Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

tips membeli mobil sesuai kebutuhan

Bagi Anda yang sudah segera ingin memiliki mobil salah satu caranya adalah dengan kredit, kredit mobil memiliki beberapa keuntungan antara lain resiko yang rendah, modal yang sedikit dalam hal ini membayar DP dan jika kita tidak menginginkannya lagi bisa tidak dibayar karena pada prinsipnya adalah kita menyewa (sewa beli). 
tips, membeli, mobil, sesuai, kebutuhan, cara, jitu, hemat, harga
Membeli mobil dengan cara kredit tentunya juga memiliki kekurangan/ kejelekan antara lain: harus membayar bunga, harus menyertakan jaminan untuk bisa kredit mobil, image/anggapan orang tentang mobil kredit. Jika kita mempunyai uang lebih dan menginginkan membeli atau menggunakan mobil untuk waktu yang lama ada baiknya untuk menyimak tips membeli mobil sesuai kebutuhan berikut ini:
mobil, sedan, beli, cara, tips, kebutuhan, kesenangan
*Jenis mobil. Secara garis besar ada dua jenis mobil yaitu mobil penumpang dan mobil niaga. Keuntungan mobil niaga kapasitas muatnya lebih banyak. Sedangkan mobil penumpang umumnya lebih bergengsi dari segi model. 
*Tempat tinggal. Pertimbangkan dimana tempat tinggal, misalkan jalanan menuju rumah Anda tidak rata maka sebaiknya pilih mobil yang berporos roda tinggi. Atau jika Anda tinggal di pemukiman rawan banjir, hindarilah memilih mobil berwarna putih karena akan terlihat kotor jika terkena air hujan. Jika Anda tinggal di perkampungan dengan gang-gang yang sempit, ukuran mobil yang kecil tentu akan banyak berguna. Pertimbangkan juga jika Anda tidak mempunyai lahan parkir. 
*Tipe mesin kendaraan. Ada dua jenis mesin kendaraan yang dapat menjadi pilihan Anda. Apakah mobil mesin diesel atau mobil mesin bensin. Pelajari kekurangan dan kelebihan masing-masing tipe mesin dengan membaca brosur mobil tersebut dan sesuaikan dengan keinginan Anda.
*Pemakaian bahan bakar. Setiap mobil memiliki tingkat penghematan bahan bakar yang berbeda. Misalkan mobil 1500 CC lebih banyak bahan bakar daripada 1000 CC namun mobil 1500 CC tenaganya lebih kuat.
*Suku Cadang. Tanyakan kepada dealer/penjual bagaimana dengan kebutuhan suku cadangnya. Mobil yang mahal suku cadangnya dan sulit dicari tentu akan sangat merepotkan si pemakai.
*Re-sale Value. Ada baiknya mempertimbangkan harga jual kembali siapa tahu dikemudian hari akan dijual lagi. Sebagai informasi harga mobil akan tetap tinggi jika suku cadangnya murah dan mudah diperoleh, serta pemakaian bahan bakarnya irit.
*Kemudahan Service. Pilihlah mobil yang memiliki jaringan pelayanan bengkel kendaraan yang banyak dan mudah prosesnya. 
Secara khusus sesuaikan dengan personal anda, apabila anda belum berkeluarga dan bekerja di daerah pusat bisnis yang memiliki kepadatan lalu lintas tinggi,akan lebih baik bila anda memilih mobil dengan jenis City Car ataupun Compact Hatchback. Mengapa? Mobil ini memiliki dimensi kecil yang dapat membuatnya lincah membelah kepadatan lalu lintas dan tidak sulit untuk diparkir. Selain itu kapasitas mesinnya yang berkisar antara 1.000 CC hingga 1.500 CC bisa memberikan efisiensi dalam penggunaan BBM.
Lain lagi bila anda telah berkeluarga,tentunya kebutuhan akan kapasitas penyimpanan barang dan kapasitas penumpang menjadi lebih besar. Untuk kebutuhan ini,anda bisa memilih kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) yang kini banyak ditawarkan oleh hampir seluruh produsen mobil yang ada di Indonesia. Masing-masing MPV itu tentunya memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda. Mobil jenis MPV sendiri sangat layak untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari karena umumnya telah dirancang cukup nyaman dan akomodatif untuk semua penumpangnya. Hanya saja mesinnya yang berkapasitas antara 1.500 CC hingga 2.500 CC tentunya tidak akan seirit sebuah City Car karena MPV memiliki bobot yang lebih berat dan dimensi lebih besar.
Mobil jenis Sedan layak dipilih untuk anda yang mengutamakan performa dan penampilan dalam berkendara karena mobil Sedan umumnya dirancang untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik. Karakter lainnya adalah mobil Sedan memberikan kestabilan dan kecepatan yang lebih dibandingkan dengan mobil yang lebih tinggi. Sedan sendiri terbagi lagi menjadi Small Sedan dengan kapasitas mesin 1.500 CC,Medium Sedan yang berkapasitas mesin antara 1.800 CC hingga 2.000 cc sampai ke kelas Big &Luxury Sedan yang berkapasitas mesin mulai dari 2.000 CC hingga 6.000 CC. Untuk kelas yang terakhir ini tentunya anda harus merogoh kocek dalam-dalam karena fitur keamanan,kenyamanan dan kemewahan yang diberikan seringkali begitu luar biasa dan berbeda jauh dengan kelas dibawahnya.
Untuk anda yang sering berkendara di jalanan dengan kondisi yang kurang baik seperti berlubang-lubang dan tergenang air,sebaiknya memilih mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) karena mobil ini memiliki ground clearance yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan City Car ataupun MPV. Perjalanan anda akan lebih aman karena kolong mobil tidak mudah tersangkut dan lebih memungkinkan untuk melintasi genangan air.
Bahkan untuk anda yang diharuskan melintas di kondisi jalan yang benar-benar rusak seperti berlumpur,rasanya patut mempertimbangkan sebuah mobil SUV yang memiliki penggerak empat roda. Nah untuk anda yang bekerja di sektor konstruksi,perkebunan atau pertambangan masih ada alternatif lain untuk dipilih,yaitu mobil jenis Double Cabin. Penggerak empat rodanya yang mumpuni masih dilengkapi lagi dengan bak pengangkut di bagian belakang yang memungkinkan anda untuk membawa keperluan-keperluan berat seperti peralatan dan lain-lain. Mobil dengan penggerak empat roda ini juga asyik untuk digunakan mengajak keluarga anda bepergian menuju lokasi-lokasi liburan yang tidak dapat dengan mudah dijangkau mobil biasa atau berpenggerak dua roda.
4x4, 4wd, jip, offroad, adventure, petualang
Sekarang soal mesin mobil,anda mungkin masih berpikir memilih mesin bensin atau mesin diesel. Kedua jenis mesin ini memiliki keunggulannya masing-masing,mesin bensin dengan akselerasi,keheningan dan kecepatannya sementara mesin diesel yang khas dengan tenaga besar di putaran bawahnya. Saat ini sebagian besar mesin diesel sudah bisa menyaingi mesin bensin karena dilengkapi dengan turbo dan piranti canggih lainnya yang membuatnya berbeda dengan mesin diesel konvensional. Mesin bensin layak dipilih bila anda berkendara kurang dari 100 km per hari dan tidak membawa beban berat. Tetapi bila anda berkendara lebih dari 100 km per hari dan membawa beban yang cukup berat seperti penumpang penuh ditambah barang-barang lainnya mesin diesel layak untuk dipilih karena mesin diesel memiliki efisiensi penggunaan BBM yang lebih tinggi ketimbang mesin bensin.
beli, mobil, sesuai, kebutuhan, offroad, onroad, jenis

