diatas feroza

    ReplyDelete
  11. kalo dalkot emang kerasa ini feroza boros banget bisa 1:5, apalagi yg biasa pake avanza-xenia / jimny pindah pake ni mobil.
    tapi kalo luar kota gak kentaralah bisa 1:9 dengan ban segede itu

    ReplyDelete
  12. dibeberapa iklan sy membaca untuk Feroza G2 spek mesin tertulis type SUV medium...pengertian sy SUV untuk offroad dan 4x4 ...jadi yg bener nie bro...untuk Feroza G2 , banci atao 4X4 ...kalo non G2 sih emang banci...> tertarik G2..

    ReplyDelete

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org