cara merawat dan memelihara mobil

merawat dan memelihara mobil mutlak dilakukan oleh pemilik mobil, apapun jenisnya. meskipun mobil tangguh yang mampu menghadapi segala medan, namun bukan berarti mobil menjadi bebas perawatan, mobil off-road sekalipun jika tidak dirawat bukan tidak mungkin daya tahan mobil offroad hanya sebatas dua sampai tiga tahun saja. perawatan perlu dilakukan agar mobil awet.
Apa saja yang perlu dilakukan untuk memelihara mobil?
1. Sebelum bepergian jauh, ada baiknya kita selalu memeriksa seluruh komponen mobil, mulai dari komponen sistem pembakaran, sistem pengapian,sistem kelistrikan dan dinamo starter. Pada sistem pembakaran komponen yang perlu diperhatikan adalah tangki, pompa dan saringan bahan bakar. mengapa sistem pembakaran lebih dulu diperiksa, karena dari sinilah kendaraan yang kita pakai akan mulai bergerak dan mengatur sistem lainnya. Karburator juga perlu diperhatikan, karena komponen inilah yang akan mengatur sistem emisi gas buang dari rangkaian knalpot. Pemeriksaan terhadap komponen-komponen ini, penting untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kebocoran pada tangki. 
Begitu juga dengan sistem pengapian, hendaknya dilakukan pengecekan dan penyetelan secara berkala. Hal ini untuk memastikan, sistem platina dan busi bekerja secara efektif sehingga menimbulkan api yang bisa menghubungkan dengan sistem lainnya, jangan sampai busi menjadi kotor dan berwarna kecoklat-coklatan yang menandakan busi sudah dalam keadaan kurang normal, karenanya perlu dilakukan penggantian.
Pastikan, komponen sistem kelistrikan berfungsi dengan baik. Perhatikan kabel-kabel yang menghubungkan antara yang satu dengan yang lainya saling berkaitan dan tidak ada kabel yang terkelupas atau terputus. Hal ini, agar tidak menyebabkan terjadinya korsleting yang dapat menyebabkan kendaraan berjalan tidak optimal dan bisa terbakar. Apalagi disaat hujan, hal tersebut akan sangat membahayakan.
Dinamo starter, juga perlu mendapat perhatian khusus. Karena melalui alat ini, mulai dari sistem pembakaran, sistem pengapian dan sistem kelistrikan akan berjalan, ketika kita menghidupkan kendaraan. Jangan sampai gara-gara dinamo atau aki kendaraan tidak berfungsi, kendaraan menjadi mogok di jalan.
2. Hidupkan atau panaskan kendaraan setiap saat sebelum melakukan perjalanan. Hal ini berguna agar seluruh komponen kendaraan berjalan optimal. Pemanasan yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan akan mempercepat proses sistem pembakaran dan pengapian pada seluruh komponen.
3. Bersihkanlah kendaraan anda dari debu atau kotoran yang menempel pada bodi kendaraan.
4. Gunakan shampoo yang benar-benar cocok untuk kendaraan Anda. Hindari penggunaan shampoo yang mengandung zat kimia berlebihan, karena dapat merusak warna cat kendaraan anda.
5. Pada saat musim hujan, air hujan yang tersisa jangan langsung di di lap, sebab air hujan mengandung garam jika langsung di lap hal itu akan mengakibatkan cat warna mobil akan tergores, basahilah kendaraan dengan sedikit air lalu mengeringkannya dengan alat pengering yang bersih pula.
6. Jangan meninggalkan kotoran pada bodi mobil lebih dari tiga hari, sebab, hal itu dapat mengakibatkan timbulnya jamur dan mobil jadi berkarat.
7. Bersihkan mobil anda secara menyeluruh.
8. Gunakan spare part kendaraan yang asli jangan asal murah tapi kualitasnya rendah, hal ini dapat menyebabkan keausan pada komponen lainnya.
diatas adalah tips merawat dan memelihara mobil

info otomotif lain silahkan kunjungi www.mobilku.org

Tips Otomotif

No comments:

Post a Comment

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)






-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------




kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)

Artikel boleh di copy siapapun dengan menyebutkan sumber artikel dari www.mobilku.org