cara mengganti ban mobil dengan aman

www.mobilku.org - ada hal yang menarik yang biasanya terjadi saat kita sedang berkendara, ban bocor adalah hal tak terduga yang sangat mengganggu saat kita dalam situasi perjalanan, ban bocor akan menjadi sulit saat kita tidak memiliki kemampuan untuk menambal atau mengganti ban atau memperbaiki ban yang bocor tersebut. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ban kita bocor, biasanya kita
akan tahu ban kita bocor ketika kita merasakan ada yang aneh pada handlingnya (sedikit oleng), kita dapat melihatnya untuk mengetahui kepastiannya.
Jika ban mobil kita terasa bocor maka ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mengatasinya, antara lain:
1. bersikaplah tenang jangan panik, karena kepanikan akan menyebabkan pengendara dibelakang kita kebingungan, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak mengenakkan.
2. segera lihat sekeliling, hidupkan lampu riting cari sela untuk menepi. pilih tempat yang datar (bukan jalan naik atau turun) untuk menjaga mobil kita melorot dari ketinggian saat mobil diservice, cari tempat yang rata (bukan jalan berbatu/makadam/lumpur) untuk memudahkan kita memperbaiki ban, pilih tempat yang longgar agar kita dapat leluasa memperbaiki ban.
3. setelah mendapat tempat yang layak, segera posisikan persneleng/ kopling pada posisi R, segera turun dan pasang rambu segitiga pada jarak 10 sampai 20 meter tergantung besar kecil mobil.
4. setelah itu keluarkan alat-alat untuk mengganti ban, alat yang dibutuhkan adalah: ban serep atau cadangan, dongkrak, kunci untuk ban (ukuran ban)
5. longgarkan baut-baut ban yang bocor akan tetapi jangan sampai lepas, langkah selanjutnya adalah memasang dongkrak pada bawah mobil, pilih bagian mobil yang cukup kuat atau lihat dibuku manual.
6. setelah baut melonggar, dongkrak mobil sampai ban terangkat (menggantung). lepaskan baut-baut dengan tangan, pastikan baut ditempatkan pada tempat yang aman jangan sampai hilang. lepaskan roda, lalu pasang ban cadangan tapi ingat dalam mem`sang ban cadangan yang perlu diperhatikan adalah saat memperkencang baut tidak boleh dilakukan secara urut, akan tetapi dilakukan dengan cara bersilangan dan terlebih dahulu sebisa mungkin dikencangkan dengan tangan.
7. setelah ban terpasang, turunkanlah mobil dengan mengendorkan dongkrak. lepaskanlah dongkrak, lalu kencangkan lagi baut serapat-rapatnya dengan menginjak kunci serapat-rapatnya, jika yakin sudah kencang maka anda bisa segera memasukkan semua peralatan dan mengambil segitiga pengaman tadi :)
so, silahkan melanjutkan perjalanan :)
Baca artikel selanjutnya:
mengenai Cara Membaca Kode pada Ban Mobil untuk Melihat Kualitas Ban
* Mengganti Velg Mobil dengan Velg Racing dan Ban Radial

info mobil dan otomotif silahkan kunjungi halaman depan www.mobilku.org
Share Artikel ini Facebook Twitter

Tips Otomotif

No comments:

Post a Comment

Jangan ragu bertanya jika memiliki kesulitan,

Pendapat pembaca akan sangat dibutuhkan bagi pembaca lain, untuk menjawab solusi :-)

Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan... terima kasih :-)


Kunjungi kembali www.mobilKu.Org jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org