Mengganti velg mobil dengan velg racing dan ban radial

Mengganti velg mobil merupakan hal yang sangat lazim dilakukan untuk meningkatkan penampilan mobil, mengingat velg mobil orisinil sudah bukan rahasia lagi hampir semua memiliki model yang standart (kurang
menarik), wajar jika pemilik mobil menjadi resah kala melihat mobil kesayangannya terlihat biasa-biasa saja. saat ini tren mengganti velg biasa dengan velg racing mulai tinggi, velg racing dengan penampang yang lebih lebar dan diameter veleg yang lebih besar akan meningkatkan gaya mobil dan tentunya juga performanya jika ditunjang dengan pergantian ban yang baik (baca: cara memilih ban yang baik). Ban yang lebih tipis akan membebankan beban mobil pada velg sehingga fungsi ban benar-benar maksimal, ban yang lebih lebar juga akan meningkatkan daya cengkram ke tanah sehingga tidak mudah selip saat menikung, disini penggantian ban (radial) sangat disarankan untuk menambah kemampuan mobil.
penggantian ban radial dapat dilakukan jika velgnya sudah diganti, jika memakai velg yang tidak racing (biasa) maka akan sulit untuk memasangkannya dengan ban yang radial (balap). mengganti velg bawaan mobil dengan velg yang berdiametel lebih besar biasa disebut plus-size, yakni menambah ukuran misalnya dari 15 ke 16 inch, beberapa penelitian di Amerika untuk perlindungan konsumen juga mengatakan bahwa plus sizing akan meningkatkan performa mobil, dengan catatan untuk mobul tipe SUV seperti kijang avanza dan xenia tidak direkomendasikan melakukan plus size lebih dari 1 inch.
Plus size juga memiliki kekurangan (resiko), antara lain tidak memiliki ketahanan seperti velg original untuk jalan rang tidak rata (berlobang atau makadam), oleh karena itu sebelum melakukan modifikasi velg dan ban harus mengetahui kebutuhan dan track dari mobil. selain itu penggantian velg dengan ukuran yang terlalu besar juga tidak disarankan, misalnya plus 3 atau 4, hal ini akan dapat membahayakan mobil, karena penggantian velg lebih dari 2 inchi akan memberikan dampak yang sedikit pada kenyamanan dan performa mobil yang berakhir dengan rusaknya velg.
Memilih Velg jika kita akan mengganti velg yang lebih besar atau melakukan plus sizing maka prinsip yang perlu diperhatikan adalah,
1. Jika kita melakukan plus size 1 inch maka kita haru mengurangi tebal dinding ban sekitar 5 sampai 10 persen, hal ini dilakukan untuk menjaga agar ban tetap dalam ukurannya dan tidak menyentuh body mobil.
2. Bahan dalam membuat velg juga sangat berpengaruh, usahakan memilih velg yang berkualitas, hindari velg yang dibuat dengan cara cetakan (cor) karena velg ini mudah retak dan pecah...sangat berbahaya jika ini terjadi.
3. Periksa baut velg apakah benar-benar sesuai dengan mobil anda, pilih yang benar2 sesuai...hindari pemakaian adapter karena rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan...
oke, selamat mencoba,,,be carefull :)

info otomotif lain-lain silahkan kunjungi www.mobilku.org

Artikel Terkait Tips Otomotif

2 comments:

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)