Daihatsu taruna kelebihan kekurangan


Daihatsu Taruna merupakan salah satu mobil produksi dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Motor pada tahun 1999 sampai tahun 2005. Mobil ini memiliki desain sasis serta bodi gabungan antara Terios dan Camri, daihatsu taruna yang di keluarkan mulai dari tahun 1999 sampai dengan 2005 dan memiliki 5 versi yakni:
1. Daihatsu Taruna tipe C series di keluarkan tahun 1999 mengusung mesin dengan kapasitas silinder 1500 cc - 1600 cc, kapasitas penumpang adalah 5 orang dengan jumlah tempat duduk tiga baris, menggunakan AC single blower.
2.  Daihatsu Taruna tipe C series special edition di keluarkan tahun 2000 pertama kali menggunakan sistem suplai dengan injeksi 1600 cc.
3. tipe F series dikeluarkan tahun 2001 dengan menggunakan suplai bahan bakar dengan EFL, dengan kapasitas penumpang adalah 7 orang dan kapasitas silinder 1600 cc
4. setelah sekian lama tidak di produksi lagi akhirnya generasi baru taruna di keluarkan pada 2005 Oxxy merupakan penyempuranaan dari dua seri yang sebelumnya yaitu c series dan F series yang tetap mengusung mesin 1500 cc dengan suplai sistem EFI.
Daihatsu taruna juga memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan.
kelemahan daihatsu taruna ini memiliki suara yang berisik (bergemuruh), handling nya kurang stabil dan cenderung limbung (terutama kalau menikung), kopling juga agak keras jadi, bahan bakar juga agak boros 1 liter untuk 7-8 km untuk dalam kota sedangkan untuk perjalanan liar kota lebih irit yakni 1 liter bbm digunakan untuk menempuh 9,5 km, untuk stering response-nya sedikit lambat, dan yang tidak kalah penting bahwa harga jual kembali taruna kurang stabil
kelebihan daihatsu taruna adalah pada
kabin / ruangan mobil yang relatif besar dan harga mobil yang murah jika dibandingkan dengan mobil yang sejenis misalnya escudo generasi 2, posisi duduk ideal untuk orang yang memiliki tinggi badan 165 cm, keunggulan mesin daihatsu taruna adalah material mesin terbuat dari alumunium sehingga relatif lebih ringan, namun mesin alumunium adalah akan sangat sensitif bila terjadi overheat.
Daihatsu taruna memiliki desain ground clearance cukup tinggi sehingga aman ketika melewati jalan rusak atau genangan air. Sebagai keluarga mulai tahun 1999 (pertama kali generasi c series di keluarkan ) taruna konsisten dengan tampilan yang lebih segar jika dibandingkan dengan kijang, desain eksterior taruna terlihat lebih gagah dan lebih medekati escudo namun sedikit lebih soft sehingga terlihat lebih baru dari tahunnya.
Daihatsu taruna memiliki desain eksterior yang relatif sama untuk semua seri / generasi, memiliki warna yang blend (biasanya hitam) dan juga garis kontras melingkar daerah bumper. Yang membedakan dari satu generasi ke generasi yang lain adalah pada mesin dan interior mobil, dimana suplai bahan bakar memakai EFL untuk seri F dan EFI untuk seri Oxxy. Perbedaan interior adalah pada kapasitas penumpang F series mampu memuat 7 penumpang sedangkan sebelum seri F muncul mobil taruna hanya mampu mengangkut 5 penumpang
Taruna sampai saat ini masih banyak beredar di jalan, ini membuktikan bahwa taruna masih di minati oleh berbagai kalangan masyarakat, harga nya yang murah serta mesin yang sangat awet membuat mobil ini di pasaran second tetap stabil
Harga daihatsu taruna second berkisar antara 60 sampai 110 juta, berikut ini harga daihatsu taruna:
harga daihatsu taruna tahun 1999 : 60 juta
harga daihatsu taruna tahun 2001 : 75 juta
harga daihatsu taruna tahun 2004 : 90 juta
harga daihatsu taruna tahun 2005 : 100 juta
sekian artikel tentang daihatsu taruna kelebihan kekurangan nya

info mobil dan tips otomotif silahkan ke halaman depan www.mobilku.org