Sebelum memutuskan akan membeli mobil apa,tidak ada salahnya banyak bertanya kepada orang lain,keluarga ataupun kerabat yang sudah lebih dulu menggunakan mobil incaran anda. Gali lebih jauh tentang karakteristik mobil tersebut,bagaimana kenyamanannya,biaya perawatannya, konsumsi BBM nya dan fitur keamanan yang ada pada mobil tersebut. Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana layanan purna jual dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil tersebut. Jangan sampai anda membeli mobil yang tidak didukung ketersediaan suku cadang yang baik dan layanan bengkel yang tidak memuaskan karena hal ini bisa membuat anda kerepotan di kemudian hari dan hal ini pula yang dapat mempengaruhi nilai jual kembali mobil tersebut.
Terakhir,selalu sesuaikan jenis mobil dengan kebutuhan,selera dan kondisi keuangan anda supaya mobil yang anda beli benar-benar dapat mendukung kegiatan dan perjalanan anda sehari-hari.


Info mobil terbaru lihat halaman depan www.mobilku.org

5 komentar:

  1. apa kelemahan membeli mobil 4wd ? mana yg harus saya pilih, beli mobil 2wd saja atau 4wd ? mengingat jalan di daerah saya tidak semua aspal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelemahannya dari perawatan dan harga beli karena lebih mahal mobil 2wd, akan tetapi mobil 4wd banyak yang cari dan harga jualnya juga tinggi. Kalau jalan tidak semua aspal akan tetapi tidak terlalu berat pilih mobil dengan ground clearance yang tinggi sudah cukup. Jika medan berat seperti jalan tanjakan curam, baerbatu-batu, licin, dll lebih baik memakai 4wd

      Hapus
  2. mas bagaimana ya klasifikasi CC mobil yg pas digunakan sesuai jarak tempuh(km) yg digunakan sehari-hari??

    Kebetulan sy ada penelitian utk ini.
    Misalnya 900cc, cocok digunakan utk 5km/hari.
    1500 CC, COCOK UTK ... KM/hari
    Mohon dibantu mas. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya gak ada mas patokan cc ke jarak tempuh..
      mungkin perlu dilakukan penelitian mas, dengan mengambil sample mobil dari berbagai besaran silinder mesin (cc), kemudian di tes ideal pada berapa km (rute kombinasi). lalu hasil ujinya bisa di uji dengan statistika untuk menguji apakan ada keterkaitan antara cc dan jarak tempuh... (tentunya mungkin faktor teknologi, merk mobil, jenis mobil, dll bisa diabaikan)

      Hapus
    2. mungkin nanti dari penelitian mas bisa ada patokan2 tersebut, sekedar membantu persepsi:
      1. CC memiliki korelasi dengan tenaga yang dihasilkan mobil, bisanya semakin besar CC tenaga juga makin besar
      2. CC berkolerasi dengan konsumsi BBM, biasanya semakin besar CC maka semakin besar konsumsi BBM mobil
      3. tenaga dan konsumsi BBM mobil tidak hanya dipengaruhi CC, akan tetapi juga dipengaruhi gear rasio mobil, keadaan jalan (macet/ tanjakan), kondisi mesin mobil secara umum (kondisi piston/ busi/ oli/ ban, dll).
      semangat melakukan penelitian mas..(gunakan populasi & sampling, tentukan hipotesis nol dan hipotesis 1, tentukan perhitungan metode statistik, olah datanya, analisa hasilnya (temukan h1 atau h0 yang diterima), berikan kesimpulan apakah besaran cc (silinder mesin berpengaruh pada jarak tempuh optimal mobil), jika berpengaruh jabarkan pula lebih detail berapa % pengaruhnya (signifikan atau tidak)

      Hapus

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)