tips untuk memilih oli mesin motor


www.mobilku.org - Jengkel juga rasanya jika kinerja mesin kita tidak bagus, misalnya kecepatannya berkurang, akselerasinya sangat rendah dan sering mogok. Ke 3 hal tersebut diatas adalah masalah utama yang sering terjadi pada mesin baik itu motor atau mobil. Kinerja mesin selain dipengaruhi oleh usia mesin, penggunaan mesin, perawatan komponen mesin, juga dipengaruhi oleh pemilihan pelumas yang baik dan waktu penggantian pelumas (oli) yang tepat.
Peran oli akan sangat terasa saat kita memaksimalkan kerja mesin kita. Oli yang bagus belum tentu sesuai dengan karakter mesin kita, oleh karena itu disamping kita mengetahui OLI yang bagus kita juga harus mengetahui karakter mesin kendaraan kita, karena ada beberapa oli bagus tidak dapat dipakai pada beberapa mesin tipe tertentu.
Banyak merek oli dan jenis oli di pasaran. Mulai dari oli pelumas mineral, oli semi sintetis sampai oli sintetik. Perbedaan ketiga jenis oli ini, bisa dilihat dari komponen dan unsur di dalamnya. Pelumas mineral  umumnya terdiri atas 90% minyak dasar yakni hasil penyulingan minyak bumi ditambah 10% campuran bahan aditif. Bahan yang dipakai campuran biasanya pembersih, antioksidan dan seperti zat menambah kekentalan bahan.
Oli semi sintetis dibuat dengan minyak dasar bahan kimia dan minyak mineral. Bahan kimia yang digunakan antara lain ester asam berbasa dua, ester organo fosfat, ester silikat, glycol polialkilena, silicon dan klorida sert fluor hidrokarbon
Oli sintetik, dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama Full sintetik yang seluruhnya menggunakan bahan aditif tanpa menggunakan penyulingan minyak bumi, dan yang ke dua adalah oli yang sebagian besar atau menggunakan bahan-bahan aditif.
Memilih tipe oli untuk motor
oli mineral cocok digunakan untuk motor motor lama karena bahan yang masih alami, seperti honda 70, supercup, astrea 800, Binter, dan sebagainya. Kelebihannya oli ini adalah oli tak mudah menguap saat mesin ada pada temperatur maksimal mesin.
mesin motor baru seperti supra, revo, cs 1, Ninja, tiger dan lain2 akan sangat bagus jika memakai oli semi sintetis. Penggabungan mineral dan kimia akan menjaga kondisi mesin tetap optimal saat kendaraan bekerja maksimal, oli jenis ini juga mampu melindungi komponen dalam mobil terhadap reaksi kimia.
Sedangkan oli full sintetik digunakan pada motor balap yang selalu berada pada rpm tinggi, oli jenis ini juga sanagt baik untuk kendaraan matic seperti Honda beat, Honda vario, Yamaha mio, Suzuki spin, dll. Oli full sintetik bisa melumasi semua bagian mesin sampai pada sela sela terkecil mesin. Tingkat kekentalannya oli ini juga sangat stabil dalam kondisi mesin yang ekstrim ataupun pada suhu tinggi.
* Catatan:
Untuk mengetahui & membaca Kode Kualitas Oli (mengetahui kualitas oli) silahkan lihat DI SINI

info mobil dan otomotif silahkan lihat di halaman depan www.mobilku.org

Tips Otomotif

No comments:

Post a Comment

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org