memilih ban mobil yang baik

Memilih ban mobil yang tepat bisa meningkatkan performa mobil, misalnya ban dengan ukuran yang besar memiliki kelebihan tangguh di jalanan berlubang (jalan yang rusak) akan tetapi kurang bagus untuk di tanjakan, sebaliknya ban yang memiliki diameter lebih kecil akan ringan menanjak tetapi saat melewati polisi tidur atau gundukan mobil rawan tersangkut (terkait erat dengan tinggi mobil).
jenis, ban, AT, HT, MT, peruntukan, offroad, aspal, sedan, city car
Selain masalah diameter, pecinta otomotif juga harus melihat jenis ban mobil karena biasanya terkait erat dengan peruntukannya:
- ban jenis AT: ban yang banyak dipakai di jalanan aspal dan sedikit jalan rusak, mobil-mobil MPV dan SUV ringan cocok memakai ban jenis AT ini. penggunaan ban ini dominan di aspal tapi sebenarnya juga bisa di jalan tanah atau sedikit berkerikil.
- Ban tipe MT: banyak dipakai mobil mobil SUV, karakter ban ini sangat kuat mencengkeram permukaan jalan sehingga jika dipakai di aspal maka akan berat tarikan mobilnya (ban sangat kuat mencengkeram aspal), selain itu ban jenis MT ini akan mengeluarkan suara bising saat dipakai di jalan aspal. Ban jenis MT sangat cocok dipakai pada jalan yang licin misalnya jalan tanah basah, janan tergenang air sampai jalan berlumpur (ban ini sangat baik performanya).
- Ban tipe HT: banyak dipakai untuk jalanan aspal dan dirancang untuk kecepatan tinggi, kekurangannya jika mendapati jalanan yang licin dia akan selip karena tidak mencengkeram kuat ke aspal.
- Ban tipe Eco: ban ini sebenarnya ban yang dirancang untuk menghemat BBM
Saat ini ban bahkan digunakan dengan fungsi yang berbeda-beda untuk tiap orang, ada yang untuk off road, untuk life style (citra diri), ban untuk mengangkut barang dan lain-lain.
Baik off road/ modifikasi/ hanya sekedar keliling kota tentunya membutuhkan spesifikasi khusus guna menunjang performa
Cara membaca kode ban radial
Cara membaca ban radial dalam standar:
1. 6.00-14 4PR, angka 6,00 menunjukkan lebar ban dalam inchi, 14 adalah ukuran diameter ban (sesuaikan dengan velg kamu), sedangkan 4PR menunjukkan beban maksimum dalam 1 buah ban (biasanya 600 kg)
2. 185/70 SR 13 atau 185/60 HR 14, ini adalah ban radial (R) dan spesifik mobil sedan, kecepatan maksimal ban ini bisa sampai 170 km/ jam (tipe SR) dan 200 km/jam tipe HR,  beban maksimum ban ini hanya 400 kg. sedangkan 185 merupakan lebar ban dalam milimeter (sesuaikan dengan velg dan tipe mobil anda)
3. 175 R 13 6 PR, ban radial ini digunakan untuk kendaraan minibus dan SUV atau mobil keluarga, beban ban ini bisa sekitar 520 kg tiap ban, tekanan angin maksimal adalah 50 psi.
jika kamu ingin membeli ban maka lihatlah terlebih dahulu jenis mobilmu, fungsi mobil dan tentunya fungsi ban yang memadai dengan aktivitas mobil yang direncanakan
Catatan:
* selengkapnya untuk mengetahui tahun keluaran ban, kemampuan ban (batas kecepatan dan batas beban) selanjutnya dapat dilihat di membaca batas kecepatan dan beban maksimal sebuah ban

1 komentar:

  1. saya mau tanya,,,,velg dan ban sporty yang aman dan nyaman untuk toyota agya mereknya apa ya?,,supaya mobilnya lebih terkesan sporty,,,,mohon infonya,,,

    BalasHapus